Health

Ingin Tahu Apa Saja Buah Yang Dilarang Untuk Penderita Diabetes? Temukan Informasinya Di Sini

By Admin |

Apa saja buah yang dilarang untuk penderita diabetes? Mungkin akan menjadi pertanyaan yang muncul di benak Anda apabila memiliki sakit diabetes atau mengenal orang  yang  memiliki penyakit tersebut.

Supaya rasa ingin tahu tersebut terjawab, Kami akan berikan informasinya untuk Anda. Namun sebelum informasi tentang buah apa saja yang dilarang, Kami akan bahas terlebih dahulu apakah buah dilarang untuk penderita diabetes?

Apakah Penderita Diabetes Dilarang Mengonsumsi Buah?

Buah-buahan dikenal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia, tidak terkecuali bagi penderita diabetes. Namun perlu diketahui kalau ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga penderita diabetes perlu membatasi jumlah konsumsinya.

Berikut ini adalah beberapa buah yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes.

  • Pisang

Salah satu buah yang perlu dibatasi jumlah konsumsinya oleh penderita diabetes adalah pisang. Sebab, buah yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang terbilang tinggi. Satu buah pisang yang sudah matang memiliki kandungan karbohidrat  sebesar 23 gram. Karena itulah, penderita diabetes disarankan untuk memakan pisang sebanyak setengah potong untuk satu kali makan.

  • Semangka

Semangka merupakan buah yang dilarang untuk penderita diabetes berikutnya. Indeks glikemik yang dikandung oleh 100 gram semangka mencapai angka 72 yang bisa dikatakan cukup tinggi. Ketika mengonsumsi semangka, penderita diabetes disarankan untuk membatasi semangka menjadi satu atau dua potong dalam ukuran sedang.

  • Nanas

Kadar glukosa yang ada pada buah nanas tergolong tinggi yaitu sekitar 10 gram. Karena itulah, penderita diabetes juga perlu berhati-hati ketika, mengonsumsi buah yang satu ini. Tetapi jika seorang penderita diabetes ingin memakan nanas, maka bisa mengakalinya dengan hanya memakan satu sampai dua potong kecil saja setiap kali makan.

  • Pir

Pir masuk ke dalam daftar berikutnya dari buah yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Karena buah pir memiliki kandungan gula sebesar 6,96 gram dan juga karbohidrat sebanyak 15,1 gram.

  • Anggur

Selanjutnya, ada buah anggur yang juga perlu dibatasi oleh penderita diabetes. Anggur ternyata memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang cukup tinggi yaitu sekitar 15,5 gram dan 18,1 gram. Karena itulah Anda sangat disarankan untuk mengurangi jumlah konsumsi anggur apabila memiliki penyakit diabetes.

  • Apel

Perlu diketahui kalau penderita diabetes juga sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi buah apel. Sebab, 100 gram apel mengandung gula sebanyak 12.2 gram dan karbohidrat sebesar 14,8 gram. Itulah beberapa contoh buah yang dilarang untuk penderita diabetes.

 Sekali lagi perlu diingat kalau buah-buahan bukanlah menjadi sebuah pantangan yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hanya saja, jumlah konsumsinya memang perlu dibatasi untuk menjaga kadar gula supaya tetap stabil.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category