Health

6 Tips Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

By Admin |

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak merupakan hal yang akan dilakukan saat kita mengalaminya. Apalagi jika kita harus menghadapi udara di luar rumah yang sedang dingin, atau sering hujan-hujanan, dan badan sedang dalam kondisi kurang fit sehingga mudah tertular sakit dari orang lain.

Penyebab batuk berdahak karena terjadinya infeksi saluran pernafasan diakibatkan masuknya virus. Virus bisa dengan mudahnya masuk ke tubuh kita melalui udara dan saat kita terlalu sering berdekatan dengan orang yang sedang sakit flu.

Saat virus masuk dan mulai bereaksi dalam tubuh, kita akan mengalami beberapa gejala, seperti badan terasa hangat hingga panas, mata berair, kepala sakit, hingga akhirnya kita batuk-batuk dan pilek. Setelah pilek, barulah kita mengalami batuk berdahak.

Batuk berdahak yang biasa terjadi bisa kita alami sekitar seminggu lebih. Memang tidak enak rasanya. Batuk berdahak berarti saat kita batuk itu kita mengeluarkan dahak atau lendir. Warna dahak yang normal adalah putih. Waspada jika warna dahak berubah menjadi lebih gelap, macam hijau, cokelat, merah darah hingga hitam. Kalau sudah begitu, sebaiknya segera datang ke dokter untuk mencegah sakit yang lebih parah lagi.

6 Tips Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

Saat kita mengalami batuk berdahak, dalam prosesnya kita harus merasakan tenggorokan gatal dan sakit karena terlalu sering batuk. Setelah itu, suara menjadi serak dan hilang. Kalau sudah begitu, malas rasanya untuk terlalu banyak bicara, bertemu orang, bahkan badan bisa jadi serba salah.

Untuk itu, saat kita sedang mengalami batuk berdahak, sebaiknya hindari mengkonsumsi es krim, minum minuman yang dingin, dan makan gorengan. Minuman dingin dan makan gorengan merangsang tenggorokan terasa gatal, dan lendir jadi terasa bertambah jumlahnya. Akibatnya kita jadi dipaksa untuk batuk dan batuk lagi. 

Selain itu, sebaiknya jangan keluar malam karena udara malam sangat tidak bagus untuk kesehatan badan. Idealnya, perbanyak istirahat di rumah dan mengurangi berkumpul dengan banyak orang. Apalagi di luar sana, virus covid juga menjadi ancaman jika stamina tubuh kita sedang tidak bagus.

Ada banyak cara bagaimana mengatasi batuk berdahak, bisa secara alami, obat dari dokter dan obat herbal. Jika bayi dan anak-anak mengalami batuk berdahak dengan frekuensi yang terlalu sering, sebaiknya segera dibawa ke dokter anak. Usia anak-anak masih sangat rentan tertular berbagai penyakit, baik yang biasa maupun yang berbahaya. Berbeda dengan orang dewasa yang bisa mengukur kondisi badannya dan mengurus kesehatannya sendiri. Terpenting, jika kita merasa batuk berdahak itu sudah tidak normal lagi, segera konsultasikan ke dokter untuk mengatasinya.

Berikut 6 tips sederhana dan ampuh dalam menghilangkan batuk berdahak yang umum kita alami, yakni:

  1. Lakukan mandi dengan air hangat dan hirup uapnya dalam-dalam hingga badan, terutama tenggorokan terasa hangat;
  2. Makan dan minuman yang terasa hangat di perut dan tidak merangsang tenggorokan gatal, seperti sup ayam, air jahe, air jeruk hangat, wedang jahe, bubur kacang hijau, bubur ayam, atau sup krim jamur;
  3. Minum 1 sendok makan madu, boleh madu pahit bila ada, saat pagi dan malam hari ditambah dengan minum air hangat. Perlu diingat, bayi yang sedang sakit tidak diperbolehkan mengkonsumsi madu karena pencernaannya belum sanggup memprosesnya;
  4. Minum vitamin C, bisa dalam bentuk tablet, buah jeruk, atau minuman hangat. Vitamin C dan multivitamin sangat berguna untuk menjaga stamina tubuh kita;
  5. Minum obat batuk hitam, atau obat dari dokter yang sesuai dengan kondisi tubuh kita masing-masing;
  6. Gunakan sweater atau baju hangat saat harus keluar rumah bila udara sedang dingin. Jangan lupa kenakan masker penutup mulut dan hidung guna menjaga kesehatan diri, orang lain dan lingkungan sekitar. Serta jangan lupa membawa hand sanitizer, saputangan, alat makan pribadi, dan rajin mencuci tangan.

Semua orang pasti sepakat bahwa mengalami batuk berdahak adalah suatu hal yang sangat menjengkelkan. Kita jadi merasa mengganggu orang lain dan sekitar karena suara batuk-batuk yang tidak dapat kita hindari. Buat kita sendiri, tenggorokan jadi tidak nyaman karena gatal dan berlendir hingga suara menjadi serak. Jadi ada baiknya kita mencari Cara Menghilangkan Batuk Berdahak agar tidak terlalu lama mengalaminya. 

Photo by mohamed_hassan / Pixabay

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category