Health

Mengenal Apa itu insomnia dan Bagaimana Pencegahannya

Insomnia adalah gangguan kesehatan dimana seseorang menderita kesulitan tidur, maksudnya susah untuk memulai tidur atau tetap tertidur. Kondisi kesehatan ini menjadi salah satu gangguan tidur yang dialami oleh banyak orang. Artikel ini akan mengajak Anda mengenal apa itu insomnia dan bagaimana pencegahannya.

Apa itu insomnia dan Penyebabnya

Insomnia adalah kondisi dimana penderita kesulitan untuk tidur sehingga kualitas tidurnya menjadi buruk disertai dengan gangguan fungsional pada siang hari. Diagnosa insomnia akan diberikan apabila kondisi ini terjadi minimal tiga kali dalam seminggu.

Gangguan ini banyak diderita oleh wanita karena faktor perubahan hormon. Kondisi ini juga terjadi pada orang-orang yang berusia lanjut, di atas 60 tahun karena perubahan siklus tidur dan perkembangan penyakit lain yang muncul seiring bertambahnya usia.

Setelah mengenal apa itu insomnia, berikut adalah penyebab dari insomnia. Insomnia digolongkan menjadi dua kategori: insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer terjadi karena tak ada faktor lain yang menyebabkan terjadinya insomnia. Sedangkan untuk insomnia sekunder terjadi karena penyakit lainnya.

Berikut adalah penyebab dari insomnia:

1. Stress 

Stress berperan besar dalam timbulnya gejala insomnia. Apabila pikiran berada di bawah tekanan yang sangat besar, maka bisa berujung pada kondisi ini.

2. Gaya hidup

Perubahan siklus tidur karena faktor lingkungan atau yang lain juga mendorong terjadinya kondisi insomnia.

3. Penyakit lain

Penyakit seperti asam lambung, rasa sakit kronis, atau penyakit yang memberikan rasa tidak nyaman pada badan juga berpotensi untuk menimbulkan gejala insomnia.

Bagaimana Cara Pencegahan Insomnia

Insomnia jika dibiarkan secara terus menerus akan memiliki dampak yang sangat buruk pada organ tubuh Anda. Oleh karena itu di bawah ini ada beberapa cara dalam mencegah terjadinya Insomnia:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Memakan makanan bergizi menjadi salah satu cara untuk mengatasi insomnia. Hindari memakan makanan mengandung lemak jenuh tinggi atau tinggi karbo menjelang tidur, misalnya nasi dan kue.

Dua jenis makanan di atas memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit untuk beristirahat. Anda bisa mengganti cemilan dengan makanan yang ringan dan sehat seperti yoghurt atau cracker tawar.

2. Kamar Tidur hanya untuk Tidur

Sebagian orang yang merasa sulit tidur disebabkan oleh aktivitas bekerja, bermain gim, atau aktifitas lain yang dikerjakan di kamar tidurnya. Padahal, kamar tidur seharusnya dipakai untuk tidur.

Jadi, sangat disarankan untuk melakukan sleep hygiene untuk memudahkan tubuh terlelap. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi interior yang berlebihan, misalnya meja belajar, komputer, dan televisi. Serta perhatikan suhu kamar dan mengatur pencahayaan agar terasa nyaman di mata ketika tidur.

Pemilihan bantal juga berpengaruh. Bantal yang terlalu tinggi akan membuat leher kaku saat terbangun.  

3. Gaya hidup sehat

Pola hidup yang sehat akan berdampak kepada pola tidur. Pola hidup sehat adalah mengatur pola makan, mengurangi stres, dan berolahraga 30 menit  per hari. Berbagai macam olahraga bisa dicoba seperti berenang, jogging, atau sekedar workout di rumah. Pola hidup sehat menjadi langkah pasti dalam meningkatkan kualitas tidur Anda.

Nah, itu tadi pengenalan apa itu insomnia, penyebabnya, sekaligus cara pencegahannya. Insomnia bisa terjadi karena kondisi psikologis seseorang yang sedang berada di bawah tekanan. Oleh sebab itu, dengan melakukan langkah-langkah di atas diharapkan kondisi psikis Anda menjadi lebih baik sehingga kualitas tidur juga meningkat.