Lifestyle

13 Cara Menghilangkan Stretch Mark Terbaik dan Aman Bagi Kulit

Apa Itu Stretch Mark?

Stretch mark adalah guratan yang sering nampak pada kulit bagian tubuh yang banyak mengandung lemak, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, paha, dan bokong. Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu.

penyebab stretch mark

Apa Saja Penyebab Stretch Mark?

Stretch mark adalah masalah kulit yang terjadi akibat adanya peregangan. Kondisi ini bisa diperparah oleh beberapa faktor, termasuk genetik (keturunan) hingga peningkatan hormon kortisol.

Kortisol adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh kelenjar adrenal. Jika hormon kortisol yang diproduksi terlalu banyak maka kulit bisa kehilangan elastisitasnya. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang mengalami stretch mark, yakni:

  • Sedang hamil
  • Pertumbuhan yang sangat cepat
  • Peningkatan atau penurunan berat badan secara cepat
  • Penggunaan kortikosteroid
  • Penggunaan steroid anabolik
  • Pascaoperasi pembesaran payudara
  • Memiliki kondisi medis, seperti sindrom Cushing atau sindrom Marfan

Bagaimana Cara Mengatasi Stretch Mark?

  1. Konsumsi air putih
    Air putih tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya sebagai cara menghilangkan stretch mark. Untuk menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, usahakan konsumsi 8-10 gelas air putih.
     
  2. Kopi
    Cara menghilangkan stretch mark lainnya bisa dilakukan dengan cukup mudah dan sederhana. Campur biji kopi yang baru dihaluskan secara langsung dengan air hangat sampai membentuk pasta. Kemudian, oleskan secara rutin pada bagian guratan berwarna putih atau area yang terkena.
     
  3. Bubuk cokelat
    Pertama siapkan terlebih dahulu bubuk coklat tawar (belum ada tambahan pemanis). Kemudian, buat semacam pasta atau krim dengan cokelat tersebut. Pastikan pasta yang kamu buat tidak terlalu cair dan pekat. Oleskan pasta cokelat tersebut pada bagian kulit yang bermasalah, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.
     
  4. Kokoa butter
    Kokoa butter merupakan sejenis lemak yang berasal dari pohon kakao yang sudah banyak ada dalam bentuk lotion dan sunblock. Gunakan bahan alami ini sebagai cara menghilangkan stretch mark pada paha dan perut. Caranya cukup dengan mengoleskannya sebelum tidur dan setelah bangun tidur minimal 2 kali sehari.
     
  5. Minyak jarak
    Cara menghilangkan stretch mark menggunakan minyak jarak cukup mudah. Oleskan minyak jarak tersebut secara merata pada bagian yang mengalami guratan selama 30 menit sehari sebelum dibilas.
     
  6. Putih telur
    Kamu bisa menggunakan telur ayam atau bebek yang mengandung protein tinggi. Pecahkan dan pisahkan antara kuning dan putih telurnya, lalu kocok putih telur sampai mengeluarkan sedikit busa atau buih. Oleskan putih telur tersebut secara merata pada bagian stretch mark selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.
     
  7. Kentang
    Cara menghilangkan stretch mark dengan kentang ini terbilang mudah dilakukan. Kamu cukup mengirisnya tebal dan mengoleskan secara merata pada bagian yang terkena guratan. Alternatif lain, bisa juga membuat masker kentang.
     
  8. Lidah buaya atau aloe vera
    Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada bagian stretch mark. Namun, agar gel tersebut bisa meresap secara optimal, beri pijatan secara lembut selama 10 menit dan diamkan selama 45 menitan. Lalu, bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
     
  9. Lemon
    Belah 1 buah lemon yang masih segar kemudian oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata. Lalu, diamkan sampai mengering dan meresap sekitar 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.
     
  10. Gula
    Cara menghilangkan stretch mark sederhana selanjutnya adalah menggunakan gula. Gula dapat kamu jadikan sebagai scrub alami untuk mengatasi kulit yang kasar. Agar hasilnya semakin maksimal, campurkan gula dengan madu dan gosokkan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi.
     
  11. Terapi laser
    Terapi ini menggunakan gelombang cahaya untuk merangsang pertumbuhan kolagen, elastin atau yang memproduksi melanin dalam kulit.
     
  12. Krim
    Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan tretinion cream dapat mengurangi guratan, pada mereka yang usia stretch mark-nya masih muda atau baru beberapa bulan saja. Biasanya stretch mark jenis ini ditandai dengan warna merah, merah muda, atau ungu. Namun, tretinoin dapat membuat kulit iritasi, makanya tidak dianjurkan selama masa kehamilan (tunggu sampai melahirkan).
     
  13. Minyak esensial (essential oil)
    Melansir National Library of Medicine, minyak esensial mempercepat waktu penyembuhan luka di kulit sehingga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark. 
    Minyak esensial tidak boleh sembarangan dipilih. Disarankan menggunakan minyak esensial murni. Nah, untuk itu Natural Farm punya rekomendasi produk yang dapat menghilangkan atau menyamarkan stretch mark berbahan dasar minyak esensial.

bio oil stretch mark

Rekomendasi Minyak Esensial Terbaik

Bio Oil Skincare Oil Natural

Keunggulan:

1. Peregangan kulit 

Membantu mengurangi kemungkinan pembentukan stretch marks selama kehamilan, pertumbuhan pesat pada remaja dan periode kenaikan berat badan, serta membantu menyamarkan stretch marks yang sudah ada. 

2. Warna kulit yang tidak merata

Membantu menyamarkan warna kulit yang tidak merata pada tipe kulit yang terang maupun gelap. 

3. Penuaan dan kulit kering 

Membantu menghaluskan dan meratakan warna kulit yang mengalami penuaan dan kerutan baik pada wajah maupun tubuh, serta membantu mempertahankan kelembaban.

Cara Penggunaan

  • Oleskan dua kali sehari selama minimum tiga bulan. 
  • Selama kehamilan oleskan dua kali sehari mulai dari trimester pertama sampai setelah melahirkan. 
  • Hasil untuk setiap individu bervariasi.

Sekian dulu nih artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk terutama para Natural Buddy yang sedang ada stretch mark. Jangan lupa untuk terus pantengin website Natural Farm dan Instagram Natural Farm di @naturalfarm.id untuk dapat mengetahui info bermanfaat dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺


 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3625683/cara-alami-menghilangkan-stretch-mark