Health

Ingin Memberikan Banyak Vitamin untuk Mata? Konsumsi Makanan Ini

By Natural Farm |

Selama ini, wortel adalah jenis makanan yang paling identik dengan kesehatan mata. Memang, kandungan vitamin A pada wortel, amat sangat dibutuhkan oleh mata Kita. Tetapi sebenarnya, demi memberikan vitamin untuk mata, terdapat juga beberapa jenis makanan lain yang bisa Anda konsumsi, berikut beberapa jenisnya.

1. Telur

Telur memiliki kandungan nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dari retina mata, melindungi bagian kornea mata sampai menurunkan resiko Anda untuk terkena penyakit mata yang diakibatkan proses penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat dari telur secara maksimal, Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara direbus terlebih dahulu kemudian dijadikan lauk maupun dimakan langsung.

2. Ikan

Vitamin untuk mata juga bisa didapatkan dengan cara memakan berbagai macam ikan, terutama ikan laut seperti tongkol, salmon atau tuna. Sebab, ikan-ikan tersebut memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsi membantu proses peningkatan fungsi penglihatan pada mata, mencegah mata kering dan juga menjaga kesehatan retina mata Anda.

3. Ubi Jalar

Setelah telur dan ikan, ubi jalar dapat Anda masukkan ke dalam pilihan menu yang bisa memberikan vitamin yang baik untuk kesehatan mata selanjutnya.

Kandungan senyawa beta karoten yang dimilikinya bisa mendukung mata untuk melihat ketika cahaya redup atau malam hari. Vitamin C yang dimilikinya juga dapat memberikan efek yang baik untuk tubuh.

Untuk memakannya, Anda bisa memanggang atau merebusnya sehingga menjadi makanan ringan yang sehat untuk Anda dan juga keluarga Anda di rumah.

4. Buah Stroberi dan Jeruk

Vitamin C yang dibutuhkan oleh mata, juga terkandung di dalam buah stroberi dan jeruk. Manfaat dari vitamin C adalah mengurangi bahaya dari oksidasi. Oksidasi dapat meningkatkan resiko mata Anda terkena katarak dan juga degenerasi makula.

Stroberi dan juga jeruk dapat Anda konsumsi secara langsung maupun dicampurkan bersama buah lain serta sayur dalam bentuk salad.

5. Sayur Hijau

Selain buah stroberi dan jeruk, sayuran hijau pun dapat dijadikan sebagai sumber vitamin untuk mata Anda. Berbagai jenis sayur hijau seperti brokoli,sawi, bayam dan kale mengandung vitamin E dan C yang bisa memberikan efek baik untuk mata bila dikonsumsi secara rutin.

Selain mencegah Anda terkena penyakit mata, sayur hijau juga berfungsi sebagai antioksidan.

6. Kacang Almond

Mengkonsumsi kacang almond bisa membuat Anda mendapatkan manfaat berupa memperlambat proses degenerasi makula karena kandungan vitamin E dan C yang dimilikinya.

Selain itu kacang almond, jenis kacang lain seperti hazelnut, biji bunga matahari dan kacang tanah juga bisa dijadikan sebagai sumber vitamin yang baik untuk indra penglihatan Anda.

Itu dia pilihan makanan yang bisa Anda jadikan sebagai sumber vitamin untuk mata Anda. Makanan mana yang paling Anda suka?

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category