Health

Probiotik: Bakteri Baik yang Bermanfaat Banyak Bagi Kesehatan

Kalau mendengar kata “bakteri”, pasti kebanyakan orang berpikiran bahwa ini salah satu organisme berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit. Tapi perlu kamu tahu bahwa bakteri tak melulu mengundang penyakit lho! Bahkan ada bakteri yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, biasanya kita menyebutnya dengan istilah “bakteri baik” atau yang lebih dikenal dengan probiotik. Kira-kira apa saja ya manfaat yang bisa diberikan oleh ‘bakteri baik” satu ini ya? Atau kamu sejenak berpikir dari mana ya bisa mendapatkan sumber probiotik terbaik bagi tubuh? Kamu bisa cari tahu semuanya dan simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Apa itu Probiotik?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai berbagai manfaat atau pembahasan lebih dalam lainnya, ada baiknya jika kamu tahu tentang apa itu probiotik. Sementara ketika ditanyakan tentang apa definisinya, probiotik adalah mikroorganisme kecil yang memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi inangnya atau tubuh manusia. Perlu kamu tahu, di dalam tubuh itu terdapat banyak bakteri yang bisa mengancam kesehatan. Tak heran jika tubuh kita bergantung terhadap mikroorganisme untuk tetap menjaga kesehatan, dan probiotik ini menjadi salah satu mikroorganismenya.

Melansir dari medicine.net, kata probiotik itu berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari kata “pro” yang berarti mempromosikan dan “biotik” yang mempunyai arti kehidupan. Probiotik awalnya muncul pada awal abad ke 10-an yang diperkenalkan oleh Elie Metchnikoff, seorang yang dikenal dengan julukan “Bapak Probiotik”. Awal penemuan probiotik dimulai ketika beliau hidup di sebuah pedesaan di Bulgaria. Di sana banyak sekali orang-orang berumur panjang meskipun sering berhadapan dengan masalah kelaparan atau kehidupan lebih keras. Dari sini ia mulai melakukan sebuah penelitian, sampai ia berpendapat bahwa kesehatan warga di sana bisa meningkat berkat peran bakteri baik di usus yang diperoleh dari minuman susu asam berprobiotik. Sejak saat itulah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan penemuan Elie di bidang probiotik.

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan

Setelah dilakukan berbagai penelitian, mulai terungkap beberapa manfaat baik untuk kesehatan yang didapat dari probiotik. Pada dasarnya, probiotik ini dikenal sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan, terutama pada bagian usus. Sama seperti filosofi dari namanya, probiotik berperan untuk mempromosikan keseimbangan bakteri dan membuat usus menjadi sehat sehingga mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini ada beberapa manfaat dari probiotik yang harus kamu tahu.

  1. Menjadi bakteri baik yang menjaga kesehatan pencernaan
    Ketika bakteri yang ada pada pencernaan bisa dibilang tidak seimbang, maka kamu akan berisiko terkena berbagai masalah pencernaan seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau iritasi yang terjadi pada usus, diare, atau sembelit. Probiotik ini bisa memberikan manfaat baik karena kemampuannya yang dapat mengembalikan keseimbangan alami bakteri pada usus. 
     
  2. Meningkatkan kesehatan mental
    Beberapa penelitian yang sudah dilakukan menyebutkan bahwa probiotik ini sering dihubungkan dengan kesehatan mental ataupun mood seseorang. Salah satunya adalah penelitian yang melibatkan 40 pasien dalam kondisi depresi. Setelah mengonsumsi berbagai makanan atau suplemen probiotik selama 8 minggu, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat penurunan tingkat depresi secara signifikan serta mengurangi kadar protein C-reaktif (penanda peradangan), dan hormon insulin.
     
  3. Menjaga kesehatan jantung
    Probiotik juga bisa bantu jaga kesehatan jantung karena perannya yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low-Density Lipoprotein (LDL) dan tekanan darah. Manfaat ini diketahui berkat tinjauan dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, dalam penelitian tersebut menemukan bahwa mengonsumsi yogurt probiotik selama 2 sampai 8 minggu dapat mengurangi kolesterol hingga 4% dari kolesterol LDL sebesar 5%. Selain itu ada juga tinjauan yang menemukan bahwa suplemen probiotik dapat mengurangi tekanan darah walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak.
     
  4. Membantu tingkatkan daya tahan tubuh
    Probiotik juga mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan bakteri usus yang berbahaya. Beberapa probiotik sudah terbukti bisa meningkatkan produksi antibodi alami di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, bakteri ini juga dapat meningkatkan kekebalan seperti sel penghasil IgA, limfosit T, dan natural killer atau sel memerangi infeksi dan kanker di dalam tubuh.
     
  5. Menurunkan berat badan dan lemak perut
    Melansir dari WebMD, probiotik juga bisa bermanfaat untuk bantu menurunkan berat badan melalui mekanisme yang berbeda. Di antaranya dari fungsinya dalam menyerap lemak di usus yang kemudian dikeluarkan menjadi feses. Probiotik juga dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama, membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan lebih sedikit lemak. Reaksi ini sebagian disebabkan oleh peningkatan kadar hormon tertentu, seperti GLP-1. Mengenai manfaat ini juga sudah didukung oleh beberapa penelitian, salah satunya pernah dilakukan studi terhadap 210 orang yang mengonsumsi Lactobacillus gasseri dosis rendah selama 12 minggu, hasilnya menunjukkan pengurangan lemak perut sebanyak 8,5%. 

Efek Samping dan Risiko

Setelah melihat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari probiotik, pastinya kamu sempat mempertimbangkan nutrisi ini menjadi salah satu asupan yang harus dipenuhi bukan? Tapi masalah yang wajib kamu tahu adalah bahwa probiotik pun mempunya efek samping atau risiko yang bisa dirasakan ketika dikonsumsi. Salah satu yang paling sering dirasakan oleh kebanyakan orang adalah masalah gas dan kembung pada pencernaan. Jika kamu merasakan reaksi yang parah hingga sakit perut, ada baiknya kamu kurangi asupan Colony Forming Units (CFU) hariannya.

CFU ini sendiri merupakan unit-unit satuan pembentuk koloni yang terdapat dalam probiotik. Biasanya dosis yang direkomendasikan untuk konsumsi probiotik yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah  1–10 miliar CFU’s per hari. Sedangkan jika kamu mengonsumsinya dalam bentuk suplemen dosis hariannya adalah 250–500 mg. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memperhatikan asupannya, khusus suplemen biasanya ada informasi yang dicantumkan.

Cara Mendapatkan Probiotik

Setelah mengenal lebih dalam tentang probiotik, mulai dari sejarahnya, manfaatnya hingga risiko dan efek samping, sekarang waktunya memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan nutrisi probiotik. Pada dasarnya ada dua sumber probiotik yang bisa kamu dapatkan, yaitu makanan probiotik dan suplemen probiotik. 

Pertama, ada beberapa makanan probiotik yang dikenal sebagai sumber probiotik paling baik, dan akan lebih baik bila dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan, di antaranya:

  • Yogurt.
  • Kefir, hasil fermentasi susu kambing yang dicampur dengan kefir grain.
  • Sauerkraut, hasil fermentasi dari kol.
  • Tempe
  • Kimchi

Rekomendasi Produk Suplemen Probiotik Terbaik

Alternatif kedua jika kamu kurang suka dengan beberapa makanan di atas, kamu bisa memenuhi asupan probiotik dengan mengonsumsi beberapa suplemen. Terlebih lagi untuk saat ini kamu bisa mendapatkan suplemen di pasaran. Bingung untuk memilih suplemen probiotik terbaik? Kamu bisa menjadikan suplemen probiotik Kyolic Dophilus With Enzymes + Probiotic sebagai pilihannya.

Kyolic Dophilus With Enzymes + Probiotic

Kyo-Dophilus Enzymes + Probiotic mengandung empat enzim pencernaan dikombinasi dengan tiga strain probiotik yang disebut The Friendly Trio (L. gasseri, B.bifidum, B.longum). Kandungan enzim Protease, Laktase, Amilase, dan Lipase membantu memecah protein, lemak, karbohidrat dan susu menjadi unsur nutrisi yang dapat diserap tubuh

Keunggulan

  • Non GMO.
  • Tidak mengandung susu, ragi, gluten, pengawet,  pewarna dan perasa buatan.
  • Strain probiotik telah diverifikasi identitasnya menggunakan sekuensing DNA.
  • Penyimpanan tidak perlu pada lemari pendingin.

Manfaat

  • Suplemen probiotik ini menjaga fungsi sistem pencernaan yang sehat.
  • Membantu mengurangi gas dan kembung.
  • Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus.
  • Membantu mengoptimalkan proses pencernaan nutrisi.
  • Mendukung fungsi kekebalan tubuh.
  • Membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

Saran Penggunaan

Dewasa 2 kali sehari 1 kapsul, sesudah makan.

 

 

Source:

https://health.kompas.com/read/2021/06/04/150300668/8-manfaat-probiotik-untuk-kesehatan-yang-sayang-dilewatkan?page=all 

https://www.healthline.com/health/probiotics-and-digestive-health#benefits 

https://www.naturalfarm.id/product/kyolic-dophilus-with-enzymes-probiotic-120-capsules