Health

Batuk Kering Menyerang? Begini Cara Meredakan Batuk Kering yang Ampuh

By Natural Farm |

Batuk pada umumnya muncul sebagai gejala dari suatu penyakit, misalnya saja sakit flu. Ada beberapa jenis batuk, yakni batuk berdahak dan batuk kering. Berbeda dengan batuk berdahak, batuk kering merupakan jenis batuk yang tidak disertai dahak atau lendir yang membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan. Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mencoba beberapa cara meredakan batuk kering berikut ini diantaranya:

1. Makan Makanan yang Kaya Probiotik

Salah satu penyebab dari batuk kering bisa jadi karena sistem imun tubuh yang tidak optimal. Untuk itu sebagai cara meredakan batuk kering pertama Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya probiotik seperti tempe, keju, atau yoghurt. Kandungan probiotik tidak menyembuhkan batuk kering secara langsung tapi efektif mengurangi infeksi saluran pernapasan.

2. Mengkonsumsi Madu Alami

Madu alami diklaim menjadi salah satu obat alami yang ampuh mengatasi gejala batuk kering. Hal ini karena madu alami berfungsi melembabkan tenggorokan dan mengurangi frekuensi batuk kering secara ampuh. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda bisa mengkonsumsi satu sendok makan madu alami 2-3 kali sehari, terutama di malam hari. Pastikan memilih madu alami asli bukan yang lain.

3. Tidur dengan Meninggikan Posisi Kepala

Saat malam hari menjadi waktu paling riskan bagi penderita batuk kering. Pasalnya batuk kering kerap kambuh di malam hari dan mengganggu waktu istirahat. Dalam hal ini posisikan kepala Anda lebih tinggi daripada badan. Posisi ini cukup efektif mencegah asam lambung naik agar tidak memicu batuk kering.

4. Mengoleskan Balsem di Leher dan Sekitar Hidung

Batuk kering biasanya disertai rasa gatal di tenggorokan yang mengganggu. Untuk meredakan gejala batuk kering Anda bisa mengoleskan balsem di leher dan sekitar hidung Anda. Cara ini cukup ampuh melegakan dan membersihkan saluran hidung untuk beberapa waktu sehingga perlu diulang. Selain itu, supaya tenggorokan tidak terlalu kering pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan minum cukup air.

5. Minum Teh Jahe Hangat

Agar terbebas dari batuk kering, dianjurkan pula untuk minum teh jahe hangat. Teh jahe yang hangat membantu menenangkan tubuh dan meredakan batuk kering sekaligus. Anda bisa mengkonsumsinya sesaat sebelum tidur agar dapat mengurangi frekuensi batuk kering di waktu istirahat Anda. Teh jahe hangat ini juga bisa diganti jenis lainnya seperti teh hijau yang memiliki khasiat yang sama.

Demikianlah beberapa cara meredakan batuk kering yang bisa Anda coba. Jika batuk tidak kunjung sembuh terutama setelah 3 minggu jangan tunda lagi untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter terdekat. Hal ini untuk memastikan Anda mendapat perawatan medis tepat dan bisa sembuh cepat. Sekian dan semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category