Health

5 Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes dan Tips Mengatur Pola Makan

Kondisi gula darah yang tinggi pada penderita diabetes ini sebagian besar dipengaruhi oleh makanan. Tidak hanya makanan manis saja yang mengandung banyak gula, terdapat pula beberapa makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang besar oleh penderita diabetes. Berikut ini terdapat pantangan makanan untuk penderita diabetes dan tips mengatur pola makan, agar kadar gula darah tetap stabil.

Makanan Pantangan Penderita Diabetes

1. Makanan manis yang mengandung banyak gula

Apakah Anda menyukai makanan manis, seperti es krim, kue, atau permen? Sayangnya, makanan-makanan ini menjadi pantangan makanan penyakit gula. Makanan manis ini umumnya mengandung salah satu dari beberapa jenis gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah melonjak drastis. Misalnya, gula pasir, gula merah, sirup jagung, sirup fruktosa, sirup agave, dan madu.

2. Minuman manis atau minuman kemasan

Seluruh minuman yang mengandung gula buatan maupun alami juga harus dihindari oleh penderita diabetes. Terutama, minuman-minuman kemasan, seperti sirup, teh atau kopi kemasan, minuman bersoda, dan lainnya. Minuman ini biasanya memiliki kandungan pemanis buatan yang cukup banyak dan tidak baik bila dikonsumsi terlalu sering.

3. Nasi dan olahan tepung

Pantangan makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah nasi dan olahan tepung. Kita tahu bahwa nasi menjadi makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, sayangnya makanan tersebut memiliki indeks glikemiks yang tinggi dibandingkan sumber karbohidrat lainnya.

Nasi atau olahan tepung seperti roti putih, pasta, mi, dan lainnya ini sebenarnya masih bisa dikonsumsi asalkan dengan porsi yang tepat. Anda juga bisa mencoba mengganti sumber karbohidrat tersebut dengan nasi merah, jagung, atau roti gandum yang lebih sehat. 

4. Buah kering dan buah kaleng

Buah kering dan buah kaleng menjadi buah yang dilarang untuk penderita diabetes. Buah kering menjadi pantangan bagi penderita diabetes, karena buah tersebut telah diproses hingga menghilangkan sebagian besar kadar airnya dan hanya tersisa gula alami di dalamnya saja. Adapun buah kaleng juga menjadi pantangan karena biasanya memiliki tambahan pemanis buatan dan pengawet yang cukup tinggi.

5. Aneka gorengan

Makanan favorit sejuta umat ini sayangnya juga menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Gorengan memang tidak mengandung kadar gula yang tinggi, tetapi di dalamnya terdapat kandungan lemak trans yang dapat memicu sindrom metabolik dan resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes. 

Pola Makan Penderita Diabetes

1.  Menghitung jumlah karbohidrat yang dikonsumsi

Bagi penderita diabetes tipe 1 sangat penting untuk mencocokan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dengan banyak insulin yang diperlukan. Pilihlah jenis karbohidrat yang sehat, seperti pada nasi merah, gandum, jagung, dan lainnya. 

2. Menurunkan berat badan

Bagi penderita diabetes tipe 2 harus memulai pola hidup sehat dengan menurunkan berat badan terlebih dahulu. Sebab, dengan adanya penurunan berat badan dapat membantu menurunkan pula glukosa dalam darah dan menghindari resiko komplikasi. Hindari makan-makanan manis dan mengandung lemak tinggi. Perbanyak konsumsi buah serta sayur dengan porsi seimbang.

3. Perbanyak makan buah

Pelajari buah apa saja yang harus dihindari oleh penderita diabetes dan buah apa saja yang diperbolehkan. Meskipun mengandung gula, gula alami dalam buah ini jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan gula buatan yang terdapat di dalam makanan kemasan. 

4. Minimalkan konsumsi makanan yang mengandung garam

Meskipun tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kenaikan gula darah, konsumsi garam berlebih ini dapat menyebabkan penyakit lain yang sangat rentan dialami oleh penderita diabetes. Kandungan garam yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit stroke dan jantung. 

Nah, itu dia pantangan makanan untuk penderita diabetes dan tips pola makan yang dapat Anda coba. Jika Anda telah terdiagnosa memiliki penyakit diabetes, Anda tidak perlu takut berlebihan. Tetap jaga pola makan dan asupan nutrisi yang seimbang, agar kadar gula darah Anda bisa lebih stabil.

Photo by Pixabay silviarita