Health

5 Cara Meredakan Batuk Berdahak dengan Cara Alami, Terbukti Efektif

By Admin |

Batuk berdahak artinya batuk yang disertai dahak atau lendir berwarna putih, kuning, atau bisa jadi hijau. Jumlah dahak yang terlalu banyak di saluran pernapasan menyebabkan rasa tidak nyaman. Belum lagi gangguan kesehatan ini umumnya disertai hidung meler, rasa sakit tenggorokan, sulit bernapas, nyeri otot, sakit kepala, dan demam. Karenanya jangan anggap remeh, usahakan kesembuhan dengan mencoba cara meredakan batuk berdahak berikut:

1. Minum Air Hangat

Cara meredakan batuk berdahak pertama dengan meminum air hangat guna membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Tidak hanya terpatok pada air putih, Anda juga bisa menggantinya dengan air lemon hangat, wedang jahe, atau semangkuk sup hangat. Untuk wedang jahe sendiri diketahui kaya antioksidan dan zat anti inflamasi yang tak hanya ampuh menghangatkan tubuh tapi juga melegakan tenggorokan.

2. Campuran Jeruk Nipis dan Kecap

Cara selanjutnya ini sudah diresepkan sejak nenek moyang dahulu. Sewaktu kecil mungkin Anda pun pernah mendapat resep obat alami ini dari ibu atau nenek. Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan minyak atsiri yang dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan dan meredakan suara serak. Sementara penambahan kecap bertujuan untuk memberi rasa manis pada sari jeruk nipis yang memiliki rasa sangat masam.

3. Banyak Minum

Saat menderita batuk berdahak, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dalam hal ini Anda harus banyak minum. Bagi penderita batuk berdahak hidrasi penting seperlu melawan infeksi yang terjadi. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi banyak minuman juga bertujuan untuk menjaga tenggorokan tetap lembab agar tenggorokan tidak meradang atau iritasi.

4. Kumur Air Garam

Untuk obat berdahak alami Anda bisa berkumur menggunakan air garam. Manfaatnya membantu membersihkan lendir yang menumpuk di ujung tenggorokan. Air garam juga dapat meredakan tenggorokan yang sakit hingga membunuh kuman penyakit.

5. Mandi Air Hangat

Cara alami terakhir yang dapat Anda coba untuk meredakan batuk berdahak yaitu dengan mandi air hangat. Berendam air hangat panasnya dapat membantu memecah lendir yang menumpuk di saluran pernafasan. Untuk hasil lebih efektif sebelum mandi taruh air hangat dalam baskom dan tempatkan wajah Anda di depannya, biarkan wajah Anda tersapu uap panas.

Bila Anda sudah mencoba beberapa cara di atas tapi batuk berdahak tidak kunjung sembuh setelah 3 pekan, maka segera konsultasikan dengan dokter. Terlebih jika Anda mendapati gejala lain seperti sesak napas, tidak nafsu makan, atau dahak berdarah.

Batuk yang Anda alami sebenarnya merupakan respon tubuh untuk mendorong dahak dari sistem pernapasan. Namun, batuk yang terlalu sering nyatanya juga menyebabkan rasa tidak nyaman. Di atas telah diberikan beberapa cara meredakan batuk berdahak yang dapat Anda coba agar batuk segera mereda.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category