Health

Mengetahui Penyebab Sakit Perut Bagian Atas dan Cara Mengatasinya

Sakit perut bagian atas bisa menyebabkan rasa tidak nyaman karena keluhan yang ditimbulkannya. Berbagai keluhan ini bisa berbeda-beda tergantung dengan penyebab dari rasa sakit yang timbul. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda mengetahui penyebab timbulnya nyeri perut bagian atas dan bagaimana cara mudah untuk mengatasinya.

Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

Ada berbagai kondisi yang bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit atau nyeri perut bagian atas. Umumnya, rasa sakit tersebut timbul karena adanya masalah pada pencernaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut pada bagian atas.

1. Tukak Lambung

Sakit perut bagian atas adalah salah satu gejala dari tukak lambung. Rasa sakit yang umumnya timbul setelah makan tersebut disebabkan oleh adanya luka pada dinding lambung. Biasanya rasa sakit juga akan semakin parah saat perut dalam keadaan kosong, seperti di malam hari.

2. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan adalah salah satu penyebab sakit perut bagian atas yang paling umum. Biasanya rasa sakit pada perut akibat gangguan pencernaan disebabkan oleh konsumsi makanan yang terlalu banyak, konsumsi makanan pedas berminyak, ataupun karena adanya infeksi saluran pencernaan. 

3. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS adalah penyakit pencernaan yang mempengaruhi kinerja dari usus besar. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah kembung, kram, diare, hingga nyeri perut bagian atas. 

4. Radang Pankreas

Salah satu tanda dari radang pankreas adalah rasa sakit yang ada pada perut bagian atas. Rasa sakit ini dapat menjalar hingga ke punggung yang disertai dengan perut kembung, muntah, dan perubahan warna kulit di area perut. Selain itu, jika gejala sudah mulai menunjukkan penurunan berat badan dan tinja yang terlihat berminyak, segerakanlah untuk memeriksakan diri ke dokter.

5. Kanker Lambung

Penyebab sakit perut bagian atas juga bisa menjadi tanda dari penyakit kanker lambung. Jenis kanker ini biasanya disertai juga dengan gejala seperti turun berat badan secara drastis, mudah kenyang, muntah, serta perubahan warna feses menjadi hitam.

6. Peritonitis

Peritonitis adalah salah satu penyebab sakit perut bagian atas yang biasanya dapat berkembang menjadi rasa sakit yang hebat pada perut. Penyakit ini adalah peradangan yang terjadi pada selaput yang melapisi rongga perut. Selain itu, kondisi yang disertai dengan gejala lain harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Cara Mengatasi Sakit Pada Perut Bagian Atas

Ketika merasa nyeri perut bagian atas dan tidak disertai dengan gejala lain yang cukup mengganggu, maka rasa sakit atau nyeri tersebutbisa diatasi sendiri rumah. Caranya pun cukup mudah, seperti penjelasan berikut ini.

  1. Minumlah air yang cukup untuk membantu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dengan lebih efisien. Jika terjadi dehidrasi dan tubuh kekurangan air, risiko rasa sakit pada perut akan meningkat.
  2. Hindari posisi berbaring terlentang atau horizontal ketika Anda merasakan sakit pada perut bagian atas. Hal ini karena posisi tersebut dapat membuat asam dalam perut cenderung bergerak mundur naik yang bisa menyebabkan rasa mulas.
  3. Ketika perut merasakan sakit hindarilah konsumsi makanan yang sulit dicerna karena dapat meningkatkan risiko sakit perut.
  4. Jika sakit perut pada bagian atas merupakan gejala maag, cobalah untuk mengkonsumsi vitamin maag yang bisa mengurangi rasa sakit pada perut.

Setelah memahami penyebab serta cara mengatasi rasa sakit perut bagian atas, Anda bisa lebih waspada pada apa yang tubuh Anda rasakan. Jika rasa sakit melebihi dari apa yang bisa diatasi serta dibarengi dengan adanya gejala lain, segerakanlah datang ke dokter terdekat.