Health

5 Cara Menghilangkan Batuk Secara Alami dan Minim Efek Samping

Batuk tergolong penyakit ringan yang bisa diatasi dengan obat-obatan di apotek. Namun jika terjadi secara terus-menerus dalam kurun waktu yang lama, batuk bisa jadi efek samping dari berbagai gangguan kesehatan yang butuh penanganan lebih lanjut. 

Untuk meredakan batuk sebenarnya bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Selain mudah didapat, mengatasi batuk secara alami lebih minim efek samping. Berikut ini cara menghilangkan batuk dengan bahan-bahan alami yang bisa Kamu coba di rumah.

1. Jahe

Jahe memiliki kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antivirus yang dapat meringankan gejala batuk serta peradangan pada tenggorokan. Kandungan dalam jahe mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan mencegah perkembangan virus. Obat herbal ini juga memiliki kandungan zat analgesic yang membuat tubuh terasa hangat. Meminum campuran jahe dengan air hangat atau teh dapat meredakan batuk kering maupun berdahak. 

2. Madu

Menghilangkan batuk secara alami bisa dilakukan dengan mengkonsumsi madu. Dari hasil penelitian, madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya meredakan gejala batuk, madu juga membantu memproduksi lapisan pelindung yang meringankan iritasi pada membran mukosa.

Selain itu, zat analgesik dalam madu dapat menghentikan infeksi penyakit yang menyebabkan batuk berdahak maupun batuk kering. Kamu bisa mengkonsumsi satu sendok teh madu secara langsung atau mencampurkannya ke dalam susu maupun teh peppermint untuk meredakan gejala batuk.

3. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan dalam masakan. Namun selain fungsinya sebagai bumbu masakan, kunyit juga berfungsi sebagai obat tradisional untuk mengatasi batuk. Kandungan kurkumin di dalam kunyit membantu melawan peradangan pada saluran pernapasan.

Untuk mengobati batuk, Kamu dapat mencampurkan bubuk kunyit ke dalam satu gelas susu panas. Selain itu, kunyit dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam teh.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara meredakan batuk yang paling simple adalah memperbanyak konsumsi air putih. Saat batuk tenggorokan akan terasa kering dan tidak nyaman. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, tenggorokan akan menjadi lebih lembap sehingga efektif mengurangi batuk.

5. Hindari Makanan Cepat Saji dan Gorengan

Selain menggunakan bahan-bahan alami, meredakan batuk tanpa obat bisa dilakukan dengan menghindari makanan cepat saji dan gorengan. Kedua jenis makanan ini justru membuat tenggorokan tidak nyaman dan dapat memicu batuk menjadi lebih buruk. Agar batuk lebih cepat sembuh, Kamu sebaiknya mengonsumsi makanan sehat serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan untuk meningkatkan sistem imun.

Itulah lima cara meredakan batuk yang bisa Kamu lakukan di rumah. Apabila batuk yang Kamu derita tidak kunjung sembuh dan malah memburuk setelah beberapa hari, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.