Health

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Ampuh

By Natural Farm |

Saat flu menyerang, hidung jadi tersumbat dan terasa tidak nyaman karena banyak lendir atau ingus yang sulit dikeluarkan. Kondisi ini biasanya terjadi karena adanya iritasi dan pembengkakan di dalam hidung. Bahkan, sejumlah orang juga mengeluh sakit kepala, sulit bernapas, dan nyeri di wajah ketika hidung tersumbat. Nah, agar pernapasan lebih lancar, coba lakukan cara mengatasi hidung tersumbat berikut ini.

Cara Cepat Meredakan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat sebenarnya bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan. Namun, kondisi ini sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Lima cara ini ampuh meredakan hidung tersumbat tanpa obat-obatan. Apa saja? 

1. Perbanyak konsumsi cairan

Saat flu dan hidung tersumbat, perbanyaklah konsumsi cairan seperti air putih, jus, dan kaldu ayam. Mengonsumsi banyak cairan berfungsi untuk mengencerkan lendir yang menumpuk di hidung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi sup dan minuman dalam kondisi hangat. Selain membantu meredakan hidung yang tersumbat, cairan hangat juga meredakan sakit tenggorokan saat flu.

2. Menghirup uap panas

Cara mengatasi hidung tersumbat yang kedua adalah menghirup uap panas. Cara ini cukup efektif dan cepat untuk melegakan pernapasan dikala flu. Selain efektif mengatasi hidung tersumbat pada orang dewasa, metode ini juga bisa digunakan pada anak-anak.

Caranya mudah, yakni dengan merebus air hingga mendidih. Setelah itu, letakkan pada wadah atau baskom. Duduklah menghadap baskom tersebut agar uapnya mengenai bagian wajah. Jangan lupa tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah agar uap terhirup ke saluran pernapasan.

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan tubuh, termasuk ketika Anda flu. Untuk meredakan hidung tersumbat, berjemurlah di bawah sinar matahari pagi antara pukul 7 – 9. Selain membantu melegakan pernapasan, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Gunakan humidifier

Iritasi hidung bisa jadi lebih parah ketika udara di dalam ruangan terasa kering. Akibatnya, hidung akan semakin tersumbat dan membuat pernapasan tidak lega. Agar udara di dalam ruangan terjaga kelembapannya, Anda dapat menggunakan humidifier. Dengan begitu, iritasi yang menyebabkan hidung tersumbat akan berkurang dan ingus jadi lebih mudah dikeluarkan.

5. Konsumsi jahe hangat

Jahe dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah meredakan gejala flu seperti tenggorokan gatal dan hidung tersumbat. Kandungan di dalam jahe juga membuat tubuh lebih fit, sehingga proses penyembuhan lebih cepat. Agar lebih efektif, sebaiknya konsumsi air jahe dalam kondisi hangat untuk meredakan hidung tersumbat.

Itulah 5 cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan efektif. Cara-cara ini minim efek samping dan dapat Anda lakukan kapan pun. 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category