Health

Penyebab Sakit Mata yang Sering Tidak disadari

Penyebab sakit mata - Sakit mata menjadi salah satu kondisi yang paling sering dialami oleh banyak orang. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala mata berwarna merah, perih, gatal, sampai berair. Pada kondisi tertentu, sakit mata ini dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan mata secara permanen.

Ada beberapa penyebab sakit mata belekan yang umumnya dialami oleh penderita, misalnya cedera, iritasi, sampai alergi. Selain bisa menggunakan pengobatan medis, ada beberapa cara untuk mengatasi sakit mata secara alami. Berikut ini adalah  penyebab sakit mata yang sering tidak disadari.

1. Penuaan 

Faktor usia ini nantinya dapat menjadi salah satu penyebab sakit mata merah dan berair. Penuaan ini juga membuat berbagai fungsi organ yang ada di dalam tubuh menurun, tidak terkecuali bagian mata. Biasanya, faktor usia ini dapat menyebabkan mata mengalami gangguan penglihatan, seperti katarak dan juga degenerasi makula. Agar nantinya bisa mencegah kondisi tersebut, sebaiknya konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A, seperti yogurt, wortel, dan kacang-kacangan.

2. Cedera 

Faktor penyebab sakit mata yang paling sering dialami adalah cedera. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya luka bakar dari bahan kimia, seperti paparan sinar matahari, pemutih, sabun, sampai kemasukan benda – benda asing. Cedera mata ini dapat bersifat ringan, berat, hingga bisa menyebabkan kebutaan.

Umumnya, cedera mata ringan ini sering membuat mata akan memiliki warna merah, nyeri, dan berair. Cedera mata berat ini bisa mengakibatkan terjadinya hifema atau pendarahan di kornea mata dan juga robekan lensa mata. Oleh sebab itu, cedera mata yang berat harus segera ditangani oleh dokter ahlinya.

Peradangan yang ada di mata menjadi salah satu penyebab sakit mata yang memang sering dialami. Kondisi ini menimbulkan peradangan pada berbagai bagian mata, misalnya bagian putih mata, kelopak mata sampai ke kornea mata.

Peradangan di bagian mata ini dapat menyebabkan penyakit konjungtivitis, episkleritis, skleritis, dan juga keratitis. Penyakit ini umumnya akan ditandai dengan beberapa gejala seperti nyeri maupun gatal, bengkak, berair, sampai pandangan menjadi buram.

3. Iritasi 

Iritasi mata ini dapat terjadi karena adanya beberapa faktor, seperti asap rokok, debu, paparan zat kimia, alergi, hingga terjadinya infeksi. Seseorang yang mengalami iritasi mata ini akan mengalami beberapa gejala, seperti mata mudah berair, berwarna merah, nyeri, dan juga gatal-gatal.

4. Alergi 

Penyebab dari sakit mata yang selanjutnya adalah adanya alergi di mata. Umumnya pada kondisi ini diakibatkan oleh reaksi dalam tubuh yang berlebihan dari zat-zat maupun pemicu alergi tertentu. Selain itu, alergi yang ada pada mata juga dapat disebabkan oleh debu, asap, makanan, sampai penggunaan krim pemutih wajah.