Health

5 Cara Mudah Meredakan Batuk Akibat Flu

Batuk saat flu sangat mengganggu. Rasa gatal di tenggorokan dan batuk – batuk dapat mengganggu proses istirahat Anda. Pada beberapa kasus, batuk juga menyebabkan sulit makan dan sesak nafas. Dalam menangani masalah tersebut, gunakan cara meredakan batuk di bawah ini yang dapat membantu kondisi Anda:

1. Kumur Air Garam

Masalah tenggorokan yang sakit akibat batuk terus menerus dapat dikurangi dengan kumur air garam. Gunakan air hangat yang dicampur dengan garam lalu kumur beberapa saat. Lakukan teknik gargle di area lidah belakang agar efek kumur maksimal. Penggunaan air hangat dan garam mampu meredakan peradangan berlebihan pada area tenggorokan dekat pangkal lidah. Jadi setelah melakukannya rutin, kondisi tenggorokan akan terasa lebih lega dan tidak terlalu sakit akibat batuk terus menerus.

2. Sering – Sering Minum Air Putih

Banyak orang menghindari minum air saat batuk karena takut tersedak. Namun bukan berarti Anda harus kurangi konsumsi air. Jika sering minum air putih, tenggorokan yang selalu basah akan terasa lebih nyaman. Cara ini tidak langsung meredakan batuk flu, tapi jika dilakukan selama recovery, kondisi tenggorokan tidak akan mudah gatal. Jika tidak gatal, batuk tidak akan terus – terusan terjadi. Minum air putih banyak saat sakit juga cegah dehidrasi dan membantu tubuh menyembuhkan diri.

3. Menggunakan Obat Gosok Penghangat

Obat vapor rub yang hangat di kulit mampu menstimulasi area dada dan tenggorokan agar lebih relaks. Otot yang tertarik akibat batuk terus akan lebih lemas dan tidak terlalu sakit nantinya. Obat gosok ini dilengkapi dengan aroma terapi yang bantu relaksasi dan istirahat juga. Cara meredakan batuk dengan obat ini dapat Anda gunakan jika merasa dada sesak dan nafas terasa memendek.

4. Gunakan Ramuan Herbal Hangat

Minuman herbal dapat membantu rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan bahkan menghangatkan tubuh untuk bantu kondisi flu. Obat herbal pereda batuk yang disarankan ini biasanya adalah campuran rebusan jahe, lemon, jeruk nipis dan madu. Konsumsi rutin tiap pagi atau malam sebelum tidur akan membantu Anda istirahat. Dalam situasi flu, masalah batuk juga disertai hidung tersumbat. Menggunakan campuran daun mint dan kayu manis pada campuran jahe sebelumnya akan membantu kondisi bernafas. Saat nafas terasa lega, istirahatpun dapat lebih maksimal.

5. Minum Obat yang Sesuai dengan Kondisi Batuk

Bila masih tidak mereda, silahkan minum obat batuk yang dapat membantu redakan batuk. Untuk pilihan obat ini, pastikan sesuaikan dengan kondisi batuk Anda. Contoh saja jika batuk memiliki cairan di tenggorokan, pilih obat seperti OBH yang bantu membuang lendir.

Anda dapat mencoba cara meredakan batuk di atas bila terkena flu. Cara di atas dapat Anda sesuaikan kembali tergantung kondisi Anda. Jika semisal Anda merasa batuk tidak lekas mereda, barulah pergi ke dokter karena ini adalah tanda batuk yang Anda rasa bukan batuk biasa.