Sport

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

By Vivi |

Apa itu bulking? Bagi para pemula, mungkin belum terlalu familier dengan istilah ini. Akan tetapi, bila Anda rutin melakukan latihan fisik dan olahraga seperti fitness dan gym akan familier dengan istilah tersebut.

Sederhananya, dapat disimpulkan bahwa definisi latihan bulking merupakan olahraga yang atau latihan yang mengombinasikan antara pembentukan massa otot dan pembentukan tubuh serta memberikan efek pengendalian berat badan.

Strategi bulking program mengandalkan latihan fisik dan tercukupinya asupan nutrisi dan kalori tubuh. Mari simak uraian selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Bulking?

Bulking merupakan program atau strategi untuk meningkatkan dan membentuk massa otot di dalam tubuh melalui program berat badan. 

Program peningkatan berat badan yang dilakukan dengan cara melebihkan kebutuhan harian kalori di dalam tubuh untuk periode tertentu. Idealnya proses bulking berlangsung selama 1 sampai 6 bulan, tergantung targetnya masing-masing.

Saat target berat badan telah tercapai, kemudian pola makan akan diatur untuk menurunkan jumlah asupan kalori secara bertahap. Karenanya saat melakukan program bulking yang benar, Anda tetap perlu melakukan latihan fisik dan olahraga untuk meningkatkan dan mempertahankan kekuatan massa otot.

Manfaat Melakukan Bulking

Manfaat bulking untuk tubuh bukan sekadar membangun massa otot lebih cepat saja. Namun ada manfaat lain yang tak kalah baik untuk kesehatan tubuh.

Program peningkatan berat badan melalui olahraga bulking hanya akan meningkatkan massa otot, sedangkan massa lemaknya akan menurun. Latihan bulking ini membantu proses pembakaran lemak cadangan untuk dikonversi menjadi energi yang dibutuhkan untuk berolahraga.

Sejalan dengan itu, maka tubuh jadi lebih sehat dan bugar saat melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut karena bertambahnya kalori lalu terbakar melalui aktivitas olahraga.

Jenis-Jenis Bulking

Untuk diketahui bahwa gerakan bulking terbagi dalam dua kelompok yaitu dirty bulking dan clean bulking. Dirty bulking adalah jenis latihan untuk meningkatkan berat badan tak terkontrol dengan cara apapun asalkan peningkatan massa dan kekuatan otot tetap terjadi. Jenis latihan bulking ini biasanya jenis latihan resistensi tinggi.

Sementara latihan clean bulking merupakan jenis latihan untuk meningkatkan berat badan dan massa otot dengan bantuan pola makan yang baik. Mengonsumsi makanan dengan kadar nutrisi tinggi dan menghindari konsumsi lemak untuk mendapatkan massa otot ideal lebih cepat.

Latihan bulking yang disarankan ialah jenis clean bulking karena proses latihannya tidak berbahaya dan masih dalam pantauan, khususnya dalam hal kontrol kadar nutrisi yang dibutuhkan tubuh, khususnya kebutuhan asupan kalori di dalam tubuh. Belum lagi bantuan mengonsumsi suplemen gym khusus.

Baca juga: #DidYouKnow? Ternyata Ini Alasan Mengapa Olahraga Bikin Ketagihan!

Perbedaan Bulking dan Cutting

Berbicara tentang program diet, selain program bulking ada lagi program latihan yang disebut cutting. Program cutting merupakan program diet yang fokus menghilangkan lemak di dalam tubuh dengan mengandalkan pertahanan massa otot yang sudah ada. Dalam program cutting, disarankan untuk mengurangi asupan harian kalori tubuh.

Adapun perbedaan antara bulking dan cutting, di antaranya sebagai berikut:

  • Dari segi program latihannya, program bulking mengandalkan kelebihan asupan kalori sedangkan kelebihan cutting yakni mengurangi asupan kalori untuk menurunkan berat badan
  • Dari segi tujuan programnya, program cutting untuk memelihara dan mengendalikan kondisi otot sedangkan program bulking untuk meningkatkan massa otot
  • Dari segi durasi latihan, program cutting memiliki durasi latihan sedikit berkurang dibandingkan durasi latihan program bulking
  • Dari segi penumpukan lemak, program cutting lebih efektif menurunkan kadar lemak dibandingkan program bulking

Cara Melakukan Bulking yang Benar

Meskipun masih ada kelebihan lemak bila melakukan program diet bulking. Akan tetapi, bila Anda melakukan cara bulking di rumah yang benar, potensi penumpukan lemak di dalam tubuh dapat terkontrol dan teratasi.

Adapun cara bulking badan benar, cepat dan tepat, di antaranya sebagai berikut:

  • Mengetahui kebutuhan harian kalori tubuh, sebab nantinya asupan harian kalori tubuh akan bertambah sekitar 10 sampai 20 persen dari total kebutuhan kalori tubuh
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi yang terdiri dari 45-60 persen karbohidrat dan 30-35 persen protein
  • Mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung kadar protein tinggi, karbohidrat, lemak sehat, dan makanan sehat lainnya seperti sayur, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan
  • Meningkatkan durasi dan intensitas olahraga selama program bulking
  • Membuat dan mengontrol jadwal asupan kalori dan latihan fisik
  • Mengonsumsi suplemen gym dan fitness khusus

Rekomendasi Produk untuk Mensukseskan Program Bulking Kamu!

Untuk mengoptimalkan program bulking Anda agar untuk menambah berat badan dengan cara mengandalkan peningkatan massa otot, Anda tetap perlu dibantu dengan suplemen-suplemen khusus yang mengandung nutrisi penting seperti protein dan karbohidrat.

1. Optimum Nutrition Serious Mass

Suplemen Optimum Nutrition Serious Mass membantu proses peningkatan berat badan melalui pengembangan dan pembentukan otot. Sebab kandungan kalorinya yang cukup besar yakni 1.250 kalori dapat membantu pemenuhan kebutuhan asupan kalori tubuh. Kemudian kandungan karbohidrat tanpa gula sebesar 250 gram membantu memberikan energi untuk otot selama masa latihan tanpa meningkatkan lemak.

Optimum memformulasikan nutrisi lain seperti creatine, glutamine dan glutamic acid untuk menunjang penampilan fisik dengan menjaga massa otot. Bila Anda sedang berlatih meningkatkan berat badan sekaligus membentuk  tubuh, mengonsumsi suplemen ini akan membantu proses bulking lebih cepat. Khusus para atlet, mengonsumsi suplemen Optimum Nutrition Serious Mass membantu proses latihan dengan memberikan energi dan membantu proses recovery pasca latihan fisik.

2. Pro Complex Gainer

Suplemen lain yang tak kalah efektif untuk membentuk massa otot yakni Pro Complex Gainer. Di dalam satu takaran sajinya mengandung 650 kalori dan 85 gram karbohidrat yang memberikan energi untuk otot sehingga proses latihan fisik Anda jadi lebih efektif.

Setelah melakukan latihan fisik dan berolahraga, Anda bisa mengonsumsi kembali Pro Complex Gainer untuk mengembalikan energi. Cara mengonsumsinya cukup mudah, Anda bisa mencampurkan langsung dengan air, melakukan shaker atau menggunakan blender. Terdapat pilihan ukuran yaitu 5,09LB dan 10,19LB dengan varian rasa yang sama yakni double chocolate.

3. BSN True Mass 1200

Formula suplemen BSN True Mass 1200 terdiri dari protein dan karbohidrat dengan ratio perbandingan 4:1, di mana kadar protein sebesar 50 gram dan kadar karbohidrat 214 gram. Belum lagi kandungan kalorinya untuk mencukupi asupan harian kalori tubuh sebesar 1220 kalori.

Kandungan nutrisi lainnya yang efektif untuk meningkatkan massa otot, memberikan energi untuk otot selama berolahraga, hingga membantu proses recovery pasca latihan fisik di antaranya BCAA, asam amino esensial, serat dan minyak trigliserida rantai. Terdapat tiga varian rasa di antaranya vanilla, strawberry dan cokelat.

Begitulah definisi dan penjelasan selengkapnya mengenai program bulking. Perlu diingat bahwa hanya mengonsumsi suplemen saja tidak cukup untuk meningkatkan dan membentuk massa otot. Anda tetap harus melakukan latihan fisik dan olahraga dan konsumsi makanan bernutrisi.

Untuk menemukan suplemen dan multivitamin terbaik dan teraman untuk Anda, pasangan dan keluarga bisa ditemukan di website Natural Farm.

Yuk, investasikan kesehatan sejak dini!

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category