Health

Cara Scan PeduliLindungi Sebelum Memasuki Fasilitas Publik

Scan Pedulilindungi sekarang diwajibkan oleh Pemerintah Indonesia sebelum masyarakat masuk ke fasilitas umum. Scan dilakukan melalui fitur Scan QR Code yang ada di dalam aplikasi PeduliLindungi. Scan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus COVID-19 yang akan semakin mudah terjadi di tempat umum. 

Karena pada tempat umum dan fasilitas publik inilah orang-orang melakukan interaksi. Scan PeduliLindungi di mall, di cafe, di restoran, taman, dan tempat umum lainnya penting untuk dilakukan. Lagipula cara memanfaatkan fitur ini sangatlah mudah, berikut ini adalah caranya. 

Membuka Aplikasi PeduliLindungi 

Cara pertama untuk scan PeduliLindungi adalah dengan membuka aplikasinya. Jika belum memiliki aplikasi ini. Pengunjung harus mengunduhnya terlebih dahulu di toko aplikasi resmi yang ada di smartphone. Sebelum menggunakan fiturnya, pengguna harus melakukan pendaftaran dan login. 

Data yang dibutuhkan untuk login adalah nomor telepon atau email. Untuk fitur yang lain mungkin diperlukan data seperti NIK dan data yang lain. 

Pilih Fitur Scan QR Code 

Setelah membuka aplikasi peduli lindungi ini, pengguna akan dibawa pada halaman utama aplikasi. Pada halaman aplikasi ini akan terlihat peta zonasi. Peta Zonasi ini akan menunjukkan pada pengguna level dan situasi area tempat dirinya berada. Pada bagian Peta Zonasi ada kotak yang berisi fitur-fitur lain. 

Salah satunya adalah fitur Scan QR Code yang biasanya ada di bagian tengah atas pada kotak menu. Klik menu tersebut, kemudian berikan izin pada aplikasi Peduli Lindungi agar bisa mengakses kamera smartphone. 

Scan QR Code 

Cara scan PeduliLindungi selanjutnya adalah arahkah kamera pada QR Code yang sudah tertempel di pintu masuk fasilitas publik. Tunggu sampai kode terverifikasi kemudian akan muncul hasil scan dari QR Code. Akan ada kode warna dari tampilan ini. 

Jika warna hijau yang muncul berarti pengunjung diperbolehkan masuk, jika warna kuning diminta untuk scan ulang. Sedangkan jika yang muncul adalah warna merah pengunjung tidak diperbolehkan masuk. 

Tekan Tombol Check In 

Pada bagian bawah hasil scan ada tombol check in, tekan tombol ini agar pengunjung terhitung dalam jumlah pengunjung fasilitas publik tersebut. Tunjukan hasil check in pada satpam atau petugas yang berjaga. Barulah pengunjung diperbolehkan masuk. 

Check Out Saat Keluar 

Saat keluar dari fasilitas publik tersebut, buka kembali aplikasi Peduli Lindungi dan tekan check out. Hal ini agar pengunjung tidak lagi terhitung dalam hitungan pengunjung fasilitas publik tersebut. 

Itulah cara scan pedulilindungi yang wajib dilakukan oleh pengunjung ketika mengunjungi fasilitas publik. Cara ini ditujukan agar pengguna semakin mudah beraktivitas sehari-hari walaupun di tengah pandemi. Pastikan untuk melakukan scan sebelum memasuki fasilitas publik demi kebaikan bersama.