Health

Cara Cek Hasil PCR di PeduliLindungi

By Natural Farm |

PeduliLindungi merupakan situs web dan aplikasi yang bisa memunculkan hasil PCR seseorang hanya dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama lengkap. PeduliLindungi hasil pcr bisa digunakan untuk bukti bahwa seseorang telah melakukan test pcr sebagai syarat untuk melakukan perjalanan atau pekerjaan lainnya. 

Cara Daftar PeduliLindungi

Untuk melihat hasil pcr pada situs web atau aplikasi PeduliLindungi, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran melalui nomor telepon atau email, dengan begitu siapkan nomor telepon atau email yang masih aktif.

  1. Memilih pendaftaran menggunakan alamat email atau nomor telepon, dengan cara mengeklik salah satunya, pastikan bahwa jaringan dan nomor telepon masih keadaan aktif, agar kode verifikasi bisa langsung diterima.
  2. Mengisi nama lengkap sesuai dengan KTP
  3. Masukan alamat email atau nomor telepon, selanjutnya anda akan menerima kode verifikasi, lalu masukan kode tersebut pada situs atau aplikasi PeduliLindungi, setelah itu akun sudah siap untuk digunakan.

Ada kalanya, penerimaan kode verifikasi melalui nomor telepon mengalami keterlambatan yang cukup lama, sehingga membuat anda harus menunggu, atau notifikasi email yang tidak muncul sehingga anda harus memeriksa kotak masuk pada email.

Cara Cek Hasil PCR Melalui Situs PeduliLindungi

  • Login akun di situs PeduliLindungi.com atau melalui aplikasi

Setelah anda memiliki akun PeduliLindungi, selanjutnya anda hanya perlu memasukkan NIK dan nama lengkap untuk melihat hasil tes pcr yang langsung ditampilkan pada layar.

  • Cek di situs cekmandiri.PeduliLindungi, di sini anda hanya perlu mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan mencentang kode captcha, setelah itu hasil pcr akan langsung muncul bersamaan dengan hasil vaksin dan hasil tes antigen.

Cara Cek Hasil Tes PCR Melalui Aplikasi Peduli Lindungi

  1. Mengunduh Aplikasi PeduliLindungi di Playstore atau Appstore secara gratis
  2. Buka aplikasi dan lakukan pendaftaran jika belum memiliki akun PeduliLindungi dengan memasukkan email atau nomor telepon yang sesuai dengan pendaftaran vaksin
  3. Masuk ke dalam akun dengan mensubmit Nomor Induk Kependudukan dan nama lengkap
  4. Masuk ke menu utama dan pilih fitur ‘Paspor Digital’
  5. Klik ‘Hasil Test Covid-19’
  6. Setelah itu, hasil test PCR akan segera muncul bersamaan dengan kode QR yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi

Bagaimana Jika Hasil Test PCR Tidak Muncul di PeduliLindungi?

Karena input PeduliLindungi hasil PCR dilakukan oleh pihak laboratorium yang sudah terdaftar, maka terkadang hasil test tidak bisa langsung tersedia di situs atau aplikasi PeduliLindungi. Namun jika hasil test tetap tidak muncul setelah beberapa waktu yang sangat lama, anda bisa langsung mengunjungi situs PeduliLindungi dan melakukan pengaduan kepada pihak laboratorium secara bijak.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category