Health

Apakah Penyebab Penyakit Asma Pada Anak – Anak ?

By Admin |

Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang pernapasan dan sudah tidak asing lagi. Asma ini dapat menyerang siapapun, tetapi pada anak ada beberapa faktor penyebabnya sehingga memiliki gejala yang berbeda. Lalu, apakah penyebab penyakit asma pada anak ini dan bagaimana cara mengobatinya, simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab dan Pemicu Asma Pada Anak – anak 

Penyebab penyakit asma pada anak umumnya berasal dari faktor genetik yang ada dalam keluarga dengan beberapa anggota keluarga yang mempunyai riwayat asma. Bukan faktor genetik saja, masih ada berbagai hal yang lainnya bisa menjadi pemicu asma pada anak, antara lain:

1. Faktor bawaan dari lahir.

2. Infeksi pada saluran pernapasan yang terjadi berulang dengan keadaan yang parah, termasuk pilek, pneumonia, bronkitis, dan juga infeksi sinus.

3. Anak terpapar dengan pemicu alergi tertentu (alergen), misalnya tungau, debu, bulu hewan peliharaan, serta serbuk sari.

4. Terkena paparan polusi udara, bahan kimia, udara dingin, bau, maupun asap yang mengganggu saluran udara pada anak. 

5. Olahraga maupun aktivitas fisik yang dijalani anak terlalu berat.

Cara Mengatasi Asma yang Terjadi Pada Anak 

Setelah kita mengenal apakah penyebab penyakit asma, maka harus mengetahui cara mengobati penyakit asma. Sebenarnya penyakit asma ini tidak dapat disembuhkan, tetapi gejalanya dapat dicegah dan dikendalikan. Agar asma pada anak tidak mudah kambuh kembali, Anda dapat mengikuti beberapa tips ini:

1. Memberikan terapi oksigen 

Anak yang menderita asma dapat mengalami penurunan jumlah oksigen saat gejala asma yang dimilikinya kambuh. Jika nantinya anak mengalami hal tersebut, pengobatan asma ini sebaiknya disertai dengan menggunakan terapi oksigen. Terapi oksigen ini begitu penting untuk dapat mencegah dan juga mengatasi kondisi terjadinya hipoksia atau rendahnya kadar oksigen yang ada di dalam darah. Bila tidak diobati dengan tepat, hipoksia ini sangat berpotensi menyebabkan anak mengalami kerusakan organ dan juga kematian.

2. Kenali munculnya gejala asma kambuh 

Faktor penyebab munculnya penyakit asma untuk setiap anak akan berbeda-beda. Namun, gejala asma ini umumnya bisa muncul ketika anak terpapar dengan asap rokok, udara dingin, debu, polusi udara, atau ketika melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

Oleh sebab itu, Anda harus mengenali dan mencatat apa saja faktor dari pemicu asma pada anak, barulah sebisa mungkin jauhkan anak dari faktor pemicu tersebut. Terkadang, stres dan juga gangguan cemas juga dapat membuat gejala penyakit asma mudah kambuh.

Apakah penyebab penyakit asma pada anak ini tidak bisa dianggap sepele begitu saja karena bisa membahayakan anak itu sendiri. Jika anak Anda mengalami asma, Anda harus mengenali apa saja faktor penyebab gejala asma yang dialaminya tersebut dan sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category