Health

5 Cara Mengobati Batuk Kering dengan Resep Herbal

By Admin |

Cara mengobati batuk kering di rumah sebenarnya tergolong mudah. Tanpa mengonsumsi obat-obatan, batuk kering dapat diatasi dengan resep herbal yang diklaim minim efek samping. Berbeda dari batuk berdahak, batuk kering tidak menghasilkan lendir. Namun, batuk kering justru menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan dan membuatnya tidak nyaman. Nah, berikut ini beberapa cara ampuh mengobati batuk kering dengan resep alami.

Cara Ampuh Mengobati Batuk Kering

Batuk kering sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari tanpa pengobatan. Namun, batuk seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar batuk kering segera sembuh, pastikan asupan cairan terpenuhi. Selain memperbanyak konsumsi air putih, batuk kering dapat diatasi dengan beberapa bahan alami berikut ini.

1. Madu asli

Kalau bicara soal khasiat, madu asli yang belum melewati proses pengolahan punya khasiat lebih besar dibanding madu yang sudah diolah. Kandungan pada madu asli tidak ada yang rusak akibat proses pengolahan dengan cara dipanaskan. Sebab itulah, manfaat madu asli jauh lebih efektif. Madu sendiri sudah dijadikan obat turun-temurun untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah batuk. Kandungan pada madu bersifat antibakteri dan anti radang yang dapat meredakan iritasi di tenggorokan.

2. Kunyit

Kunyit tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, tapi juga ampuh mengatasi batuk kering. Kandungan curcumin pada kunyit bersifat antibakteri, antivirus, dan antiradang sehingga mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan serta mempercepat penyembuhan batuk.

3. Jahe

Cara mengobati batuk kering berikutnya adalah dengan jahe. Rempah-rempah yang satu ini juga memiliki segudang manfaat untuk mengatasi penyakit. Kandungannya bersifat anti radang sehingga membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan. Selain itu, jahe membantu mengendurkan otot polos pada saluran pernapasan. Mengkonsumsi air jahe juga membantu melembapkan tenggorokan dan menekan reaksi berlebih pada penderita asma. 

4. Konsumsi sup hangat

Selain menggunakan rempah-rempah dan madu, batuk kering bisa diatasi dengan mengkonsumsi sup hangat. Kandungan kaldu ayam, sayuran, dan daging ayam di dalamnya kaya akan nutrisi yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, cairannya berfungsi meringankan batuk kering dan membuat tenggorokan lebih nyaman serta mencegah dehidrasi.

5. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan anti radang, antivirus, dan antibakteri yang membantu meredakan flu serta batuk. Kandungannya juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin juga diklaim dapat menurunkan tekanan darah, sehingga bagus bagi penderita hipertensi.

Kelima cara mengobati batuk kering di atas dinilai minim efek samping karena menggunakan bahan-bahan alami. Namun, bila batuk tak kunjung sembuh setelah mencoba cara-cara alami, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui penyebab utamanya agar batuk dapat diatasi secara tepat.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category