Health

3 Macam Penyakit Gatal Pada Kulit

Tahukah Anda bahwa kulit adalah organ terbesar kita? Sebagai organ yang paling besar maka kulit juga tidak bisa menghindari adanya gangguan kesehatan, contohnya saja penyakit gatal pada kulit. Penyakit gatal tidak bisa didiamkan karena sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisa jadi rasa gatal pada kulit yang Anda alami adalah karena peradangan contohnya seperti eksim atau dermatitis atopik.  Rasa gatal ini tidak hanya sangat mengganggu namun bisa menimbulkan bercak kemerahan pada kulit Anda. Bisa juga penyakit gatal pada kulit yang Anda rasakan itu terjadi karena sistem kekebalan tubuh Anda sedang terganggu, akibatnya menyerang organ tubuh yang sehat. Berikut ini beberapa penyakit gatal pada kulit yang sering terjadi pada banyak orang :

1. Alergi

Saat ada unsur asing yang menyentuh sistem kekebalan tubuh Anda maka kulit Anda akan mengeluarkan sinyal dari tubuh yang berupa rasa gatal-gatal pada kulit. Hal ini dalam istilah kesehatan sering disebut sebagai dermatitis kontak alergi. Penyebab alergi ini bisa bermacam-macam, bisa terjadi karena bahan kosmetik yang tidak cocok pada kulit Anda, obat-obatan yang dioles pada kulit Anda, bahan pembersih deterjen bahkan makanan atau tanaman juga bisa menyebabkan alergi. Penyakit gatal pada kulit yang satu ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali, saat Anda mengalaminya Anda bisa mengoleskan lotion , calamine dan bisa menggunakan pakaian yang longgar agar gatal tidak semakin menjadi-jadi. 

2. Eksim

Penyakit gatal pada kulit yang bernama eksim ini tidaklah terasa asing karena ada banyak orang yang mengalaminya. Eksim ini sering juga disebut sebagai dermatitis atopic. Penderita eksim biasanya menderita gatal-gatal pada kulitnya yang kemudian juga ditandai dengan kulit kemerahan dan terasa bersisik. Sering kali eksim ini terjadi pada bagian leher, bagian lutut atau bagian siku Anda. Apalagi Anda menggaruknya maka kulit yang bersisik itu bisa sampai berdarah dan mengeluarkan cairan. Tentunya keadaan ini sangatlah membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Penyebabnya bisa karena cuaca, karena alergi terhadap bulu hewan dan bisa dari kotoran yang menempel pada pakaian.

3. Panu

Panu adalah penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh adanya infeksi jamur. Biasanya kondisi ini ditandai dengan area kulit yang berubah warna menjadi kecoklatan hingga memutih dan sering menjadi bersisik serta gatal. Panu bisa muncul dipicu oleh perubahan hormone, produksi keringat yang berlebih, lemahnya sistem imunitas tubuh penderita dan juga karena kurangnya nutrisi. Ketika Anda memiliki anggota keluarga yang terkena panu maka Anda juga memiliki resiko terkena penyakit kulit yang sama. Untungnya ada banyak obat panu berbentuk krim atau lotion yang dijual di pasaran sehingga Anda bisa menyembuhkan penyakit ini sendiri dengan obat-obatan tersebut.