Health

6 Ciri-Ciri Orang Hamil Tanpa Mual Maupun Muntah

By Erwin |

Salah satu tanda-tanda di awal kehamilan biasanya adalah rasa mual. Akan tetapi, beberapa wanita bisa saja merasakan kehamilan tanpa disertai tanda-tanda mual dan juga muntah. Terdapat beragam faktor yang jadi penyebab mengapa wanita hamil tak mengalami mual.

Kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan meningkatnya hormon saat kehamilan adalah satu di antara faktor penyebabnya. Terkait dengan kondisi ini, ciri awal kehamilan memang bukan hanya terlambat haid ataupun merasa mual saja, di bawah ini ada ciri-ciri orang hamil tanpa mual lainnya yang umum terjadi.

Sensitif Terhadap Bau

Ciri-ciri orang hamil tanpa mual yang pertama adalah peka terhadap bau. Biasanya wanita yang baru saja hamil lebih sensitif akan bau-bauan. Perubahan kondisi tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya hormon estrogen. Meski demikian, tak semua wanita yang peka terhadap bau itu selalu hamil, bisa juga karena efek samping dari perubahan estrogen saat menjelang menstruasi.

Payudara Lebih Sensitif dan Besar

Selain itu juga bisa menyadari ciri-ciri orang hamil dari payudara, yaitu beberapa wanita jamak akan merasakan payudaranya lebih sensitif, besar, dan kadang sakit ketika disentuh. Perubahan kondisi ini terjadi ketika kadar estrogen meningkat, selang beberapa hari sehabis pembuahan. Berbeda jika menstruasi, perubahan kondisi payudara saat sebelum haid itu hanya terjadi sebelum haid saja, dan nanti akan hilang setelah menstruasi.

Perut Kembung

Tak hanya menjelang haid, perut kembung juga dialami wanita hamil. Kembung ini dapat disebabkan meningkatnya progesteron di tubuh sehingga membuat kinerja pada saluran pencernaan jadi lambat. Karenanya, jadi banyak gas yang akhirnya terperangkap di usus.

Bagian Sekitar Puting Lebih Gelap

Pada area sekitar puting yang menggelap merupakan salah satu contoh ciri-ciri orang hamil yang biasa dialami. Tak hanya lebih gelap, ukuran diameter lingkaran juga akan bertambah besar dalam hitungan beberapa minggu setelah proses pembuahan. Perubahan pada area putih tak melulu muncul di awal-awal hamil, terkadang bisa muncul setelah sudah hamil beberapa minggu.

Gampang Lelah dan Sakit Pinggang

Wanita yang hamil umumnya merasa mudah lelah khususnya di masa trimester pertamanya. Adapun faktor utama penyebab mudah lelah yaitu terkait peningkatan kadar progesteron dengan cepat. Di area pinggang juga kadang terasa sakit karena berat badan bertambah serta berubahnya postur tubuh.

Meningkatnya Suhu Tubuh

Di pagi hari sebelum aktivitas, suhu tubuh wanita hamil biasanya mengalami peningkatan. Suhu tubuh pada wanita hamil ini akan tetap tinggi sejak proses ovulasi hingga selama kehamilan.

Sejumlah ciri tadi tentunya belum menjadi jaminan pasti wanita benar-benar hamil. Untuk tahu pastinya tetap harus melakukan tes kehamilan. Untuk menjaga kesehatan kehamilan, rutinlah periksa ke dokter kandungan, konsumsi vitamin, istirahat cukup dan lain-lain. Demikianlah ciri-ciri orang hamil tanpa mual yang biasanya dialami.

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category