Health

Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Kulit Secara Alami

Mengalami permasalahan pada kulit yang salah satunya adalah gatal memang terasa mengganggu. Apalagi terkadang rasa gatal ini akan menyakitkan apabila digaruk secara terus menerus. Di mana ada banyak factor yang membuat kulit terasa gatal termasuk alergi. Pada saat gatal menyerang, untuk meredakan gejala gatal pada kulit biasanya beberapa orang akan menggaruknya. Ada beberapa cara mengatasi gatal-gatal pada kulit yang dapat Anda lakukan dengan cara yang mudah bahkan alami. 

Sebelumnya tahukah Anda bahwa menggaruk kulit yang gatal tidak disarankan bahkan bisa memicu permasalahan kulit yang lainnya. Baik kulit menjadi kering, menjadi bersisik bahkan bisa saja timbul luka. Menggaruk kulit yang gatal bahkan hanya akan membuat parah kondisi kulit itu sendiri. Untuk itulah beberapa orang bisa memanfaatkan sejumlah bahan alami yang ada di rumah. Beberapa cara mengatasi gatal-gatal pada kulit dengan cara alami bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Menggunakan Lidah Buaya

Pertama, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk meredakan kulit yang gatal. Lidah buaya sendiri memiliki manfaat untuk meredakan gatal yang ada pada kulit. Kandungan yang ada di dalam tanaman ini sendiri juga bisa melembapkan dan menjaga tingkat air di dalam kulit agar selalu tetap tercukupi. 

  • Menggunakan Oatmeal

Kedua, Anda juga bisa menggunakan oatmeal. Oatmeal ini sendiri sering dijadikan sebagai menu sarapan yang menyehatkan. Selain itu, oatmeal juga memiliki sifat humektan yang bisa membantu untuk menjaga kelembapan kulit. Anda bisa mencampurkan oatmeal dengan bentuk krim koloid ke dalam air mandi. Oatmeal sendiri memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mengurangi rasa gatal, kulit kering dan kulit kasar maupun keras. 

  • Menggunakan Kunyit

Ketiga, bisa menggunakan kunyit. Kunyit memiliki kandungan berupa senyawa aktif yang Bernama kurkumin dengan sifat antiinflamasi dan juga bakterisida. Senyawa ini adalah senyawa yang bisa membantu untuk mengobati peradangan serta gatal-gatal pada kulit. 

  • Menggunakan Es Batu

Keempat, untuk membantu dalam mengatasi rasa gatal yang timbul di kulit, bisa juga dilakukan dengan menggunakan es batu. Es batu sendiri meringankan berbagai gejala gatal di kulit. Cara yang bisa dilakukan dengan memasukkan es batu ke dalam kantong untuk kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang gatal. 

  • Menggunakan Minyak Kelapa

Kelima, bisa juga menggunakan minyak kelapa pada saat Anda merasa gatal. Ada penelitian yang juga dilakukan kepada tikus yang akan menunjukkan bahwa minyak kelapa ampuh untuk mengatasi permasalahan pada kulit termasuk gatal-gatal dikarenakan mengalami alergi. Di dalam kandungan minyak kelapa sendiri juga ada antiinflamasi yang bermanfaat untuk kulit. 

Beberapa cara mengatasi gatal-gatal pada kulit di atas adalah cara yang bisa dilakukan menggunakan beberapa bahan-bahan yang alami. Untuk mendapatkan beberapa bahan alami di atas, Anda bisa menemukannya dengan cara yang sangat mudah. Bahkan ada beberapa produk kecantikan yang dijual di pasaran apalagi dengan beragam kandungan alami di dalamnya.