Health

5 Obat Batuk Anak Alami sebagai Pertolongan Pertama di Rumah

By Erwin |

Batuk dapat menyerang anak kapan saja. Namun, tidak semua obat batuk anak yang dijual di apotek dapat dikonsumsi karena harus disesuaikan penyebabnya terlebih dahulu. Terdapat berbagai obat batuk anak alami yang dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama di rumah.

Batuk sendiri sebenarnya merupakan respons alami pada tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan zat dan partikel yang ada di saluran pernapasan. Hal tersebut dapat membantu menjaga tenggorokan tetap bersih dari dahak.  

5 Obat Batuk Anak Alami 

Namun, batuk yang terjadi dalam jangka waktu lama harus diperhatikan karena dapat menjadi pertanda dari penyakit tertentu. Bagi para ibu, ada baiknya jika mengetahui obat batuk anak alami sehingga dapat memberikan pengobatan pertama di rumah.

Adapun berbagai macam obat batuk anak alami berdasarkan buku yang berjudul Jamu: Obat Tradisional Nusantara Penyembuh Dunia, G. G. Winarno, (2023:127) dan buku berjudul Mengatasi Penyakit pada Anak dengan Ramuan Tradisional, Dr. Lestari Handayani, dkk., adalah sebagai berikut: 

1. Daun Seledri

Obat batuk alami yang pertama adalah daun seledri. Penderita batuk dapat mengonsumsi rebusan daun seledri dengan air dan tambahkan satu sendok makan madu. Kemudian, minum air rebusan tersebut sehingga batuk mereda. 

2. Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis dan lemon dapat digunakan sebagai obat batuk karena memiliki kandungan vitamin C yang bagus sebagai antibakteri. Untuk membuatnya, campur air perasan dua buah jeruk nipis atau lemon dengan satu liter air matang.

Kemudian, tambahkan satu sendok makan madu dan sejumput garam. Konsumsi campuran tersebut setiap hari sampai batuk mereda.  

3. Nanas

Nanas juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi batuk pada anak. Terdapat kandungan bromelain yang bisa ditemukan pada bagian tengah buah nanas. 

Bromelain mempunyai zat antiperadangan, sehingga dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh. Penderita batuk dapat memakannya secara langsung atau minum jus nanas. 

4. Kencur

Obat alami yang selanjutnya adalah kencur. Cara membuatnya: kupas kencur, cuci bersih, lalu parut kencur tersebut. Saat memarut, alasi dengan daun pisang atau plastik agar kencur tidak menempel di parutan dan bisa lebih mudah untuk diambil.  

Setelah itu, tambahkan air matang dan garam. Lalu saring menggunakan kain bersih atau saringan teh. Konsumsi minuman tersebut secara rutin untuk meredakan batuk.

5. Bunga Belimbing Wuluh

Bunga belimbing wuluh juga dapat dijadikan sebagai obat batuk alami. Iris bawang merah menjadi empat bagian. Lalu pukul buah pala agar menjadi kecil. 

Siapkan gula batu dan belimbing wuluh secukupnya. Lalu masukkan semua bahan ke dalam mangkok kecil. Kemudian, tutup dan kukus selama 1 jam. Selanjutnya, saring air rebusan dan minum air tersebut.  

Itulah lima macam obat batuk anak alami yang dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama pada anak di rumah. Namun, jika kondisi tak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter.  

Share

Trending Article

Article Category