Health

Cara Mengisi PeduliLindungi Sebagai Syarat Untuk Masuk ke Pusat Perbelanjaan

Cara mengisi PeduliLindungi untuk bisa masuk ke berbagi pusat perbelanjaan dan perjalanan domestik sampai Internasional yang sekarang ini banyak dicari oleh kalangan masyarakat Indonesia. Sejak adanya kebijakan PPKM di Indonesia untuk bisa sedikit mengurangi penyebaran Covid – 19, salah satu caranya adalah download PeduliLindungi yaitu sebuah kartu waspada berbentuk modern. 

Cara mengisi PeduliLindungi ini hanya dapat dilakukan lewat aplikasi yang bisa dilakukan dengan mudah. Cara ini dilakukan supaya dalam pengawasan yang dilakukan oleh para petugas bagi para pelaku perjalanan menjadi lebih optimal dan juga efisien. Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negeri, wajib untuk melakukan pengisian data diri di fitur PeduliLindungi ini. 

Cara Mengisi Peduli Lindungi yang Akan Digunakan untuk Melakukan Perjalanan

Berikut ini adalah cara mengisi PeduliLindungi pada aplikasinya :

1. Masuk ke dalam Aplikasi PeduliLindungi dan Klik e – HAC 

Pertama adalah silahkan buka aplikasi PeduliLindungi yang terdapat pada smartphone milikmu. Jika kamu masih belum mempunyai aplikasinya maka dapat melakukan download terlebih dahulu pada Google PlayStore maupun AppStore. 

Selanjutnya masuk ke akun milikmu atau lakukan registrasi terlebih dahulu, ketika sudah masuk pada bagian menu utama aplikasi PeduliLindungi 🡪 klik “ e – HAC yang ada pada bagian bawah. 

2. Buat e – HAC yang digunakan untuk melakukan perjalanan

Klik “buat e – HAC dan pilih pada bagian “Internasional e – HAC jika kami melakukan perjalanan dari luar negeri menuju Indonesia atau “Domestik e – HAC”, saat kamu ingin melakukan perjalanan di wilayah Indonesia. 

3. Isi keseluruhan data 

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengisi keseluruhan data yang diperlukan dan lakukan konfirmasi. Pada bagian yang satu ini kamu bisa menambahkan untuk data anggota keluarga lainnya, dengan cara klik “tambahan tanggungan”. Lalu lakukan pengisian data diri anggota keluarga seperti langkah-langkah sebelumnya. 

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi yang Harus Diketahui

Setelah mengetahui cara mengisi PeduliLindungi, maka kamu juga harus tahu bagaimana cara kerja dari aplikasi yang satu ini. Pertama adalah kami harus membuka aplikasi PeduliLindungi dan melakukan login 🡪 tekan menu “scan QR code” 🡪 selanjutnya scan QR code yang nantinya akan tersedia pada pintu masuk 🡪 tunjukkan hasil QR code pada petugas yang menjaga pintu. 

Hasil pemindaian tersebut nantinya akan digunakan untuk bisa menentukan kamu bisa masuk atau tidaknya di tempat tersebut. Jika nantinya warna yang muncul adalah hijau, kamu akan diperbolehkan untuk masuk. Ketika nanti muncul warna kuning, maka petugas akan lakukan verifikasi ulang. Saat pada aplikasi tersebut menunjukkan warna merah sudah pasti kamu tidak akan bisa untuk masuk ke dalam lokasi tersebut, karena kamu dianggap tidak memenuhi syarat.