Health

Bagaimana Cara Kerja Sistem Imun dalam Tubuh

By Admin |

Anda pasti pernah mendengar tentang sistem imun tubuh, tidak lain adalah kekebalan tubuh sehat, yang nantinya bekerja melawan zat zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan agar tubuh seseorang tidak mudah terserang penyakit. Itu artinya seseorang harus rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan melakukan pola hidup sehat, guna menjaga imun tubuh tetap dalam kondisi baik.

Tapi dibalik semua hal tersebut apakah Anda mengetahui, bagaimana cara kerja dari sistem imun tersebut. Berikut ulasannya untuk Anda :  

1. Mengenali zat asing yang masuk ke dalam tubuh

Adapun sistem imun tubuh sendiri akan diaktifkan oleh mikroorganisme atau juga zat asing (antigen), yang tidak dikenal oleh tubuh, misalnya saja jamur, bakteri, atau bahkan virus.

Apabila antigen tersebut melekat pada reseptor sel imun, maka seluruh tubuh nantinya akan bekerja sama untuk mengenali antigen. Kemudian sel mun tersebut bekerja sama dalam mengenali antigen, serta memberikan sinyal guna mengaktifkan setiap komponen yang ada pada sistem imun tersebut.

Salah satu fungsi dari sistem imun sendiri adalah membuat catatan, tentang setiap antigen yang ditemukan untuk pertama kalinya, dan juga mencatat bagaimana proses menghancurkannya. Tugas yang satu ini akan diemban secara khusus oleh Sel Memori, dari golongan Sel Darah Putih, yaitu Limfost, T (sel T), dan juga limfosit B (sel B).

Dengan adanya memori tersebut, maka ketika tubuh kembali terserang oleh antigen yang sama. Maka kelak tubuh akan langsung merespon penyakit tersebut, dan segera mengeluarkannya.   

2. Menghasilkan antibodi pada tubuh

Dari penjelasan pada poin sebelumnya, secara tidak langsung disebutkan bahwa tubuh ternyata mempunyai sistem imun bawaan. Dimana Sel Plasma yang berasal dari Limfosit B, nantiya akan menghasilkan antibodi.

Antibody ini yang nantinya akan mengikat pada antigen yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu limfosit B juga akan membentuk sel memori, yang akan bertahan di dalam tubuh.

Jadi ketika kelak sistem imun bertemu dengan antigen yang sama. Maka antibodi akan selalu siap sedia melawan dan mengusir antigen tersebut.  

3. Diadaptasi juga untuk vaksin

Untuk membantu tubuh mengenal berbagai macam virus dan bakteri, umumnya seseorang akan diberikan imunisasi atau juga vaksin. Dimana cara kerjanya sama seperti memperkenalan sistem imun tubuh, dengan antigen pada penyakit.

Hasilnya tubuh akan memproduksi sel memori dan juga antibody, yang selalu siap untuk menghalau berbagai antigen yang masuk ke dalam tubuh dimana dan kapanpun.   

4. Imun tubuh jadi lebih kuat, terhadap antigen lama

Salah satu bukti dari adanya sistem imun tubuh, tidak lain, penyakit berat yang masuk ke dalam tubuh, tidak akan menyerang untuk kedua kalinya. Salah satunya adalah penyakit cacar. Dimana dalam hal ini, sel memori benar benar mengenal antigen cacar air, dan membuat sistem imun secara langsung membunuh antigen tersebut.  

5. Membunuh antigen

Dalam hal ini, antibody dari Limfosit B, tidak bekerja sendiri, melainkan memperoleh bantuan dari Limfosit T, yang bertugas untuk membunuh antigen. Selain itu ada juga sel fagosit yang akan menghancurkan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Mengenal bagaimana cara sistem imun tubuh bekerja tentunya penting. Agar kelak, Anda dapat lebih berhati hati, dalam menjaga tubuh. Dengan demikian Anda tidak mudah terkena penyakit atau tidak mudah sakit. 

Share

Trending Article

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

Inilah Cara Melakukan Gerakan Kayang Adalah

Inilah Cara Menurunkan Panas Pada Orang Dewasa

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi, Bantu Kembalikan Kepercayaan Diri!

Langkah-Langkah Dan Tips Penting Cara Melakukan Push-Up Yang Benar

Tips Dan Trik Yang Efektif Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Article Category