Health

4 Cara Menghilangkan Batuk yang Aman dan Mudah pada Anak

Pertengahan bulan Oktober 2022, Kemenkes secara resmi mengumumkan larangan menjual dan mengkonsumsi obat batuk dalam bentuk sirup. Hal ini dilakukan sebagai buntut dari merebaknya kasus gagal ginjal akut pada anak. Walaupun membuat khawatir para orang tua, anak yang tengah menderita batuk tetap perlu diobati. Tenang saja, berikut cara menghilangkan batuk secara alami.

Pereda Batuk Alami

Pada dasarnya, batuk merupakan reaksi alami tubuh untuk memuntahkan benda asing (seperti kuman, virus, dan kotoran) yang menyangkut pada saluran pernapasan. Hal ini dilakukan untuk membersihkan serta melancarkan saluran tersebut. Namun, jika batuk tersebut jadi berlebihan, malah mengganggu aktivitas anak.

Ada cara menghilangkan batuk selain dengan mengonsumsi obat-obatan, terutama yang dalam bentuk sirup, yaitu dengan bahan-bahan alami. Dipercaya bahwa bahan-bahan tersebut mampu membantu meredakan batuk secara efektif serta aman bagi tubuh karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Berikut ini cara mengobati batuk secara alami:

1. Perbanyak Asupan Cairan

Sebagai orang tua, Anda bisa beri pereda batuk alami untuk anak berupa cairan hangat, seperti sup, teh, atau air putih yang dihangatkan. Hal itu akan membantu mempercepat pembersihan saluran pernapasan. Selain itu, Anda bisa mengingatkan anak untuk mengkonsumsi air putih secara rutin untuk menghindari tenggorokan kering yang juga menjadi penyebab batuk.

2. Mengonsumsi Madu

Dengan sifatnya yang antibakteri, madu dapat membantu mengatasi iritasi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri tersebut, sehingga batuk akan berkurang. Anda bisa memberikan madu untuk dikonsumsi langsung pada anak atau mencampurkannya terlebih dahulu dengan air hangat. Beri juga madu pada anak sebelum tidur supaya dia tidak terbangun tengah malam gara-gara batuk.

3. Mengkonsumsi Jahe

Selain madu, Anda bisa memberikan ramuan minuman jahe pada anak. Pasalnya, jahe memiliki kandungan anti inflamasi yang mampu meredakan radang pada tenggorokan yang sering disebabkan oleh kemasukan alergi, seperti debu, bulu hewan, atau bakteri. Anda bisa mencampurkan ramuan jahe tersebut dengan air putih hangat atau teh.

4. Berikan ASI (Air Susu Ibu)

Jika memiliki bayi yang sedang menderita batuk, Anda bisa memberinya ASI untuk membantu meredakan gejalanya. Selain aman untuk bayi, obat batuk alami bayi ini bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya dari infeksi serta melegakan tenggorokannya dari dahak. Oleh karena itu, ketika batuk, lebih baik perbanyak asupan ASI pada bayi. Dengan begitu, bayi tidak akan rewel lagi karena merasa tenggorokannya sudah nyaman.

Itulah beberapa cara menghilangkan batuk secara alami pada anak, termasuk bayi. Penting untuk memperhatikan asupan bahan-bahan yang biasa dipercaya agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan pada anak. Jika gejalanya tetap tidak berkurang, segera bawa si kecil ke dokter anak.