Health

5 Jenis Sayuran yang Dilarang untuk Penderita Darah Tinggi

By Natural Farm |

Walaupun bagi kebanyakan orang, sayuran adalah makanan yang terbilang aman dan menyehatkan. Namun ternyata, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh seseorang yang menderita darah tinggi, atau istilah medisnya hipertensi. Akan ada efek tertentu, ketika seseorang yang menderita darah tinggi mengkonsumsi jenis sayuran tersebut, adapun sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi, antara lain :

1. Tomat kalengan dan olahan tomat lainya

Walaupun tomat kaya gizi, namun hal tersebut hanya berlaku pada tomat yang masih segar. Lain halnya ketika tomat dijadikan sebagai produk olahan lainnya, seperti saus tomat, atau juga pasta tomat.

Karena umumnya aneka produk olahan, termasuk tomat olahan, ditambahkan sodium atau garam. Kadar garam tinggi, pastinya tidak baik untuk penderita darah tinggi. Selain itu adanya kandungan pengawet, juga kurang baik untuk kesehatan.

2. Sayuran beku

Sayuran kaleng atau sayuran beku, termasuk jenis sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi. Alasannya, karena sayuran kalengan tersebut, pastinya sudah melewati proses pengawetan. Salah satu cara pengawetan yang paling umum adalah dengan direndam menggunakan larutan air garam. Secara tidak langsung kandungan garam pada sayuran kaleng tersebut menjadi tinggi, atau tinggi kadar natrium, dan hal tersebut tidak baik untuk penderita hipertensi.

3. Sup kalengan

Adapun jenis sayuran lain, yang sebaiknya dihindari adalah sayuran yang dibuat dalam bentuk sup kalengan. Walaupun kaya akan aneka jenis sayuran, yang baik untuk tubuh. Namun sup kalengan ini, mengandung sodium yang terbilang tinggi, terutama bagi mereka yang menderita hipertensi.

Akibatnya ketika mengkonsumsi sup tersebut, maka darah tinggi, akan kambuh, dan bukan tidak mungkin, jika dikonsumsi terlalu banyak, akan menyebabkan kanker atau bahkan stroke.

4. Sayuran yang dijadikan acar

Sayuran yang dibuat jadi acar, juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Anda yang mempunyai darah tinggi. Karena pada dasarnya dalam proses pembuatan sayuran acar tersebut, menggunakan campuran air, garam dan cuka.

Artinya acar akan mengandung kadar sodium yang cukup tinggi. Dimana seperti yang disebutkan pada poin awal, seseorang yang mempunyai hipertensi, sebaiknya harus mengurangi atau menghindari  makanan yang mengandung kadar garam tinggi.  

5. Salad dressing

Salad dressing juga termasuk salah satu makanan yang menyehatkan Karena menawarkan aneka jenis sayuran yang menyehatkan, dan pastinya mempunyai cita arsa yang segar. Namun bagi mereka yang menderita hipertensi, salad dressing justru dapat membahayakan kesehatan. Lantaran adanya kandungan garam, gula dan lemak tak jenuh yang terbilang tinggi.

Sebenarnya, seseorang yang menderita hipertensi tetap dapat mengkonsumsi salad dressing. Namun minyak yang sebaiknya digunakan sebaiknya diganti menjadi minyak yang menyehatkan, seperti minyak zaitun.

Jadi dari beberapa ulasan diatas, pada dasarnya sayuran yang ada tetap aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita darah tinggi. Namun untuk sayuran yang dilarang untuk penderita darah tinggi, tidak lain jenis sayuran yang dibuat atau diproses menggunakan sodium dalam jumlah yang tinggi. Karena hal tersebut, selain mempengaruhi rasa, juga tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi penderita darah tinggi / hipertensi.  

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category