Health

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

By Angel |

Tahukah Anda apa manfaat mengkonsumsi vitamin C? Manfaat vitamin C yang paling populer adalah memperbaiki kesehatan mata. Namun ternyata ada banyak manfaat lainnya.

Manfaat mengkonsumsi vitamin C lainnya melibatkan kesehatan dan kecantikan kulit, tingkatkan imunitas tubuh hingga mempercepat penyembuhan luka dan menekan risiko terkena penyakit kronis.

Dengan segudang manfaat tersebut, tak heran bila makanan mengandung vitamin C banyak dicari.

Manfaat Vitamin C untuk Tubuh

Asam askorbat atau yang lebih dikenal vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk pemenuhan gizi dan nutrisi tubuh. Merangkum dari berbagai website kesehatan, berikut ini manfaat mengkonsumsi vitamin C.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan pada vitamin C memiliki peran penting untuk memproteksi kesehatan mata dari potensi penyakit katarak dan degenerasi makula.

Gangguan penglihatan mata terjadi saat lensa mata jadi keruh sehingga kejernihan penglihatan semakin kabur. Dengan mengonsumsi vitamin C, maka mata terlindungi dari radikal bebas yang berkontribusi cukup besar membuat mata katarak.

Degenerasi makula sendiri penyakit mata yang terjadi saat usia lanjut. Gangguan penglihatan ini terjadi saat bagian tengah retina alias makula ini rusak. Sama halnya dengan katarak, saat Anda cukup mengonsumsi vitamin C maka dapat memproteksi sel-sel mata dari potensi rusak oksidatif.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa vitamin C baik untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih (limfosit dan neutrofil). Saat produksi sel darah putihnya meningkat, maka tubuh dapat terlindungi dari potensi infeksi penyakit tertentu.

Mengutip dari studi Vitamin C and Immune Function, suplemen vitamin C dosis 200 mg per hari bisa mempengaruhi kondisi fisik jadi lebih sehat. Dalam studi tersebut disebutkan lebih spesifik mengonsumsi vitamin C dengan dosis 200 mg ampuh mengatasi flu biasa.

3. Mencukupi Kebutuhan Zat Besi

Apa manfaat vitamin C untuk tubuh selanjutnya? Manfaat mengonsumsi vitamin C membantu tubuh terhindar dari risiko terkena penyakit anemia.

Pasalnya zat besi akan membantu sel darah merah untuk mengikat oksigen dan mengedarkan ke seluruh tubuh. Saat terjadi kekurangan zat besi alias defisiensi besi, dampaknya cukup signifikan karena peredaran oksigen dalam tubuh jadi terhambat.

4. Melindungi Kecerahan dan Kekencangan Kulit

Manfaat selanjutnya untuk menambah kecerahan dan kekencangan kulit. Banyak produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Saat Anda mengoleskannya ke kulit maka dapat mencerahkan bercak kulit yang lebih gelap.

Sedangkan untuk kekencangan kulit, kehadiran vitamin C membantu produksi kolagen dalam tubuh manusia. Dampaknya pembentukan struktur kulit semakin membaik, sel kulit terlindungi dari potensi kerusakan dan penuaan akibat radikal bebas.

5. Membantu Proses Pemulihan Luka Lebih Cepat

Kemudian dampak positif vitamin C untuk membantu proses pemulihan luka lebih cepat. Untuk diketahui bahwa proses penutupan luka terbuka membutuhkan protein dalam jumlah banyak.

Sejalan dengan itu, nutrisi kolagen yang terkandung dalam vitamin C membantu menyembuhkan, menutup, dan membentuk jaringan baru dalam durasi lebih cepat.

Baca Juga: Ketahui Cara Minum Vitamin C Yang Benar Agar Hasil Maksimal Bagi Tubuh

6. Menekan Risiko Berkembangnya Penyakit Kronis

Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi yang mampu mengukuhkan pertahanan alami atau sistem imunitas tubuh.Antioksidan akan memproteksi sel dari molekul berbahaya alias radikal bebas.

Radikal bebas sendiri menjadi penyebab stres oksidatif. Stres oksidatif berkaitan erat dengan penyakit kronis. Untuk mengatasinya, konsumsi vitamin C ampuh meningkatkan kadar antioksidan pada darah sebesar 30%. Dengan kadar sebesar itu mampu membantu tubuh melawan peradangan.

7. Mengakomodasi Pengelolaan Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi esensial dan primer, mengonsumsi suplemen vitamin C dapat menurunkan dan mengelola tekanan darah tinggi jadi turun.

Pasien penderita hipertensi yang mengonsumsi suplemen vitamin C kurang lebih 500 mg per hari dapat menurunkan tekanan sistolik dan diastolik dalam jumlah signifikan. Penurunannya mencapai 4,9 mmHg untuk tekanan sistolik dan 1,7 mmHg untuk diastolik.

8. Mencegah Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan zat limbah di dalam tubuh yang berasal dari hasil senyawa kimia pada makanan pecah. 

Saat kadar asam urat berjumlah besar, gumpalan tersebut akan membentuk kristal asam urat dan tersimpan di dalam sendi. Dari sanalah penyebab terjadinya nyeri dan peradangan yang Anda rasakan.

Untuk mengurangi kadar asam urat tersebut, konsumsi suplemen vitamin C selama 30 hari. Vitamin C tersebut membantu Anda terhindar dari risiko asam urat dan penyakit komplikasinya seperti radang sendi, rematik hingga batu ginjal.

9. Menurunkan Kolesterol

Sebenarnya kolesterol memiliki peran baik untuk fungsi tubuh. Hanya saja bila kadarnya terlalu tinggi dan tak terkontrol, khususnya kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein), dampaknya cukup buruk yakni Anda terkena risiko penyakit jantung dan stroke.

Untuk mengontrol kadarnya, konsumsi suplemen vitamin C sebesar 500 mg per hari untuk mengontrol trigliserida dan kolesterol LDL. Sebab mengonsumsi vitamin C akan membentuk plak aterosklerosis di pembuluh darah.

10. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung vitamin C bagi kesehatan yang terakhir untuk memelihara kesehatan jantung.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa vitamin C menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, hingga memproteksi organ tubuh dari paparan radikal bebas.

Pada suatu penelitian, The American Journal of Clinical Nutrition yang berjudul Antioxidant Vitamins and Coronary Heart Disease Risk: a Pooled Analysis of 9 Cohorts.Dalam penelitian tersebut meneliti lebih dari 293 ribu orang dalam 10 tahun.

Hasil dari penelitian tersebut tertulis bahwa orang yang rutin mengonsumsi vitamin C memiliki persentase risiko terpapar penyakit jantung lebih rendah yakni 25% daripada orang yang tidak.

Bahkan bukan hanya penyakit jantung saja, penyakit jantung koroner, risiko aterosklerosis hingga stroke.

Akibat Kekurangan Vitamin C

Mengutip dari website resmi rumah sakit Ciputra Hospital, tertulis bahwa kebutuhan vitamin C untuk orang dewasa berusia 19-64 tahun sebesar 50 mg per hari. Apa yang terjadi saat tubuh kekurangan suplai vitamin C?

Bagi orang yang kekurangan suplai vitamin C pada tubuh, berisiko tinggi terkena penyakit Scurvy. Gejala penyakit Scurvy mulai dari tubuh gampang lelah, gusi berdarah, luka sukar sembuh hingga anemia.

Dari segi fisik, orang yang menderita kekurangan vitamin C memiliki kulit yang kusam dan kasar, sendi gampang sakit dan terjadi perubahan mood secara mendadak.

Apabila Anda mulai mendeteksi beberapa gejala di atas, maka segera konsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau suplemen vitamin C lainnya.

Waktu Terbaik Mengonsumsi Vitamin C

Sebenarnya semua waktu ideal untuk mengonsumsi vitamin C, tergantung bagaimana kondisi tiap-tiap orang. Bisa jadi orang yang satu cocok mengonsumsi vitamin C di malam hari, namun orang yang berbeda memiliki dampak signifikan bila mengonsumsi vitamin C di malam hari.

Konsumsi vitamin C di malam hari sah-sah saja, namun bila Anda memiliki efek samping berupa gangguan tidur, sebaiknya hindari mengonsumsi di malam hari dan berganti di pagi hari.

Waktu yang disarankan untuk mengonsumsi vitamin C yaitu setelah atau sebelum makan. Apabila Anda mengonsumsi vitamin C setelah makan, beri jeda sekitar 30-40 menit setelah makan untuk mengonsumsi vitamin C. Hal tersebut lantaran agar vitamin C terserap secara menyeluruh ke seluruh tubuh.

Alternatif cara lainnya mengonsumsi vitamin C sebelum makan. Tujuannya agar nutrisi pada vitamin tersebut terserap terlebih dulu sebelum menyerap nutrisi dan zat lain pada makanan. Akan tetapi, bagi penderita maag dan gangguan saluran pencernaan. Mengonsumsi vitamin sebelum makan akan berdampak pada kesehatan.

Melihat dari kasus-kasus di atas maka bisa disimpulkan waktu ideal mengonsumsi vitamin C fleksibel tergantung kondisi masing-masing orang. Yang terpenting Anda mencukupi kebutuhan vitamin C sebesar 500 mg per hari.

Rekomendasi Vitamin C Terbaik untuk Tubuh

Penuhi kebutuhan vitamin C untuk tubuh dengan rekomendasi produk suplemen vitamin C yang terjamin khasiatnya bagi tubuh berikut ini.

Nama Produk

Keunggulan

Nutriwell Vitamin C 300mg Buffered

Suplemen ramah lambung, penurunan risiko gangguan gastrointestinal, serta peningkatan kerja vitamin C

Nuvita C 300mg + Citrus Bioflavonoid

Suplemen ramah lambung yang membantu proses penyerapan vitamin C untuk memproteksi tubuh dari radikal bebas

Natures Plus Vitamin C 500mg S/R

Tingkatkan produksi kolagen, L-karnitin dan neurotransmiter serta menjaga metabolisme protein dan melindungi tubuh dari risiko kanker dan penyakit jantung

Natural Factors VIT-C Buffered 1000 MG

Membentuk antioksidan untuk menangkal radikal bebas berbahaya, meningkatkan produksi kolagen, beberapa hormon, serta membantu penyembuhan luka serta infeksi

Now Vitamin C 1000

Meningkatkan sistem imunitas tubuh, produksi antioksidan, serta kolagen

Natures Health Liposomal Vitamin C 500

Suplemen ramah lambung, meningkatkan pengiriman intraseluler dan bioavailabilitas, meningkatkan kadar kebutuhan vitamin C serta vegetable capsule

KAL C 1000 Mg Buffered

Membantu tingkatkan sistem imunitas tubuh, menguatkan tulang dan gigi, menghaluskan kulit dan suplemen ramah lambung

Wellness Excell C 1000 Mg

Membantu proses regenerasi sel dan penyembuhan luka, menjaga kesehatan dan melancarkan sirkulasi darah, serta mengurangi risiko terkena penyakit demensia dan Alzheimer

Demikianlah informasi mengenai manfaat vitamin C yang dikonsumsi rutin setiap hari bagi tubuh. Sebagai bentuk syukur, sudah sepatutnya Anda menjaga kesehatan tubuh dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya, kan.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category