Health

5 Cara Mencegah Kanker Secara Alami Yang Perlu Diketahui

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh . Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain. Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker sering menyebabkan kematian karena umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, sehingga baru terdeteksi dan diobati setelah mencapai stadium lanjut. Oleh karena itu, lakukanlah pemeriksaan skrining atau cek kesehatan secara berkala, agar kanker dapat terdeteksi secara dini. Untuk cara mencegah kanker, jalani pola hidup yang sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, tidak merokok, dan tidak minum alkohol.

Cara Mencegah Kanker Secara Alami

  1. Mengonsumsi makanan sehat
    Agar terhindar dari kanker, Anda perlu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Perbanyaklah konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan, agar tubuh mendapatkan nutrisi baik yang dibutuhkan dan daya tahan tubuh pun meningkat.
    Selain itu, batasi juga konsumsi makanan olahan yang cenderung tinggi kalori, lemak tak sehat, dan gula tambahan, serta dapat meningkatkan penumpukan lemak. Hal ini diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Contoh makanan olahan adalah nugget, sosis, mie instan, serta buah, dan sayuran kaleng.
     
  2. Rutin berolahraga
    Cara mencegah kanker lainnya adalah dengan menjaga berat badan ideal merupakan kunci untuk mencegah kanker. Selain dengan konsumsi makanan sehat, menjaga berat badan juga dapat ditempuh dengan rutin berolahraga. Dalam sebuah penelitian juga dinyatakan bahwa aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker sebanyak 10–20%. Anda boleh melakukan olahraga apa pun yang disukai. Namun, pastikan untuk melakukannya dengan rutin, minimal selama 30 menit dalam sehari.
     
  3. Menghindari asap rokok dan minuman beralkohol
    Rokok merupakan salah satu faktor risiko terbesar terjadinya kanker. Selain kanker paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan, tenggorokan, mulut, ginjal, kandung kemih, pankreas, perut, dan leher rahim.
    Dampak merokok tidak hanya berlaku bagi perokok aktif. Perokok pasif pun berisiko terkena kanker. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok dan hindari menghirup asap rokok bebas mulai sekarang. Selain merokok, sering mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami kanker. Hal ini dikarenakan alkohol memiliki sifat karsinogen yang bisa merusak sel-sel tubuh dan memicu munculnya penyakit kanker.
     
  4. Melakukan deteksi dini
    Hal ini sering disepelekan. Banyak orang abai dan cenderung menunda pemeriksaan kesehatan. Padahal, cara mencegah kanker terbaik adalah dengan selalu waspada akan kesehatan dan kondisi tubuh. Pada stadium awal, kanker sering kali tidak menimbulkan gejala. Gejala biasanya baru dirasakan setelah kanker berada di stadium lanjut. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan deteksi kanker sejak dini sebagai salah satu cara untuk mencegah penyakit ini. Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan awal atau skrining secara berkala, terutama bagi Anda yang berisiko tinggi menderita penyakit kanker tertentu.
     
  5. Mengonsumsi suplemen alami
    Mengonsumsi vitamin berbahan alami dapat membantu mencegah kanker. Pemilihan suplemen atau vitamin harus yang tepat, untuk itu Natural Farm punya rekomendasi suplemen antikanker untuk kamu, yaitu:

Rekomendasi Vitamin Tambahan Untuk Pencegahan Kanker

Natures Health Squalene 1000mg 100 Softgels

Squalene direkomendasikan sebagai vitamin untuk membantu mencegah kanker karena memiliki beberapa sifat menguntungkan ketika dikonsumsi baik dari makanan atau sebagai suplemen. Ini termasuk efek antikanker yang potensial, peran pelindung dan pelembab pada kulit, aktivitas antioksidan dan bahkan dapat meningkatkan respon imun.

Semoga artikel cara mencegah kanker ini bermanfaat ya, Natural Buddy! Jangan lupa pantengin terus media sosial Natural Farm di @naturalfarm.id dan website Natural Farm untuk tahu info dan promo menarik lainnya. Happy Healthy Habits semua! ☺


 

Sumber:

https://hellosehat.com/kanker/pencegahan-kanker/