Health

Panduan Mengirim Email Pengaduan ke Email Sertifikat PeduliLindungi

Bagi yang sudah melakukan vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua, maka akan mendapatkan sertifikat vaksin melalui email sertifikat PeduliLindungi yang berguna untuk menjadi syarat bahwa seseorang telah melakukan vaksin Covid-19, sertifikat tersebut bisa digunakan untuk mengakses fasilitas dan transportasi publik, serta untuk melakukan perjalanan baik jarak jauh maupun jarak dekat.

Cara Cek Sertifikat Vaksin PeduliLindungi

Untuk dapat mengakses dan menggunakan email sertifikat vaksin PeduliLindungi, ada beberapa hal yang harus dilakukan

  1. Mengakses Situs PeduliLindungi.Id atau Mengunduh Aplikasi PeduliLindungi
  2. Mendaftar akun dengan menggunakan nomor telepon atau email yang aktif (hal ini digunakan untuk penerimaan kode verifikasi akun)
  3. Jika akun sudah terdaftar, selanjutnya adalah melakukan login dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama lengkap sesuai yang ada di KTP.
  4. Selanjutnya sertifikat vaksin, hasil pcr dan hasil tes antigen akan muncul pada satu layar, lalu klik sertifikat vaksin dan sertifikat siap untuk diunduh atau discan sebagai kepentingan pribadi.

Selain itu, anda bisa melakukan cek sertifikat melalui situs cek mandiri PeduliLindungi, kemudian anda hanya perlu memasukkan NIK dan sertifikat, hasil tes pcr seta hasil tes antigen akan muncul, klik sertifikat vaksin untuk melakukan pengunduhan.

Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi?

Tidak jarang kasus sertifikat tidak muncul meski sudah melakukan vaksin. Namun anda tidak perlu khawatir, karena hal ini bisa diatasi dengan mengirimkan pengaduan melalui email sertifikat PeduliLindungi.

Berikut adalah format yang harus dikirimkan ketika melakukan pengaduan

  1. Nama Lengkap Sesuai KTP
  2. Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP
  3. Tempat dan Tanggal Lahir
  4. Nomor Handphone Sesuai dengan Nomor Pendaftaran Vaksin
  5. Lampiran Foto Kartu Vaksin
  6. Swafoto dengan KTP dengan kualitas foto yang jelas terlihat
  7. Keluhan mengenai sertifikat vaksin yang tidak muncul

Setelah itu anda bisa mengirimnya ke email sertifikat@PeduliLindungi.id, kemudian tunggu sampai ada tanggapan dari pihak PeduliLindungi, atau anda bisa melakukan cek kembali secara berkala pada situs atau aplikasi PeduliLindungi.

Jika sertifikat sudah tersedia di PeduliLindungi, anda sudah bisa mengunduh atau menggunakan sertifikat untuk kepentingan pribadi secara bijak, seperti untuk melakukan perjalanan bisnis dan pendidikan. 

Cara unduh Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi

  1. Mengunduh Aplikasi PeduliLindungi di Playsote atau Appstore secara gratis
  2. Masuklah ke akun anda dengan memasukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP
  3. Pilih Paspor Digital dan klik nama anda kemudian unduh sertifikat yang tertera

Namun, meskipun anda sudah melakukan vaksin, mendapatkan email sertifikat PeduliLindungi dan mendapatkan sertifikat vaksin di PeduliLindungi, anda tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker medis, mencuci tangan, dan tidak berkerumun, hal ini agar kasus Covid-19 bisa segera pulih dan tidak ada lagi yang terjangkit Virus Covid-19.