Health

TBC Tulang, Definisi Dan Penyebabnya

Banyak yang mengira bahwa sakit TBC adalah sakit pada organ paru-paru yang ditAndai dengan batuk berdahak lebih dari 3 minggu disertai dahak berdarah, selera makan berkurang, keringat dingin saat malam hari dan sakit dada. Namun, bakteri penyebab TBC yakni Mycobacterium tuberculosis ternyata juga bisa menjangkit organ tulang lho!

TBC tulang, seperti apa ya? 

TBC tulang adalah penyakit yang menyerang bagian sendi dan tulang baik tulang pinggang, punggung atau panggul. Penderitanya akan mengalami gejala berikut ini:

  • Nyeri sendi 
  • Nyeri punggung
  • Rusaknya bantalan tulang bagian belakang
  • Nyeri tulang karpal
  • Nyeri pergelangan karpal
  • Jaringan lunak membengkak

Mungkin Anda akan sedikit bingung dengan gejala rematik, osteoporosis, kecetit ya tetapi setiap keluhan penyakit bermula dari sistem imunitas tubuh yang melemah. Jika Anda merasa tubuh mula sakit segera atasi dengan pengobatan tradisional atau modern. Jangan menunggu lama untuk penyakit bersarang karena virus yang masuk bisa menyerang bagian tubuh yang melemah.

Apakah melihat penyebabnya tersebut dipastikan TBC tulang?

Untuk melihat indikasi TBC tulang atau bukan, tidak hanya dilihat dari kasat mata dan keluhan yang ada tetapi butuh tes MRI serta tes cairan lendir mulut. Setelah semua tes dilakukan dan melihat gejalanya makin memburuk seperti rasa kesemutan, mulailah kaki pincang dan menjalar ke bagian telapak kaki, Anda bisa melakukan pemeriksaan lanjutan. 

Cara mengobati TBC tulang 

Dengan bantuan dokter dan kecanggihan alat kesehatan sekarang ini, Anda bisa berobat dan meminum obatnya secara rutin. TBC tulang bisa sembuh dalam waktu 6-18 bulan. Selama waktu tersebut Anda harus rutin minum obat dari dokter. Obat yang biasanya diberikan seperti rifampicin, ethambutol dan sebagainya. Untuk terapi MDR, memakai kombinasi obat antituberkular.

Pola hidup yang terlalu banyak mengkonsumsi rokok, minuman alkohol atau tinggi lemak memicu banyak penyakit muncul tanpa terduga. Kadang Kalanya, Anda merasa badan jarang sakit tetapi saat sakit langsung parah. Anda bisa makan dengan porsi cukup dan cara olahan yang tepat agar terhindar dari berbagai penyakit.  

Intinya, TBC tulang paling terlihat ketika ada bagian ruas tulang belakang terasa sakit sekali saat ditekan dan rasa kesemutannya semakin menjadi. Jika kesemutan dirasakan oleh kolesterol 200 maka hal itu bukan karena kadar lemaknya ya, tapi karena ada faktor lainnya. TBC adalah sebuah virus yang sukar untuk dimatikan dan hanya bisa dilemahkan, pentingnya imunisasi BCG bagi anak bayi dan balita sebagai penangkal virus yang ada di sekitar kita.  

Lantas bagaimana dengan bayi yang tidak diimunisasi BCG, bisa saja kuat dengan virus yang datang asalkan bayi tersebut memiliki imunitas yang tinggi, tapi alangkah baiknya jika bayi Anda diberikan imunisasi BCG sebagai penangkal TBC, kebal tidak, gejala bisa menjadi lebih ringan.