Health

5 Obat Batuk Alami untuk Anak yang Aman untuk Dikonsumsi

By Erwin |

Saat anak-anak terserang batuk ada banyak pilihan obat yang dapat diberikan kepada mereka. Baik itu obat-obatan yang tersedia di apotek maupun bahan-bahan herbal yang terpercaya dan berkhasiat sebagai obat batuk alami untuk anak. 

Berdasarkan buku Jamu: Obat Tradisional Nusantara Penyembuh Dunia, Winarno, (2023:34), obat herbal bekerja secara multiple, sehingga dapat mengatasi beberapa bakteri atau virus dalam satu kali konsumsi. 

Untuk itulah tidak ada salahnya jika para orang tua ingin menggunakan bahan-bahan alami untuk meredakan batuk yang sering menyerang anak-anak.  

5 Obat Batuk Alami untuk Anak

Cuaca yang berubah-ubah dan polusi udara yang akhir-akhir ini terus meningkat membuat banyak orang terserang batuk, termasuk anak-anak. Oleh karena itu, orang tua perlu mewaspadai dan menyiapkan obat batuk alami untuk anak, di antaranya:   

1. Lemon

Obat batuk alami pertama yang bisa dikonsumsi anak-anak adalah lemon. Selain mengandung vitamin C, buah yang satu ini bisa digunakan untuk mengobati batuk bagi anak-anak dan melegakan pernafasan.

Campurkan air hangat dengan perasan lemon bersama lemonnya juga. Campuran ini sangat baik untuk diminum anak-anak pada pagi hari. Jika anak kurang menyukai rasa asam lemon, maka campurkan dengan madu atau sedikit gula.

2. Nanas

Tidak hanya lemon, ternyata buah nanas juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk untuk anak-anak. Di dalam nanas, terdapat zat yang dapat mengencerkan lendir di tenggorokan. Nanas ini dapat diolah menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung seperti biasa.  

3. Madu

Kebanyakan anak menyukai madu, karena obat batuk yang satu ini memiliki rasa yang manis. Jadi, madu bisa menjadi alternatif jika anak-anak tidak suka obat batuk alami yang lain.

Selain itu, madu juga bisa dicampurkan ke dalam makanan atau minuman anak-anak untuk berjaga-jaga apabila mereka tidak suka meminum madu secara langsung. 

4. Jahe

Obat batuk alami yang satu ini sering dianjurkan untuk dikonsumsi jika terjangkit berbagai penyakit, seperti: demam, flu, dan batuk. Jahe biasanya dikonsumsi dalam bentuk minuman. 

Jika tidak ingin repot-repot menghaluskan jahe, maka silakan seduh serbuk jahe yang biasa dijual di supermarket. Campurkan juga dengan madu untuk menambah rasa dan khasiatnya. 

5. Sup Ayam

Terakhir, sup ayam juga bisa menjadi solusi untuk anak-anak yang tidak menyukai rempah-rempah dan buah-buahan. Sifat sup yang hangat dan kandungannya yang kaya akan gizi sangat baik untuk mengencerkan lendir yang mengganggu tenggorokan.

Demikian tadi sekilas informasi mengenai beberapa rekomendasi obat batuk alami untuk anak. Ingatlah untuk selalu menerapkan pola hidup sehat di dalam keluarga, seperti beristirahat yang cukup, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dan rutin berolahraga untuk mencegah kembalinya batuk pada kemudian hari.  

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category