Health

Apakah Diabetes Bisa Sembuh? Ini Pembahasannya!

By Admin |

Tidak sedikit penderita diabetes yang pesimis tentang kesembuhan penyakitnya. Pasalnya, muncul banyak stigma yang menyatakan bahwa penyakit diabetes tidak bisa sembuh. Lantas, apakah diabetes bisa sembuh? Bagi Anda yang memiliki pertanyaan serupa, berikut pembahasannya.

Apakah Diabetes Bisa Sembuh?

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Di mana sudah diketahui bahwa glukosa atau jenis gula ini menjadi sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Nah, pada penderita diabetes, glukosa tidak dapat digunakan oleh tubuh sehingga memberikan dampak kurang baik bagi tubuh.

Berdasarkan kondisi di atas, banyak yang beranggapan bahwa penyakit satu ini tidak bisa disembuhkan dan tidak sedikit muncul pertanyaan apakah diabetes bisa sembuh

Jawabannya, adalah tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, meskipun penyakit satu ini tidak bisa disembuhkan secara total, Anda bisa mengambil tindakan penyembuhan atau kontrol supaya dampak yang dirasakan penderita tidak terlalu parah.

Artinya, Anda tetap bisa mempertahankan kadar gula darah supaya tetap normal sehingga bisa terhindar dari komplikasi atau sebuah penyakit lanjutan yang lebih berat dari penyakit yang diderita sejak awal.

Cara Mengendalikan Penyakit Diabetes

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan penyakit diabetes adalah sebagai berikut:

1. Melakukan pemeriksaan secara berkala

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan penyakit diabetes adalah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala. Pemeriksaan yang dilakukan bisa ditujukan kepada dokter sebagai ahlinya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui langkah paling tepat jika tiba-tiba terjadi sesuatu pada tubuh Anda akibat adanya penyakit diabetes yang diderita.

2. Minum obat dengan rutin

Setelah melakukan pemeriksaan, umumnya Anda akan mendapatkan rekomendasi obat yang bisa ditebus di apotik atau pihak rumah sakit itu sendiri. Nah, setelah Anda mendapatkan resep obat dari dokter, selanjutnya tinggal minum obat tersebut dengan rutin supaya gula darah Anda bisa dikontrol dengan baik.

3. Olahraga rutin

Olahraga rutin juga bisa menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes. Dengan berolahraga ringan secara rutin, bisa membantu mewujudkan pola hidup sehat sehingga penderita diabetes terhindar dari datangnya penyakit turunan.

4. Menjaga asupan makan

Pola hidup sehat lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga asupan makan. Diperlukan adanya perhitungan yang tepat dari para ahli dalam menentukan kebutuhan kalori setiap harinya. Cara ini bisa memudahkan Anda dalam menentukan diet standar yang diberikan kepada penderita diabetes.

5. Mengelola stress

Selain beberapa hal di atas, penting bagi Anda mengelola stress supaya tidak terkena penyakit lain yang mudah datang ketika imun tubuh menurun akibat stres. 

Itulah beberapa pembahasan seputar cara mengendalikan penyakit diabetes lengkap dengan jawaban dari pertanyaan apakah diabetes bisa sembuh atau tidak.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category