Health

Obat Panas Dalam Alami, yang Mudah Anda Temukan di Rumah

Tahukah Anda bahwa ternyata penyakit panas dalam sendiri, bukan termasuk istilah kedokteran. Melainkan berasal dari kedokteran tradisional asal Tiongkok. Dimana panas dalam sendiri, lebih pada serangkaian gejala, yang menyerang bagian tenggorokan, mulut dan juga sistem pencernaan.

Selain itu, kondisi panas dalam sendiri, bukan jenis penyakit yang selalu memerlukan obat medis. Namun lebih dapat diatasi dengan menggunakan beberapa obat panas dalam alami. Beberapa diantaranya, mudah Anda temukan di rumah, seperti :  

1. Ampas teh celup

Obat panas dalam yang pertama akan dibahas adalah menggunakan ampas teh celup. Jadi ketika Anda selesai mengkonsumsi teh, terutama menggunakan teh celup, sebaiknya jangan langsung dibuang, ampas dari teh celup tersebut.

Tahukah Anda bahwa ternyata daun teh dapat mengatasi masalah panas dalam, sekaligus meredakan peradangan, dan meredakan nyeri. Anda dapat mengkompres selama sekitar 15 hingga 20 menit, selama 3 kali dalam sehari.

2. Kumur air garam

Adapun obat panas dalam alami berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan air garam. Berkumur menggunakan larutan garam, dengan air hangat, ternyata mampu meredakan sakit tenggorokan dan juga sariawan.

Cukup siapkan segelas air putih hangat, dan campuran dengan 1 sdt garam, aduk hingga rata, dan berkumur lah. Untuk sakit tenggorokan, Anda dapat berkumur sambil mendongkak. Sedangkan untuk mengatasi sariawan, Anda dapat berkumur tepat di bagian yang terasa sakit.

Kumur selama 20 hingga 30 detik. Kemudian buang airnya, dan jangan ditelan. Ulangi langkah tersebut setidaknya setiap beberapa jam sekali, agar hasilnya efektif.  

3. Banyak mengkonsumsi air mineral

Diantara beberapa gejala panas dalam yang ada, terdapat tenggorokan kering, dan juga bibir pecah pecah. Biasanya hal tersebut diakibatkan oleh dehidrasi. Maka obat panas dalam alami yang tepat yaitu mengkonsumsi air putih secara cukup.

Sebaiknya dalam sehari, konsumsi air putih sesuai yang dibutuhkan tubuh. Dalam hal ini cari tahu terlebih dahulu berat badan tubuh Anda, kemudian kalikan dengan 30 ml (Berat badan x 30 ml), hasilnya berupa jumlah air yang memang tubuh butuhkan, dan yang sebaiknya Anda konsumsi setiap hari. 

4. Mengkonsumsi madu

Madu merupakan salah satu obat panas dalam ampuh, sebaiknya gunakan madu murni, dan bukan madu kemasan. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, campurkan teh hangat dengan madu secukupnya. Atau Anda dapat mencampurkan madu, jahe dan juga jeruk lemon. Dengan takaran masing masing 1 sdt untuk jahe dan juga madu, sedangkan untuk jeruk lemon, peras airnya dari ½ buah jeruk lemon. Seduh menggunakan air hangat.

5. Mengkompres  

Umumnya sariawan muncul di bagian tenggorokan, sedangkan di bagian mulut lainnya akan terasa sakit. Untuk mengatasi rasa nyeri tersebut, Anda dapat mengkompresnya menggunakan es batu. Bungkus es batu dengan kain lembut dan steril. Atau Anda juga dapat mencelupkan kain bersih ke dalam air dingin untuk proses kompres.

Jadi bagi Anda yang saat ini mengalami panas dalam atau sariawan, tidak perlu bingung mencari obat panas dalam. Karena pada dasarnya obat panas dalam sendiri, mudah Anda temukan di dalam rumah.