Health

4 Penyebab Ambeien Di Usia Muda, Hindari Duduk Terlalu Lama!

By Erwin |

Ambeien menjadi momok untuk semua orang, penyakit berbahaya satu ini banyak dieluhkan oleh orang di dunia kerja maupun di bangku pendidikan. Tak hanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, tetapi juga mulai dirasakan anak muda di jaman sekarang. Apabila sudah terkena penyakit ini akan sulit untuk menjalani kegiatan sehari-hari, bahkan untuk sembuh dari ambeien pun tak mudah. Maka dari itu, untuk mencegahnya Anda perlu mengetahui penyebab ambeien.

Ambeien sendiri merupakan benjolan yang muncul di sekitar anus, di dalam maupun di luar. Ambeien atau lebih dikenal dengan istilah wasir ini terjadi saat saluran anus dalam kondisi lemah, sehingga pembuluh darah di sekitarnya membesar. Orang yang terkena ambeien akan merasa gatal dan nyeri di bagian anus, nyeri saat BAB, hingga keluar benjolan dari anus. Nah, guna mencegah terjadinya penyakit ini, Anda perlu tahu beberapa penyebab ambeien, antara lain:

1. Kebiasaan duduk yang buruk

Di urutan pertama, kebiasaan duduk yang memengaruhi ambeien. Biasanya duduk di permukaan yang keras dan tidak ada bantalan dalam waktu lama akan membuat aliran darah ke pembuluh daerah di sekitar panggul terhambat. Hal inilah yang menyebabkan ambeien. Tanpa orang sadari, duduk menjadi perihal sepele di mana kita akan memilih tempat sembarangan sesuai kondisi dan lokasi. Dalam beberapa hal orang pun akan mempertahankan posisi duduk, misalnya seperti karyawan kantor yang tetap di tempat duduknya selama bekerja akan semakin besar potensi terkena penyakit ini. Maka dari itu, hindari duduk terlalu lama, ada baiknya di jeda berdiri untuk melakukan kegiatan lainnya. 

2. Pola makan tidak sehat

Soal makanan, tentunya di masa sekarang adanya makanan instan membuat orang-orang mengabaikan pola makan sehat. Alih-alih mengatur keseimbangan pola makan, orang akan lebih tertarik mengonsumsi makanan yang enak maupun memilih cepat dan praktisnya. Mayoritas orang di zaman ini lebih sering mengonsumsi makanan instan, makanan kekinian, minuman manis, dan lainnya yang gizi dan seratnya minum. Seperti yang kita ketahui, pola makan sendiri penting untuk asupan tubuh. Untuk kesehatan tubuh pasti kita memerlukan asupan yang bergizi, mengandung serat, serta minum air putih yang penting untuk kesehatan pencernaan dan kelancaran BAB. 

3. Kebiasaan mager atau males gerak

Kebiasaan ini sudah menjamur di kalangan remaja sekarang, rebahan dan menggulir layar ponsel menjadi kegiatan favorit mereka. Kebanyakan dari mereka akan melakukannya di waktu senggang, mulai mager dan nyaman bertahan di satu tempat dengan ponsel di tangannya. Hal inikah yang membuat mereka kekurangan kegiatan fisik, lebih banyak duduk, atau berbaring sehingga tekanan pada pembuluh darah di area panggul meningkat. Tak heran apabila mereka rentan terkena ambeien. Mulai sekarang cobalah bangun untuk lebih produktif daripada rebahan dan memupuk penyakit. 

4. Faktor genetik

Penyebab terakhir paling sulit dihindari, dalam beberapa kasus ambeien disebabkan oleh faktor keturunan. Di mana orang tua yang memiliki ambeien, anak memiliki resiko mengalami masalah tersebut. Maka dari itu, putus rantai ambeien dari Anda dengan menghindari penyebab lainnya agar ambeien tidak semakin parah. 

Itulah penyebab ambeien yang perlu Anda hindari mulai sekarang sebelum mengalaminya. Sebab, saat sudah mengalaminya Anda akan merasakan nyeri yang luar biasa dan sulit untuk disembuhkan. Untuk sembuh sepenuhnya dari penyakit ini pun dibutuhkan operasi. 

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category