Health

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang Secara Mandiri

Pengapuran tulang dapat didefinisikan sebagai akibat dari deposit kalsium. Dalam dunia medis, pengapuran tulang juga disebut osteoarthritis karena berkaitan dengan masalah pada sendi kronis. osteoarthritis paling sering terjadi pada tulang-tulang besar yang bertugas menahan berat tubuh seperti tulang belakang, tulang lutut, panggul serta pergelangan kaki. Pengapuran pada tulang memiliki beberapa gejala seperti nyeri sendi, kaku pada sendi serta sulit berjalan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat pengapuran tulang, diantaranya:

1. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas memang diketahui dapat mempengaruhi kesehatan sendi. Terutama sendi di bagian tungkai karena harus menopang beban tubuh yang berlebihan. persendian yang memiliki tekanan berlebihan tentu dapat memperburuk osteoartritis. Oleh sebab itu, sebaiknya jika kamu menderita pengapuran tulang segera atasi dengan menurunkan berat badan. Dengan menurunkan berat badan juga akan mengurangi rasa nyeri pada persendian seperti kaki, lutut dan lainnya.

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin sangat penting dilakukan untuk menguatkan otot di sekitar persendian yang telah mengalami pengapuran. Dengan berolahraga dapat membuat sendi menjadi lebih stabil sehingga tingkat keparahan pengapuran bisa diminimalisirkan. Jenis olahraga yang sangat disarankan untuk mengatasi pengapuran ialah olahraga ringan seperti berjalan kaki dan berenang. Bahkan kamu juga bisa melakukan yoga untuk membantu meningkatkan fleksibilitas sendi. Olahraga untuk mengatasi pengapuran tulang dapat dilakukan selama 20-30 menit per harinya.

3. Kompres dengan Air Hangat atau Dingin

Pengapuran tulang akibat osteoarthritis  memang memberikan rasa nyeri dan sakit pada penderita. Oleh sebab itu, kamu bisa memakai kompres air hangat atau air dingin untuk meringankan nyeri dan sakit tersebut. Penggunaan kompres air hangat berguna untuk melemaskan otot sementara kompres dingin berguna untuk meredakan nyeri dan kram pada otot. Kamu bisa mengompres bagian yang sakit atau nyeri selama 15-20 menit.

4. Istirahat yang Cukup

Apabila kamu menderita osteoarthritis sebaiknya tidak menyepelekan waktu tidur dan istirahat yang cukup. Sebab dengan istirahat yang cukup dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada otot secara perlahan. Selain itu, memiliki tidur berkualitas juga membantu meredakan rasa nyeri akibat pengapuran. Oleh sebab itu, pastikan kamu tidur setidaknya selama 7-8 jam per harinya.

5. Memakai Obat Pereda Rasa Nyeri

Pemakaian obat pereda nyeri pengapuran tulang umumnya berupa krim  atau gel yang cocok untuk persendian. Obat-obatan yang cocok untuk pereda nyeri biasanya mengandung anti inflamasi non steroid serta obat kortikosteroid. Perlu diingat, pemakaian obat-obatan ini haruslah sesuai anjuran dokter agar aman untuk kamu gunakan.

Apabila kamu sudah menerapkan beberapa metode di atas, namun juga tidak membaik. Disarankan agar segera berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan pengobatan yang sesuai kondisi pengapuran tulang yang kamu alami.