Lifestyle

Apa Itu Vegan? Bagaimana Manfaatnya dan Rekomendasi Asupannya?

Apa Itu Vegan?

Vegan sebenarnya merupakan salah satu tipe vegetarian, tetapi batasan jenis makanan yang dikonsumsi pada pola makan ini lebih ketat. Sebagian orang menganggap pola makan vegan sebagai versi ekstrem dari gaya hidup vegetarian.

Vegan adalah gaya hidup yang berupaya untuk menghindari semua bentuk eksploitasi terhadap hewan, termasuk untuk dijadikan makanan, pakaian, kosmetik, atau tujuan lainnya. Oleh karena itu, pola makan vegan tidak hanya menghindari daging hewan, tetapi juga produk susu, telur, dan bahan makanan yang berasal dari hewan. Bahan makan tersebut meliputi gelatin, madu, whey, kasein, albumin, dan suplemen minyak ikan.

Apa Saja Manfaat Menjadi Seorang Vegan?

  1. Efektif turunkan berat badan
    Bagi yang memiliki kelebihan berat badan, diet vegan bisa membantu menurunkannya. Berdasarkan banyak studi observasi, orang vegan cenderung lebih langsing dan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dibandingkan dengan non-vegan. Bahkan menurut Journal of the American College of Nutrition, diet vegan lebih efektif menurunkan berat badan ketimbang jenis diet lainnya. Bahkan ketika seseorang tidak rutin menjalani diet vegan, kemungkinan menurunkan berat badan tetap lebih tinggi ketimbang yang lainnya.
     
  2. Kaya nutrisi
    Ketika seseorang menekuni diet vegan, artinya produk hewani seperti daging dan produk turunan hewan lainnya sudah dicoret. Penggantinya adalah gandum utuh, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan juga buah.
    Terbukti dalam studi dari Jerman pada tahun 2020 lalu yang mencatat bahwa orang vegan mengonsumsi lebih banyak antioksidan, serat, serta vitamin dan mineral. Namun tentu saja, ada risiko seseorang juga kekurangan nutrisi terutama asam lemak esensial jika menjalani diet tanpa produk hewani ini. Oleh sebab itu, penting untuk memilih makanan dengan tepat. Apabila diperlukan, berikan suplemen vitamin B12, vitamin D, zinc, atau kalsium yang rentan kurang dimiliki orang vegan.
     
  3. Menurunkan kadar gula darah
    Bagi penderita diabetes tipe 2, diet vegan layak dicoba karena dapat menurunkan kadar gula darah. Bahkan, sensitivitas insulinnya juga lebih tinggi sehingga risiko mengalami atau memburuknya diabetes tipe 2 berkurang. Berdasarkan studi tim dari University of North Carolina, diet vegan dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes dibandingkan dengan jenis diet lainnya.
     
  4. Optimalkan fungsi ginjal
    Manfaat diet vegan lainnya adalah menjaga penurunan fungsi ginjal. Berdasarkan riset yang dipublikasikan di World Journal of Nephrology, mengganti daging dengan olahan protein plant-based dapat mengurangi risiko penurunan fungsi ginjal. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan hal ini.
     
  5. Melindungi dari kanker
    Salah satu faktor penting untuk mencegah terjadinya kanker adalah dengan menjaga pola makan. Ini juga merupakan salah satu manfaat diet vegan. Sebagai contoh, mengonsumsi legume secara rutin dapat menurunkan risiko mengalami kanker usus. Selain itu, cukup mengonsumsi sayuran dan buah juga menurunkan risiko menderita penyakit kanker hingga 15%. Fakta ini tercatat dari penelitian tim University of Florence, Italia, pada tahun 2017 lalu.
    Menghindari produk hewani tertentu dapat mengurangi risiko mengalami kanker prostat, kanker payudara, dan juga kanker usus. Namun perlu diingat bahwa studi yang menyoroti hal ini sifatnya observasional. Artinya, mustahil menentukan secara pasti apa penyebab orang vegan berisiko lebih rendah mengalami penyakit kanker.
     
  6. Risiko penyakit jantung berkurang
    Jika ada diet yang menurunkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung, diet vegan bisa jadi jawaban. Bahkan, berdasarkan studi observasional Departemen Nutrisi Loma Linda University California, risiko orang vegan mengalami tekanan darah tinggi menurun 75%.
    Manfaat diet vegan juga lebih efektif dalam mengendalikan kolesterol jahat dan kadar gula darah dibandingkan dengan jenis diet lainnya. Tentu ini penting untuk kesehatan jantung, mengingat kolesterol, tekanan darah, dan juga kadar gula darah berkaitan erat dengan risiko terjadinya penyakit jantung.
     
  7. Kurangi nyeri arthritis
    Penderita arthritis juga mungkin merasakan nyeri berkurang jika menjalani diet vegan. Sebuah observasi dari Michigan State University College of Human Medicine menemukan bahwa 40 penderita arthritis yang mengonsumsi diet vegan selama 6 pekan merasakan perubahan. Mulai dari level energi meningkat hingga fungsi tubuh secara umum menjadi lebih optimal. Selain itu, beberapa gejala seperti nyeri, bengkak di sendi, serta rasa kaku di pagi hari juga jauh berkurang bagi yang menjalani diet vegan. Sebab, orang vegan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, probiotik, dan juga serat.

Dari Mana Vegan Mendapatkan Asupan?

Karena banyak makan sayur, buah, dan biji-bijian, diet vegan adalah pola makan yang tinggi serat, magnesium, asam folat, vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan yang banyak bersumber dari tumbuhan.

Bagaimana dengan protein dan karbohidratnya? Tenang. Banyak produk nabati yang tinggi karbohidrat serta protein. Sebut saja gandum, alpukat, beras coklat, kentang, tempe, tahu, bayam, kacang hijau, kacang polong, kacang buncis, hingga kacang merah. Meski sumber makanan yang bisa dimakan tampak sangat terbatas, menu makanan vegan sebenarnya sangat banyak dan beragam. Kuncinya Anda harus pandai-pandai dalam memilih dan kreatif mengombinasikan berbagai makanan untuk menciptakan menu baru.

vegan

Apakah Ada Produk Rekomendasi Yang Cocok Untuk Vegan?

Dynamic Health: Teman Vegan Anda

  1. Dynamic Health Apple Cider Vinegar 473 ml
    Dynamic Health Apple Cider Vinegar with Mother terbentuk secara alami tanpa proses pasteurisasi dan penyaringan, serta kaya manfaat diantaranya: membantu menurunkan kadar kolesterol, menurunkan berat badan, dan lain-lain.
  2. Dynamic Health Pure Cranberry Concentrate 8 Oz
    Mengandung 100% konsentrat sari buah Cranberry tanpa pemanis, pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Cranberry kaya akan Antioksidan, mengandung Vitamin C, Polifenol, Flavonoid, dan Quercetin. Kandungan antioksidan yang disebut proanthocyanidins dalam Dynamic Health Pure Cranberry Concentrate dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Kandungan quercetin membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus. Cranberry memiliki kalori dan kandungan gula yang rendah.
  3. Dynamic Health Pure Pomegranate Concentrate 8 Oz
    Mengandung 100% konsentrat jus Pomegranate tanpa pemanis, pengawet, dan bahan tambahan lainnya. Delima adalah salah satu buah dengan kandungan antioksidan yang kuat yaitu punicalagin alami, mengandung polifenol, asam ellagic dan galat. Kandungan buah delima bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung danmenurunkan kadar kolesterol.

Kenapa kita harus memilih produk Dynamic Health?

  • 100% Jus Konsentrat
  • Kaya antioksidan
  • Mengandung flavonoid
  • Cocok untuk Vegan
  • Bebas gluten
  • Tanpa pemanis, pengawet dan bahan tambahan lain

Artikel ini semoga dapat bermanfaat untuk kalian ya, Natural Buddy! Jangan lupa untuk terus pantengin website Natural Farm dan Instagram Natural Farm untuk dapat mengetahui info bermanfaat dan promo menarik lainnya. Stay Happy Healthy Habits! ☺

 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/menjalani-diet-vegan-apa-manfaatnya