Health

Darah Tinggi? Ini Cara Ampuh Mengatasi Hipertensi Secara Natural

By Natural Farm |

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi dengan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam pengobatan, termasuk untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun, benarkah bawang putih mampu mengatasi hipertensi?

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami penduduk Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2018, terjadi kenaikan jumlah penderita hipertensi dibandingkan 5 tahun sebelumnya.

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika tekanan darahnya sudah mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya pada berbagai organ tubuh, misalnya gagal ginjal, serangan jantung, atau stroke, jika tidak ditangani.

Bawang Putih Dapat Menurunkan Kolesterol

Bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol, yang merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya tekanan darah. Dalam hal ini, bawang putih bekerja dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dari makanan di dalam saluran pencernaan.

Bawang putih juga mampu menghambat kerja enzim HMG-CoA (3-hydroxy-3-methylglutaryl-coenzyme A) reductase dan hepatic cholesterol 7α-hydroxylase yang berperan besar dalam membentuk kolesterol. Dengan demikian, produksi kolesterol pun akan menurun.

Mengatasi Hipertensi dengan Bawang Putih

Selain menurunkan kolesterol, yang secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan darah tinggi, bawang putih juga mengandung zat-zat yang membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Menurut penelitian, zat alami dalam bawang putih yang mampu menurunkan tekanan darah, antara lain:

  • Allicin (allyl 2-propenethiosulfinate or diallyl thiosulfinate)
  • Allyl methyl thiosulfonate
  • 1-propenyl allyl thiosulfonate
  • Y-L-glutamyl-S-alkyl-L-cysteine

Zat-zat yang terkandung di dalam bawang putih tersebut bekerja dengan cara merangsang tubuh untuk menghasilkan zat nitric oxide (NO) dan hydrogen sulphide (H2S). Kedua zat tersebut akan menurunkan ketegangan pada pembuluh darah yang membuat tekanan darah meningkat. Melemasnya pembuluh darah akan diikuti dengan turunnya tekanan darah.

Dalam beberapa kasus, suplemen bawang putih bahkan dilaporkan dapat bekerja seefektif obat penurun tekanan darah standar dengan efek samping yang jauh lebih sedikit. Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam jurnal European Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 juga menemukan bahwa bawang putih bisa bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Studi tersebut melibatkan 79 orang mengalami hal tidak terkontrol  dengan tekanan darah pada saat jantung memompa darah kedalam pebuluh nadi (saat jantung berkontraksi). 

Di samping itu, bawang putih juga bekerja dengan cara menghambat kerja beberapa zat, yang pada akhirnya juga melemaskan pembuluh darah. Namun sayangnya, kandungan zat aktif di dalam 1 siung bawang putih yang satu dengan yang lainnya belum tentu sama, sehingga efek terapi yang didapatkan juga akan berbeda. Oleh karena itu, sebelum menggunakan bawang putih sebagai alternatif terapi tambahan untuk mengatasi hipertensi, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter penyakit dalam atau dokter gizi.

Rekomendasi Suplemen Pengontrol Tekanan Darah Dari Bawang Putih

Kyolic Aged Garlic Extract Reserve

Kyolic Aged Garlic Extract Reserve mengandung garlic organik yang diproses secara khusus menggunakan metode aging (ekstraksi selama 20 bulan). Proses aging menjadikan Kyolic suplemen garlic yang tidak berbau dan tidak mengiritasi lambung. Dalam setiap produknya, Kyolic distandardisasi dengan senyawa yang disebut S-allyl Cysteine (SAC). Senyawa inilah yang digunakan untuk menjamin konsistensi dan keefektifan produk terlebih untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Aged Garlic Extract kami telah menjadi subjek lebih dari 870 makalah ilmiah. Banyak dari ini adalah uji klinis double-blind, acak, terkontrol plasebo, yang dianggap sebagai "standar emas" di antara komunitas ilmiah. Selama bertahun-tahun, Aged Garlic Extract telah ditemukan memberikan manfaat kardiovaskular utama dalam berbagai uji klinis double-blind, acak, terkontrol plasebo.

Keunggulan

  • Organik
  • Distandardisasi senyawa S-allyl cysteine (SAC) yang berkhasiat
  • Tidak mengiritasi lambung
  • Tidak menimbulkan bau (Odorless)
  • Didukung dengan hasil penelitian
  • Diproduksi dengan standar Pharmaceutical Grade

Manfaat

  • Membantu menormalkan tekanan darah tinggi
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol & trigliserida
  • Membantu menjaga kesehatan kardiovaskular
  • Melancarkan sirkulasi darah keseluruh tubuh
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menunjang kesehatan sistem syaraf

Sumber:

-https://www.alodokter.com/mengenal-manfaat-bawang-putih-dalam-mengatasi-hipertensi

- https://kyolic.com/about-us/science/

Share

Latest Articles

Mengenal Kalori Mie Gacoan dan Tips Makan Gacoan saat Diet

Cara Membesarkan Alat Kelamin Pria dengan Bawang Putih Benarkah Bisa Efektif

10 Sumber Vegetarian Protein Anti Hewani, Darimana Saja?

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Article Category