Health

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh

Magnesium bisa dibilang menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap membuat seluruh proses di dalam tubuh menjadi lebih maksimal. Pasalnya, magnesium ini termasuk nutrisi mikro yang berperan penting dan memberikan berbagai manfaat kebaikan untuk tubuh. Selain dari fungsinya, manfaat magnesium bagi kesehatan juga sangat besar. Ini karena magnesium merupakan salah satu jenis mineral ke-4 terbesar yang berada di dalam tubuh. Mineral ini merupakan substansi esensial bagi lebih dari 300 enzim yang terlibat dalam reaksi metabolisme di dalam tubuh. 

Biasanya kandungan magnesium di tubuh itu sebanyak 60% tersimpan di dalam tulang, sisanya tersebar di berbagai dalam cairan tubuh, otot, jaringan lunak hingga darah. Berkat kandungan paling banyak di tulang, magnesium menjadi salah satu nutrisi vital yang dibutuhkan dalam pembentukan struktur tulang dan relaksasi otot. Namun perlu menjadi catatan bahwa kadar magnesium bisa terus berkurang seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, kita harus terus memenuhi asupan magnesium demi menjaga kesehatan.

Manfaat Magnesium Untuk Kesehatan

Walaupun kandungan magnesium di dalam tubuh itu paling banyak di dalam tulang, namun nutrisi satu ini juga bisa memberikan berbagai manfaat yang berefek baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Adapun manfaatnya, kamu bisa menyimak beberapa manfaatnya di bawah ini.

  1. Membantu pembentukan tulang
    Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, magnesium ini merupakan salah satu nutrisi yang bantu pembentukan struktur tulang. Maksud dari struktur tulangnya di sini adalah pembentukan sel tulang yang baru. Selain itu magnesium juga membantu aktivasi vitamin D yang juga mengatur kebutuhan kalsium dan fosfat untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan tulang.
     
  2. Menjaga kesehatan jantung
    Manfaat magnesium terhadap kesehatan jantung adalah membantu dalam proses pemompaan darah, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung seperti aritmia hingga serangan jantung sekalipun.
     
  3. Mengurangi sakit kepala migrain
    Salah satu penyebab orang yang menderita kepala migrain adalah karena kadar magnesium yang terbilang rendah. Beberapa penelitian pun juga telah dilakukan, hasilnya menemukan bahwa dengan mengonsumsi suplemen magnesium bisa mengurangi frekuensi migrain.
     
  4. Meminimalisir gejala sindrom PMS pada wanita
    Kandungan magnesium ini bisa menjadi sangat berguna untuk wanita, terutama di waktu menstruasi. Mineral satu ini disebut-sebut bisa mengurangi gejala pra menstruasi seperti kembung, kram perut, kelelahan hingga perubahan mood.
     
  5. Mengontrol dan menurunkan tekanan darah
    Bagi penderita hipertensi, mineral ini juga bisa berguna untuk kesehatannya berkat kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah. Tak heran jika beberapa kasus yang dialami oleh ibu hamil dengan kondisi hipertensi, preeklampsia, dan eklampsia, banyak diberikan suplemen magnesium untuk meminimalisir risiko kejang.
     
  6. Mengurangi risiko diabetes
    Sementara bagi penderita diabetes, manfaat magnesium sangat terasa. Hal ini karena magnesium dapat mengontrol gula darah dan juga metabolisme insulin dalam tubuh. Ketika para penderita diabetes ini tidak terpenuhi asupan magnesiumnya dan kadar dalam darahnya pun berkurang, bisa berisiko menyebabkan resistensi insulin, yaitu kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena terganggunya respon sel tubuh terhadap insulin.

Dosis Magnesium yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui beberapa manfaat magnesium yang baik kesehatan, pastinya kamu akan berpikir untuk terus mencukupi asupan mineral ini. Sebelum mencukupinya, ada baiknya kamu paham berapa dosis magnesium yang diperlukan seseorang untuk asupan per harinya. Di tabel bawah ini, akan dijabarkan per kategori usia yang sudah diterapkan di negara besar seperti Amerika Serikat. 

UmurLaki-lakiPerempuanWanita HamilLaktasi atau Ibu Menyusui
0-6 bulan30 mg30 mg  
7-12 bulan75 mg75 mg  
1-3 tahun80 mg80 mg  
4-8 tahun130 mg130 mg  
9-13 tahun240 mg240 mg  
14-18 tahun410 mg360 mg400 mg360 mg
19-30 tahun400 mg310 mh350 mg310 mg
31-50 tahun420 mg320 mg360 mg320 mg
51+ tahun ke atas420 mg320 mg  

Untuk mencapai asupan sesuai dengan tabel di atas, kamu harus memenuhinya dengan asupan makanan yang mengandung magnesium. Banyak sekali pilihan makanan yang bisa kamu penuhi untuk sehari-harinya dan kategori makanannya bisa terbilang mudah untuk didapatkan.

Biasanya makanan yang mengandung magnesium terdapat di jenis hewani ataupun nabati. Namun pada kenyataannya sumber terkaya magnesium terdapat pada biji-bijian dan kacang-kacangan, hingga sayuran yang berdaun hijau. Sebagai gambaran, kami memberikan porsi 100 gr yang terdapat pada beberapa makanan di bawah ini.

  • Almond : 286 mg
  • Biji labu : 535 mg
  • Cokelat hitam : 152 mg
  • Kacang tanah : 168 mg

Ini merupakan sumber-sumber yang bisa dibilang makanan yang mengandung magnesium terbesar. Selain dari berbagai makanan di atas ada juga sumber magnesium yang cukup besar seperti biji rami, biji bunga matahari, biji chia, biji cokelat, kopi, kacang mete, kacang hazel, dan gandum. Makanya jangan heran jika ada beberapa sereal makanan atau roti mengklaim jika mengandung magnesium yang cukup tinggi.

Gejala Kekurangan Magnesium

Setelah mengetahui bagaimana manfaat serta besaran dosis yang dibutuhkan oleh tubuh, saatnya kamu mengenali beberapa gejala ketika mengalami defisiensi magnesium. Pada dasarnya untuk gejala ini sendiri memang setiap orang berbeda-beda, namun di sini akan sedikit mengulas beberapa gejala yang “mungkin” saja dirasakan ketika tubuh kekurangan mineral magnesium.

  1. Otot kedutan dan kram
    Salah satu tanda yang paling sering dialami banyak orang dan bisa dibilang paling umum adalah merasakan kedutan pada beberapa tubuh tertentu, serta sering tremor dan juga kram. Masalahnya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa suplemen kurang efektif untuk mengurangi gejala ini, terutama bagi lansia yang menderitanya. Jadi alangkah lebih baik jika mencukupi terus asupan magnesium ini sejak dini.
     
  2. Osteoporosis
    Seperti yang banyak orang tahu, banyak faktor yang bisa saja memengaruhi risiko terkenanya osteoporosis, di antaranya penuaan, kurang olahraga, atau kurangnya asupan vitamin D dan K. Namun menariknya, kekurangan mineral magnesium ternyata juga menjadi salah satu faktor risiko osteoporosis.
     
  3. Kelelahan dan kelemahan otot
    Tanda lain yang bisa saja dialami ketika kekurangan magnesium adalah kelemahan otot atau yang lebih dikenal dengan istilah myasthenia. Beberapa ilmuwan mengkaji salah satu gejala ini, banyak dari mereka yang percaya bahwa kelemahan yang dialami disebabkan oleh hilangnya kalium dalam sel otot, kondisi dimana yang dipengaruhi karena kekurangan magnesium.
     
  4. Tekanan darah tinggi
    Beberapa studi secara observasional dilakukan terhadap manusia, hasilnya menunjukkan bahwa kadar magnesium yang rendah atau asupan makanan yang buruk dapat meningkatkan tekanan darah. Kabar baiknya, beberapa orang telah memberikan ulasan yang menyebutkan jika gejala ini dapat diminimalisir dengan mengonsumsi suplemen magnesium.
     
  5. Asma
    Perlu kamu tahu, kekurangan magnesium juga bisa berimbas terhadap orang yang mengidap asma berat. Beberapa peneliti percaya bahwa kekurangan magnesium dapat menyebabkan penumpukan kalsium di otot-otot yang melapisi saluran udara paru-paru. Kondisi ini yang menyebabkan saluran udara menyempit sehingga membuat kesulitan dalam bernapas.
     
  6. Detak jantung tidak teratur
    Aritmia, atau jantung tidak teratur menjadi salah satu gejala dari defisiensi magnesium. Para ilmuwan percaya bahwa ketidakseimbangan kadar kalium dan di luar sel otot jantung menjadi penyebab terbesar aritmia ini. Gejala ini merupakan salah satu yang paling berbahaya, karena risiko terbesar yang bisa dihadapi adalah komplikasi serius, stroke atau gagal jantung. 

Rekomendasi Magnesium Terbaik Untuk Anda

Setelah tahu beberapa gejala, fungsi dan manfaat magnesium, ada baiknya jika kamu mulai memperhatikan asupan magnesium setiap harinya. Untuk mencukupinya, Natural Farm siap membantu dengan memberikan beberapa rekomendasi suplemen magnesium yang bisa kamu dapatkan di store Natural Farm terdekat. Bingung memilih suplemen yang tepat? Kamu bisa baca beberapa produk rekomendasinya di sini.

Nutriwell Magnesium 

Nutriwell Magnesium - mengandung 400 mg Magnesium Amino Acid Chelate. Magnesium merupakan mineral penting untuk mendukung kerja enzim pada proses pembentukan energi, metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu Magnesium membantu meningkatkan penyerapan kalsium untuk memelihara kesehatan tulang.

Manfaat

  • Cocok untuk vegetarian.
  • Mengurangi kram dan tegang pada otot.
  • Memelihara kesehatan tulang dan gigi.
  • Mendukung kesehatan jantung.
  • Membantu mengatur irama jantung/
  • Mendukung kesehatan sistem saraf.
  • Membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur

Petunjuk Penggunaan

1 kapsul sehari

Natural Factors - Cal/Mag Formula 

Natural Factors Cal Mag Formula diformulasikan untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi. Kalsium sitrat mempunyai keunggulan dalam bentuk yang lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Dengan tambahan Magnesium, Potassium, Zinc, dan Manganese menjadikan Natural Factors Cal Mag Formula sebagai suplemen yang paling berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Manfaat

  • Membantu menjaga kesehatan tulang, gigi dan gusi.
  • Membantu mencegah dan mengatasi osteoporosis.
  • Mendukung kesehatan otot & fungsi saraf.

Petunjuk Penggunaan

1-4 kali sehari 1 kapsul sesudah makan
 

Natures Plus Cal Mag Zinc

Kalsium, Magnesium, dan Zinc adalah tiga mineral yang penting untuk beberapa proses tubuh. Meskipun secara alami ada dalam makanan,tetapi banyak orang mengonsumsi suplemen untuk membantu meningkatkan asupannya. Suplemen gabungan Natures Plus Cal Mag Zinc ini telah mendapatkan popularitas tersendiri, terutama mereka yang ingin meningkatkan kepadatan tulang atau aspek kesehatan lainnya.

Manfaat

  • Membantu tulang & gigi yang kuat dan mencegah osteoporosis.
  • Mencegah kram otot dan menjaga kesehatan kulit.
  • Mineral penting untuk pembekuan darah normal.
  • Membantu kerja enzim, termasuk lipase yang bertugas memecahkan lemak yang akan digunakan oleh tubuh.
  • Memberikan energi dan berperan dalam pembentukan struktur RNA dan DNA.
  • Membantu dalam penanganan terapi hipertensi, hiperkolesterolemia dan menjaga kesehatan jantung.
  • Membantu meningkatkan mood, memperkuat kekebalan dan mengurangi peradangan.
  • Membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan kualitas tidur.
  • Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan sakit pada persendian, kuku rapuh, eksim, jantung berdebar, hipertensi, hiperkolesterolemia, insomnia, nervousness, dan kerusakan gigi.
  • Magnesium juga untuk mencegah terbentuknya batu ginjal

Petunjuk Penggunaan

1 tablet perhari


 

Source: 

https://www.healthline.com/nutrition/magnesium-deficiency-symptoms#TOC_TITLE_HDR_2 

https://www.naturalfarm.id/product