Health

5 Penyebab Gatal-Gatal pada Kulit Beserta Jurus Menghilangkannya

By Natural Farm |

Dalam istilah medis, gatal-gatal pada kulit disebut pruritus. Kondisi ini membuat tidak nyaman yang menimbulkan seseorang ingin menggaruk bagian tubuh tertentu.

Secara menyeluruh, penyebab gatal-gatal pada kulit terjadi karena kekeringan atau kandungan minyak dalam lapisan kulit berkurang. Namun, gatal di kulit juga bisa disebabkan karena faktor lain dan bisa dialami oleh siapa saja.

Rasa gatal, pada umumnya, hanya berlangsung sebentar saja. Tapi, dalam beberapa kasus, gatal bisa terjadi sangat intensif dan berkepanjangan yang ditandai dengan ruam, kemerahan, kulit bersisik, benjolan, atau kulit pecah-pecah.

Menukil artikel dari Mayo Clinic, ada beberapa faktor yang biasanya menyebabkan rasa gatal pada kulit Anda, yakni:

1. Penyakit Kulit

Gatal bisa diakibatkan karena Anda terkena penyakit kulit seperti xerosis atau kulit kering, eksim, kudir, luka bakar, parasit, biduran, cacar, ataupun bekas luka.

2. Penyakit Dalam 

Penyakit dalam yang bisa menyebabkan gatal, yakni penyakit hati, gangguan pada ginjal, anemia, diabetes, hingga limfoma.

3. Gangguan Saraf dan Kejiwaan

 Penyebab gatal dalam hal ini misalnya multiple sclerosis, saraf terjepit, herpes zoster, kecemasan, gangguan obsesif-kompulsif, dan depresi.

4. Perubahan Hormon

Perubahan hormon bisa memberi reaksi gatal di tubuh, terutama di bagian perut, payudara, lengan, hingga paha. Biasanya, gatal yang disebabkan oleh perubahan hormon bisa reda sendiri.

5. Iritasi atau Reaksi Alergi

Alergi juga bisa menimbulkan rasa gatal di kulit. Biasanya, rasa gatal itu dipicu karena zat asing seperti bahan kosmetik, obat-obatan, hingga wangi-wangian, yang masuk ke dalam tubuh.

Jurus Ampuh Atasi Gatal pada Kulit

Masih mengutip artikel dari Mayo Clinic, beberapa cara ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada kulit di antaranya:

1. Langsung memeriksanya ke dokter kulit agar mendapat tindakan lebih lanjut.

2. Dokter biasanya menyarankan Anda untuk melakukan aktivitas malam dan mandi dengan air hangat selama 20 menit sebelum tidur.

3. Setelah selesai mandi, dokter biasanya menyarankan Anda untuk mengoleskan salep triamcinolone 0,025 persen hingga 0,1 persen ke bagian kulit yang lembab.

4. Anda juga melakukan terapi cahaya atau disebut dengan fototerapi sebagai alternatif jika tidak bisa minum obat-obatan. Namun, terapi ini harus dilakukan secara berkala agar mendapat hasil yang maksimal.

Empat jurus mengatasi gatal-gatal pada kulit itu wajib diterapkan jika Anda merasakannya secara berkepanjangan karena penyakit penyerta yang kronis.

Namun, jika penyebab gatal pada kulit masuk dalam kategori ringan, lebih baik Anda melakukan perawatan sendiri di rumah dengan mengoleskan pemakaian krim pelembab. Bisa juga dengan mengompres air dingin atau mengoleskan salep kortikosteroid.

Itulah penyebab dan cara mengatasi gatal-gatal pada kulit. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi masalah ini.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category