Health

5 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami, Simple dan Efektif

Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang batuk, mulai dari alergi hingga gejala penyakit serius. Sebagian orang memilih mengatasi batuk dengan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di apotek. Namun sebelum minum obat, Kamu bisa mencoba bahan-bahan alami untuk mengobati batuk berdahak.

Cara mengobati batuk berdahak dengan bahan-bahan alami terbilang simple dan minim efek samping. Berikut ini bahan-bahan alami di rumah yang bisa Kamu gunakan untuk meredakan batuk berdahak.

1. Sup Kaldu Tulang

Mengkonsumsi sup kaldu tulang memang tidak bisa menyembuhkan batuk secara langsung. Namun sup kaldu tulang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan sistem imun, meningkatkan kemampuan detoksifikasi pada tubuh, dan mengencerkan dahak pada saluran pernapasan. 

Sup kaldu tulang juga bermanfaat meringankan gejala batuk akibat infeksi. Seseorang yang menderita batuk kronis biasanya cenderung rentan dehidrasi. Dengan mengonsumsi sup kaldu tulang yang mengandung elektrolit, tubuh Kamu akan terhindar dari dehidrasi.

2. Sari Cuka Apel

Mengobati batuk berdahak secara alami juga bisa dilakukan dengan sari cuka apel. Kandungan asam asetat di dalam sari cuka apel bersifat antibakteri sehingga efektif untuk mematikan bakteri dan memecah gumpalan lendir pada saluran pernapasan. Sebagai obat batuk alami, campurkan 1-2 sendok cuka sari apel ke dalam satu gelas air. Gunakan campuran ini untuk berkumur dan diminum secara langsung. 

3. Nanas

Nanas yang kaya akan nutrisi ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak berkat kandungan enzim bromelain di dalamnya. Nanas juga bersifat anti inflamasi sehingga mampu memecah dahak yang menggumpal di paru-paru dan tenggorokan. Namun kandungan enzim bromelain pada nanas dapat berkurang efektivitasnya dalam melawan bakteri bila dikonsumsi bersamaan dengan antibiotik.

4. Bawang Putih

Cara mengobati batuk berdahak yang selanjutnya adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih bersifat antimikroba sehingga efektif menghentikan iritasi dan infeksi yang menyebabkan dahak berlebih. Kandungan senyawa allicin dalam bawang putih juga berfungsi membasmi virus dan bakteri di dalam tenggorokan. Untuk mengatasi batuk berdahak, bawang putih halus dapat dicampur dengan madu dan teh atau Kamu hirup aromanya.

5. Akar Licorice

Akar licorice dikenal efektif dalam meredakan batuk berdahak, radang tenggorokan, maupun batuk karena alergi. Kandungan demulcent dan ekspektoran di dalam akar licorice dapat mengencerkan dahak di saluran pernapasan dan membuatnya lebih mudah keluar. Mengkonsumsi akar licorice saat batuk juga bisa meredakan iritasi atau peradangan akibat batuk.

Lima cara mengobati batuk berdahak di atas dapat Kamu coba di rumah untuk meringankan gejala yang muncul, seperti tenggorokan terasa sakit dan sesak saat bernapas akibat tumpukan dahak di saluran pernapasan. Obat herbal untuk batuk ini masih tergolong aman jika digunakan dalam waktu singkat.