Health

6 Cara Meredakan Batuk Tanpa Obat Ada Di Sekitar Kita

By Admin |

Cara meredakan batuk tanpa obat menjadi sebuah solusi sebagian masyarakat saat ini dimana mereka mengingat biaya berobat tinggi, harga obat paten yang mahal dengan kemampuan diri. Untuk itu, kebanyakan memilih cara mengobati batuk tanpa obat seperti di bawah ini:

1. Makan buah yang banyak mengandung air 

Buah yang banyak mengandung air seperti semangka, buah naga, pir, lemon juga menghidrasi tubuh lebih banyak. Saat tubuh terhidrasi maka semua manfaat vitamin akan masuk ke dalam sel tubuh sehingga membuat imunitas naik, sel darah merah dan putih akan berusaha mendorong virus untuk keluar. 

2. Minum kencur  

Makan atau minum parutan air kencur juga membantu meredakan batuk dahak. Dengan dahak yang membuat sesak awalnya kencur akan membuat dahak semakin banyak tetapi lebih mudah untuk dikeluarkan. Sistem kerja kencur yakni membuat dahaknya semakin banyak dan mudah keluar. Akan makin bagus juga dikombinasikan dengan madu. 

3. Konsumsi kunir putih 

Air kunir putih dibuat dengan memotong kunir putih kemudian dituangkan ke dalam gelas dan diberikan air panas, sebagai antibiotik alami. Minumlah sehari sekali saja ya, jangan rutin karena bisa memberikan efek samping lainnya. Saat batuk mulai 90% sembuh, Anda bisa hentikan minum kunir putih dan perkuat dengan makanan penunjang imun. 

4. Kerokan dengan bawang merah 

Batuk bisa berasal dari angin yang masuk ke tubuh Anda, di sisi lainnya juga ada virus yang datang karena imunitas tubuh Anda menurun. Mengerok tubuh dengan bawang merah juga meredakan batuk terutama saat tenggorokan sesak ya.

Setelah kerokan ada baiknya minum panas dan makan sedikit karbo rebus seperti talas, ketela.

5. Banyak minum air putih hangat

Minum air putih hangat atau panas juga membantu meredakan batuk yang mendera, tapi belum menyembuhkan ya!

Air putih sebagai media peluntur racun juga lebih baiknya yang telah matang direbus. Kalau memakai air mineral untuk sebagian orang tak masalah tetapi ada yang malah membuat batuknya semakin parah karena air mineral hanya melalui proses sterilisasi, bukan pemanasan 100 derajat. 

6. Istirahat yang banyak dan pijat 

Mungkin Anda batuk bukan karena virus tetapi karena salah urat atau kecetit. Orang bilang jika badannya kecetit seringkali turun beratnya dan batuk kering tak kunjung membaik. Pijat di tangan yang tepat akan mengetahui letak urat syaraf yang bermasalah tadi kemudian dibenarkan. Maka, seiring dengan waktu batuk yang tadinya menerpa bisa sembuh tanpa obat sedikitpun.  

Cara meredakan batuk tanpa obat di atas lebih aman dan memang tidak instan, Anda harus sedikit bersabar dengan prosesnya ya!

Batuk yang lama sembuh belum tentu ada flek atau gangguan lainnya karena saat ini mutasi virus terus berkembang dan menjadi lebih kuat di area tertentu.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category