Health

5 Jenis Vitamin Imun Tubuh, yang Penting Anda Konsumsi

Salah satu cara untuk menjaga kekebalan dan meningkatkan imun tubuh, yaitu dengan memenuhi asupan vitamin secara tepat. Dimana asupan vitamin tersebut, dapat diperoleh dari berbagai macam makanan sehat atau bisa juga dengan mengkonsumsi multivitamin tambahan. Berikut ini adalah beberapa vitamin imun tubuh, yang sebaiknya dikonsumsi, seperti :

Vitamin A

Jika Anda menganggap bahwa vitamin A hanya penting untuk menjaga kesehatan mata, maka hal tersebut kurang tepat. Ternyata vitamin A, juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dimana vitamin yang satu ini ternyata mampu berperan aktif dalam membentuk sel darah putih. Sel yang satu ini mampu melawan virus dan bakteri berbahaya di dalam tubuh. Adapun vitamin imun tubuh, yang satu ini dapat Anda peroleh dari tomat, brokoli, hati sapi, ubi jalar, dan juga wortel.

Vitamin B komplek

Vitamin B Komplek juga dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan antibodi dan kekebalan tubuh. Di dalam vitamin B komplek, sendiri terdapat beber jenis vitamin B, seperti B1, B6, B9, dan B12.

Masing masing vitamin tersebut, mempunyai fungsi yang berbeda, mulai dari B6 yang mampu memproduksi antibodi dan juga sel darah putih. B9, untuk meningkatkan metabolisme DNA, guna meningkatkan imun tubuh. Serta B12, yang bermanfaat untuk membentuk protein, sel darah merah, yang mampu mempengaruhi kondisi imun tubuh.

Untuk memenuhi asupan vitamin B komplek, Anda dapat mengkonsumsi aneka kacang kacangan, susu biji bijian, daging ayam, brokoli, ika, dan juga paprika.       

Vitamin C

Siapa yang tidak mengenal vitamin C, termasuk salah satu vitamin imun tubuh anak dan orang dewasa yang paling mudah ditemukan. Dengan mengkonsumsi vitamin C, selain mampu meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh. Juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Adapun asupan vitamin C, tersebut mudah Anda temukan pada aneka buah buahan, dan sayuran, seperti papaya, jeruk, manga, kiwi, brokoli, bayam dan juga paprika.  

Vitamin D

Vitamin D ini, bisa dibilang sebagai vitamin imun tubuh terbaik, lantaran tidak hanya mampu menjaga kesehatan tulang, juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mampu membantu melawan infeksi pada tubuh.

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh vitamin D tersebut. Mulai dari berjemur di pagi hari, mengkonsumsi vitamin D, atau bisa juga dengan mengkonsumsi beberapa macam makanan yang mengandung vitamin D. Adapun aneka makanan yang mengandung vitamin D, seperti ikan tuna, sereal, salmon atau juga telur.   

Vitamin E

Satu lagi jenis vitamin yang tidak kalah penting yaitu vitamin E. mengandung antioksidan, yang mampu membantu melindungi tubuh, serta menurunkan resiko terhadap terjadinya infeksi.

Vitamin yang satu ini dapat Anda peroleh dari aneka kacang almond, alpukat, biji bijian mentah, dan juga papaya.  

Selain mengkonsumsi aneka vitamin imun tubuh, terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh, yaitu dengan mengelola stress, dan juga aktif bergerak.