Health

4 Penyebab Batuk Berdarah Batuk Kering yang Wajib Diwaspadai

By Natural Farm |

Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun bisa sembuh dengan sendiri, tapi batuk tak boleh dianggap remeh, apalagi jika disertai dengan darah. Ciri-ciri darah pada batuk cukup beragam, ada yang berwarna merah terang, merah muda, hingga bercampur dengan lendir. 

Batuk berdarah batuk kering cukup beragam penyebabnya. Mulai dari kelelahan fisik hingga penyakit serius. Jika tidak segera ditangani, kesehatan kamu jadi taruhannya. Berikut ini beberapa penyebab batuk berdarah yang tak boleh Kamu anggap remeh. 

1. Bronkitis

Penyebab batuk berdarah yang pertama adalah bronkitis. Penyakit ini akibat peradangan pada bronkus atau percabangan saluran udara yang menuju paru-paru. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus yang ditularkan lewat percikan dahak dari penderita. 

Tingkat keparahan penyakit bronkitis dapat dilihat dari durasi berlangsungnya gejala batuk dan gangguan lainnya. Bronkitis akut biasanya terjadi selama 2 – 3 minggu. Sedangkan bronkitis kronis, gejala batuk yang dialami tidak berhenti lebih dari tiga bulan.

2. Kanker Paru

Batuk yang disertai darah juga bisa disebabkan oleh penyakit kanker paru-paru. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel tumbuh secara tidak terkendali di dalam paru-paru. Seseorang yang menderita kanker paru-paru biasanya ditandai dengan rasa nyeri di dada serta batuk berdarah secara terus menerus dan semakin memburuk.

Faktor penyebab kanker paru-paru cukup beragam. Mulai dari kebiasaan merokok hingga terlalu sering terpapar polusi udara. Di Indonesia sendiri kasus kematian akibat kanker paru-paru mencapai angka 19,3% dibanding penyakit kanker lainnya.

3. Pneumonia

Penyakit pneumonia ditandai dengan beberapa gejala, salah satunya adalah batuk kering dan berdarah. Penyebab utama penyakit pneumonia adalah infeksi virus, bakteri, atau jamur pada saluran pernapasan. Beberapa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pneumonia adalah Haemophilus Influenza, Staphylococcus, dan Streptococcus. Seseorang yang menderita pneumonia ditandai dengan adanya cairan atau nanah di salah satu bagian paru-paru.

4. Tuberkulosis

Penyakit Tuberkulosis (TB) juga ditandai dengan batuk berdarah batuk kering. Tuberkulosis termasuk ke dalam penyakit menular terbesar di dunia setelah HIV. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit TBC dapat menular melalui droplet saat batuk dan bersin. Seseorang dengan sistem imun yang lemah berisiko lebih tinggi tertular penyakit ini bila menghirup atau terkontaminasi TB. Meskipun organ yang paling sering diserang adalah paru-paru, tapi TB juga bisa menyerang organ tubuh lainnya seperti sistem saraf, kelenjar getah bening hingga jantung.

Itu tadi beberapa penyebab batuk berdarah batuk kering yang perlu diwaspadai. Apa pun penyebabnya, batuk berdarah dapat diatasi secara medis maupun dengan obat-obatan alami seperti madu dan istirahat yang cukup. Selain itu, Kamu perlu menerapkan pola hidup sehat, berhenti merokok, dan menghindari polusi udara.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category