Health

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Cepat

By Erwin |

Ketika asam lambung sedang naik, pastinya akan terasa tidak nyaman. Ada beberapa gejala yang akan muncul saat asam lambung muncul, antara lain tenggorokan terasa terbakar, nyeri di lambung dan mulut akan terasa pahit.

Asam lambung yang naik secara cepat dapat disebabkan oleh beberapa hal. Baik itu dari makanan yang baru dimakan, tidur malam yang kurang, hingga stres. Bila tidak segera ditangani dengan baik, maka akan membuat kondisi asam lambung naik tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas. 

Kemungkinan akan menimbulkan rasa tidak nyaman yang berkepanjangan serta komplikasi yang berakibat kepada gangguan kesehatan yang serius. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung tersebut dengan cepat, seperti:

1. Minum obat untuk asam lambung

Jika Anda sebelumnya sudah pernah terkena serangan asam lambung, kemungkinan Anda memiliki stok obat untuk asam lambung. Segeralah minum obat asam lambung agar cepat untuk membantu menetralisir sensasi yang tidak enak tersebut. 

Apabila Anda membutuhkan rekomendasi obat untuk asam lambung, maka Anda dapat menghubungi dokter. Biasanya dokter akan memberikan resep obat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

2. Minum air hangat

Cara mengatasi asam lambung naik berikutnya adalah dengan menggunakan air hangat. Anda bisa mencoba minum air hangat secara perlahan. Setidaknya cara yang satu ini bisa membantu untuk menetralkan asam lambung yang naik tersebut dan membantu menyamarkan sensasi yang kurang enak di lambung maupun tenggorokan. Teruskan minum air hangat sampai beberapa menit. 

3. Tidur dengan posisi bagian kepala lebih tinggi

Ada kalanya dalam situasi tertentu, asam lambung tidak akan langsung membaik. Bila hal tersebut terjadi, Anda juga dapat meredakannya dengan mengatur posisi tidur. Saat Anda berbaring, pastikan jika posisi kepala lebih tinggi agar dapat mencegah asam lambung Anda naik ke bagian tenggorokan. 

4. Soda kue 

Selanjutnya cara mengatasi asam lambung naik dapat memakai bahan yang alami, misalnya soda kue. Natrium bikarbonat atau soda kue bisa dengan cepat membantu untuk menetralkan asam lambung dan juga meredakan kembung, gas setelah makan dan gangguan pencernaan. 

Caranya Anda bisa melarutkan setengah sendok teh soda kue ke dalam satu gelas air hangat dan minum. Minum soda kue dengan jumlah yang banyak ternyata juga bisa menimbulkan berbagai efek samping yang tidak Anda inginkan, seperti muntah, diare, sembelit dan juga kejang di otot. 

Jadi, lebih baik Anda benar-benar memastikan tidak melakukannya dengan jangka waktu yang sering dan dengan waktu kurang dari dua jam. 

5. Air Jahe 

Selain berbagai hal yang sudah tercantum di atas, cara mengatasi asam lambung yang terakhir adalah dengan minum air jahe. Tanaman herbal yang satu ini merupakan salah satu obat alami untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan karena bisa meredakan asam lambung Anda. 

Anda dapat merebus tanaman jahe dan meminum air rebusannya. Anda juga bisa menambah perasaan air lemon maupun madu sebagai perasaannya. Lemon dan madu tersebut bukan hanya bekerja sebagai perasa saja tetapi efektif untuk mengurangi peradangan tidak terkecuali pada lambung. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category