Health

Info Aplikasi Peduli Lindungi, Aplikasi Tracking untuk Masyarakat

Proses tracking sangat diperlukan dalam proses penyelesaian pandemi Covid-19. Bahkan tracking merupakan langkah awal penuntasan. Karena itu Pemerintahan Indonesia meluncurkan aplikasi Peduli Lindungi yang diharapkan membantu proses tracking ini. Info aplikasi PeduliLindungi awalnya diketahui secara terbatas. 

Karena pada awalnya kesadaran untuk menggunakan aplikasi ini belumlah tinggi pada masyarakat. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan juga seiring dengan semakin pekanya masyarakat dengan kasus pandemi COVID-19 ini. Hampir semua masyarakat di Indonesia sekarang sudah memiliki aplikasi Peduli Lindungi. 

Sebenarnya fungsi aplikasi Peduli Lindungi ini tidak hanya terbatas pada tracking saja. Fungsi pertamanya malah adalah screening. Terutama bagi para pengguna aplikasi yang sering melakukan perjalan jauh menggunakan transportasi umum. Seperti kereta api, pesawat, kapal api, dan sebagainya. 

Semua perjalanan tersebut membutuhkan surat hasil tes swab maupun PCR dengan hasil negatif. Hasil test tersebut akan terpantau melalui aplikasi Peduli Lindungi. Dengan begitu kesehatan para pengguna aplikasi akan selalu terpantau walaupun sering bepergian. Melalui aplikasi ini juga pengguna bisa mengetahui status dari area di sekitar. Maupun status dari area yang sedang dituju. 

Fitur yang Ada Dalam Aplikasi Peduli Lindungi 

Aplikasi peduli lingung memiliki fitur-fitur yang bisa mendukung aktivitas sehari-hari masyarakat. Namun tetap taat pada protokol kesehatan dan aman untuk beraktivitas. Berikut ini adalah fitur aplikasi Peduli Lindungi yang bisa digunakan oleh masyarakat. 

Scan QR Code 

Sekarang setiap memasuki fasilitas publik, akan ada QR Code di pintu masuk yang harus di scan oleh pengunjung. Scan dilakukan melalui fitur Scan QR Code yang ada dalam menu aplikasi Peduli Lindungi. Fungsi dari fitur ini sendiri adalah untuk mengukur kapasitas fasilitas publik tersebut. Sehingga tidak melebihi kapasitas yang dianggap aman bagi standar protokol kesehatan. 

Selain itu fitur scan QR Code ini untuk mencegah penyebaran virus juga. Karena penderita yang memiliki tanda merah. Tidak boleh diizinkan untuk memasuki fasilitas publik atau yang digunakan oleh banyak orang. 

Melihat Peta Zonasi 

Info aplikasi PeduliLindungi bisa didapatkan melalui fitur Peta Zonasi. Peta Zonasi akan menunjukkan pada pengguna aplikasi mengenai situasi area yang ada di sekitarnya. Fitur ini akan memberitahu level dan tingkat penyebaran virus di daerahnya. Agar semakin efektif, fitur ini harus digunakan bersama dengan fitur GPS yang ada di smartphone. 

Mendaftar Vaksin dan Sertifikat Vaksin 

Bagi pengguna yang belum mendaftar vaksin bisa melakukan pendaftaran vaksin dan mendapatkan jadwal vaksin melalui aplikasi ini. Jika pengguna sudah melakukan vaksin, maka akan tercatat pada aplikasi ini. Melalui Peduli Lindungi juga pengguna bisa mengecek sertifikat vaksin sehingga tidak perlu mengeceknya melalui website lagi. 

Sebenarnya masih ada banyak lagi fitur dan info aplikasi pedulilindungi ini. Untuk mengetahui fitur dan kegunaannya lebih lanjut. Segera download aplikasinya di toko aplikasi resmi.