Health

6 Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Kesalahan pola makan dan pola hidup memicu munculnya ragam penyakit yang seringkali tak tampak dan jika dibiarkan cukup membahayakan jangka panjang. 99% orang usia 20 tahunan telah memiliki angka kolesterol cukup mendekati ambang batas yakni 200 mmhg. Sebaiknya, Anda coba konsumsi buah yang bisa menurunkan kolesterol di bawah ini agar angka tersebut berada di ambang 130 mmhg atau kurang. 

1. Keluarga Jeruk 

Keluarga jeruk yang banyak mengandung vitamin c dan senyawa antioksidan lainnya terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Anda bisa mencobanya 1 buah jeruk diperas dengan seduhan setengah sendok teh gula pasir kemudian minum rutin. Jeruk yang umum digunakan seperti jeruk bayi, jeruk lemon, jeruk purut, jeruk bali dan sebagainya. 

2. Keluarga Berry 

Keluarga berry yang saat ini terkenal dengan rasa masam manisnya tentu sudah tak asing lagi ya, seperti blueberry, strawberry, raspberry dan sebagainya. Buah ini cukup cepat menurunkan angka kolesterol dalam tubuh Anda. Minimal efek yang dirasakan adalah 30 hari rutin ya tapi Anda juga harus mengawasi kondisi lambung Anda, makanlah secukupnya buah ini setelah makan.

3. Pepaya 

Jika Anda ingin buah yang aman untuk lambung cobalah pepaya setiap hari. Buah ini juga banyak mengandung air dan senyawa antioksidan yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Anda bisa makan buah ini sebelum atau sesudah makan berat dan pastikan untuk mengerem minyak juga ya. 

4. Belimbing 

Buah bentuk bintang ini juga cukup bagus untuk menurunkan angka kolesterol jika dimakan rutin ya, selain itu bagus juga untuk kecantikan kulit (menutrisi kulit agar lembab). Belimbing adalah buah murah yang juga aman untuk lambung. 

5. Pisang 

Buah pisang memiliki kandungan antioksidan yang banyak dan rasanya manis, sangat baik untuk makanan penutup saat Anda makan berat. Hanya saja pisang jenis tertentu memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga ada pantangan bagi penderita diabetes. Pisang termasuk buah yang bagus untuk menurunkan kolesterol hanya saja sedikit lama karena mengandung kalori terbanyak. 

6. Semangka 

Buah yang satu ini mengandung banyak air dan serat yang bagus untuk menghidrasi kulit Anda. Seratnya bisa menurunkan kolesterol sedangkan kandungan airnya bisa dijadikan pengganti sementara air minum ya. Tak heran jika banyak orang makan semangka setelah makan berat tetapi ada pantangan untuk semangka di beberapa jenis makanan lain artinya tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

Anda juga harus mengurangi bukan menghilangkan makanan yang memicu kolesterol jahat tubuh. Misalnya, Anda makan bakwan yang digoreng memakai minyak kemasan seminggu sekali dan jumlahnya hanya 2 buah tentu tak akan berpengaruh ke naiknya kolesterol. Boleh makan asal aturan dan kurangi, serta ubah cara pengolahannya yang lebih tepat, banyak direbus atau kukus.   

Bantu juga dengan membuka link www.naturalfarm.id