Sport

Ini 5 Manfaat Asam Amino Untuk Olahraga Yang Optimal

Apa Itu Asam Amino?

Amino acid atau asam amino adalah protein yang sudah dipecah melalui proses metabolisme menjadi molekul-molekul kecil. Dengan demikian, sel-sel tubuh akan lebih mudah menggunakan zat ini untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mendukung proses pemulihan luka hingga pembentukan sel baru.

Amino acid atau asam amino adalah bentuk paling sederhana dari protein. Di dalam tubuh, protein yang Anda peroleh dari berbagai macam makanan, seperti telur, ikan, daging, dan ayam, akan diolah melalui proses pencernaan dan metabolisme.

 

Apa Saja Jenis-Jenis Asam Amino?

Asam amino terdiri dari berbagai jenis, tepatnya ada 20 jenis asam amino yang berperan penting bagi kesehatan tubuh. Namun, secara umum, asam amino tergolong menjadi 2 jenis utama, yaitu:

  • Asam amino esensial, merupakan jenis asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan atau minuman. 
  • Asam amino nonesensial, merupakan jenis asam amino yang dapat diproduksi oleh tubuh.

 

Apa Saja Manfaat Asam Amino Untuk Olahraga?

1. Meningkatkan massa otot

Salah satu manfaat asam amino yang paling terkenal adalah mampu meningkatkan pertumbuhan otot. Salah satu kandungan pada asam amino diketahui dapat mengaktifkan enzim yang berfungsi untuk merangsang pembentukan massa otot. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda juga perlu melakukan olahraga yang berfokus untuk melatih otot, misalnya angkat beban.

2. Mengurangi nyeri otot

Nyeri otot setelah olahraga adalah hal yang sering terjadi, apalagi jika Anda sedang mencoba jenis olahraga baru atau baru berolahraga lagi setelah sekian lama. Biasanya, nyeri ini biasanya muncul dalam waktu 12–24 jam dan bisa berlangsung hingga 3 hari.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asam amino melalui makanan atau suplemen sebelum berolahraga terbukti dapat membantu mengurangi nyeri otot setelah olahraga dan mencegah kerusakan pada otot yang dilatih.

3. Mengurangi kelelahan selama olahraga

Selain membantu mengurangi nyeri otot, asam amino juga dapat membantu mengurangi kelelahan fisik dan mental selama berolahraga, terutama bagi orang yang jarang melakukannya. Asam amino ini bekerja dengan cara mengurangi produksi serotonin, zat kimia di otak yang memberikan sinyal lelah, selama Anda berolahraga.

4. Mencegah atrofi otot

Manfaat asam amino selanjutnya adalah membantu mencegah atrofi otot atau pengecilan massa otot. Hal ini biasanya terjadi karena kekurangan gizi pada penyakit tertentu, seperti kanker atau infeksi kronis, dan juga akibat penuaan.

Otot terdiri dari protein, yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Pada manusia, 35% asam amino yang ada pada otot adalah asam amino. Jadi, konsumsi asam amino dapat berperan besar dalam mencegah atau setidaknya memperlambat pengecilan massa otot.

5. Mengurangi risiko terjadinya komplikasi akibat penyakit hati

Manfaat asam amino dalam mengurangi risiko terjadinya kompikasi pada sirosis, yaitu penyakit hati dengan komplikasi yang sering kali berakibat fatal, telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam amino atau suplemen asam amino terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko terjadinya ensefalopati pada penderita sirosis. Tak hanya itu, mengonsumsi suplemen asam amino dalam jangka panjang juga diduga dapat melindungi penderita sirosis dari komplikasi kanker hati. Dengan melihat manfaat-manfaat asam amino di atas, rasanya sayang untuk melewatkan asam amino ini di dalam asupan nutrisi Anda. Kebutuhan asam amino yang perlu dikonsumsi setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada tujuan konsumsinya.

Rata-rata orang dewasa perlu mendapatkan asupan asam amino minimal 9–12 gram setiap harinya. Ini kira-kira setara dengan 100 gram daging sapi ditambah 100 gram dada ayam. Sementara untuk orang yang ingin membangun otot, asam amino yang dibutuhkan adalah sekitar 10–20 gram per hari. Selain dari makanan, asupan asam amino untuk membentuk otot juga bisa didapatkan dari suplemen. Meski umumnya aman dikonsumsi, asam amino tidak dianjurkan bagi penderita ALS atau penyakit Lou Gehrig. Orang yang menderita penyakit urine sirup mapel juga harus membatasi asupan asam amino karena tubuhnya tidak bisa memecah protein dengan baik.

waktu mengkonsumsi asam amino

Kapan Waktu Yang Tepat Mengonsumsi Suplemen Asam Amino?

Waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen asam amino yakni sebelum dan/atau setelah olahraga. Meski begitu, orang-orang yang ingin meningkatkan massa ototnya juga bisa mengonsumsi suplemen ini pada pagi hari atau sebelum tidur.

Asam amino adalah suplemen yang mengandung asam amino esensial yang berperan penting dalam pembentukan dan pemeliharaan massa otot. Sebelum mengonsumsi suplemenasam amino, pastikan bahwa Anda memahami fungsi dan dosisnya. Sesuaikan pula dengan kebutuhan Anda sehingga mendapatkan hasil terbaik.

amino energy

Apa Produk Asam Amino Yang Tepat?

Optimum Nutrition Amino Energy Grape mengandung 5 gr Amino dan 100 mg Kafein bersumber dari green tea extract dan green coffee extract. Kombinasi Amino dan Kafein dirancang untuk mememberi tambahan energi dan konsentrasi sehingga dapat meningkatkan intensitas latihan dan olahraga. Amino Energy dapat dikonsumsi kapan saja saat membutuhkan tambahan energi untuk beraktivitas. Optimum Nutrition Amino Energy juga terdiri dari rasa green apple dan orange.

Manfaat

  • Membantu meningkatan fokus dan konsentrasi saat berolahraga
  • Membantu meningkatkan energi
  • Membantu proses pemulihan otot setelah berolahraga

Petunjuk Penggunaan

  • Campurkan 2 Scoops kedalam 400 ml air dingin lalu diaduk hingga tercampur
  • Waktu terbaik menggunakan Amino Energy 30 menit sebelum berolahraga 
  • Dapat digunakan kapan saja saat membutuhkan energi untuk beraktivitas

 

So, sekian dulu nih artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian ya, Natural Buddy! Jangan lupa untuk terus pantengin website Natural Farm dan Instagram Natural Farm untuk dapat mengetahui info bermanfaat dan promo menarik lainnya. Stay Happy Healthy Habits! ☺


 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/pengertian-asam-amino/ 

https://hellosehat.com/nutrisi/gizi-olahraga/manfaat-mengonsumsi-suplemen-bcaa/