Health

4 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

Sakit mata tentunya akan membuat kondisi mata Anda menjadi tidak nyaman ketika digunakan untuk beraktivitas. Umumnya, sakit mata disebabkan oleh infeksi atau iritasi dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar satu sampai dengan dua minggu. Jika sakit mata yang Anda alami tergolong ringan, 4 cara mengobati sakit mata secara alami ini dapat Anda coba. 

  • Kompres Air Dingin

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengobati sakit mata secara alami adalah dengan memakai kompres dingin. Sebagai informasi, kompres dengan air dingin tidak hanya berfungsi untuk menyembuhkan sakit mata tetapi juga mengurangi memar dan bengkak pada mata Anda.

Cara untuk meredakan sakit mata yang Anda alami dengan memakai kompres dingin adalah merendam kain dengan air dingin atau masukkan ke dalam freezer terlebih dahulu. Setelahnya, Anda bisa letakkan handuk tersebut di bagian mata yang bengkak dalam waktu 10 sampai 15 menit saja.

  • Kompres Air Hangat

Selain kompres air dingin, kompres hangat juga bisa menjadi salah satu cara mengobati sakit mata secara alami yang dapat Anda coba.

Kompres hangat dapat digunakan untuk mengatasi iritasi pada mata, mata yang kering sampai mata merah.

Selain itu, Anda juga bisa memakainya untuk mengurangi nyeri dan relaksasi otot mata.

Cara untuk membuat kompres air hangat ini adalah dengan merendamnya dengan air hangat. Sebelum digunakan, jangan lupa untuk memeras airnya terlebih dulu. Kompres bisa dilakukan dalam waktu 15 sampai 30 menit.

Disarankan untuk melakukan kompres 2 sampai 3 kali dalam satu hari.

  • Kompres dengan Memakai Kantung Teh

Selain baik untuk kesehatan, teh ternyata juga bisa membantu Anda untuk menyembuhkan berbagai keluhan yang dialami mata, seperti mata yang merah, bengkak sampai kering. Penyebabnya adalah kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Jika ingin mengompres mata dengan memakai kantung teh, Anda bisa mendinginkan kantung teh terlebih dahulu di dalam lemari es selama beberapa menit saja. Kemudian kantung teh itu di bagian mata yang terasa sakit selama 20 sampai 30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan proses ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam waktu satu hari.

  • Memakai Larutan Saline

Larutan saline umumnya dapat Anda temukan di apotek secara bebas. Untuk mengobati sakit mata, Anda bisa meneteskannya pada mata Anda 3 sampai 4 kali dalam satu hari. Setelahnya, hindari menggosok mata dengan tangan sebab kebersihannya belum terjaga.

Itulah 4 cara mengobati sakit mata secara alami yang bisa Anda coba lakukan ketika mengalami masalah pada mata Anda. Untuk mencegah sakit mata, Anda dianjurkan untuk rajin mencuci tangan dan tidak membiasakan diri untuk menggosok mata dengan tangan.