Health

Cegah Masalah Kesehatan, Ini 8 Cara Membakar Lemak Terbaik

By Erwin |

Penumpukan lemak pada tubuh sedari lama sudah terbukti dapat mengundang berbagai masalah kesehatan, hingga kepercayaan diri seseorang. Memang tak mudah menghilangkannya, namun ada beberapa cara membakar lemak yang cukup efektif.

Meski tidak bisa dilakukan secara instan, namun tak ada salahnya menjadikan sederet cara ini sebagai kebiasaan baru anda.

Cara Membakar Lemak yang Efektif

1. Latihan kekuatan

Berolahraga adalah cara terbaik untuk membakar lemak, dan melatih kekuatan pada dasarnya didesain untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan dengan gerakan berulang.

Contoh latihan yang bisa dicoba antara lain, squat, push up, plank, atau angkat beban. Studi juga telah membuktikan bahwa melatih kekuatan lebih efektif membakar lemak dibanding aerobik.

2. Olahraga HIIT

High intensity interval training adalah tipe olahraga berenergi besar untuk pembakaran lemak, latihannya mengombinasikan olahraga intensitas tinggi diselingi istirahat singkat.

HIIT terbukti dapat membakar kalori sebanyak 30 persen dibanding jenis kardio lainnya, meski dilakukan hanya 15 menit.

3. Hindari alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak juga menyumbang kalori besar yang masuk ke dalam tubuh. Selain tak baik untuk kesehatan liver, anda dapat mengganti minuman ini menjadi jus yang lebih menyehatkan.

4. Konsumsi teh hijau/hitam berkafein

Kafein adalah stimulan yang meningkatkan pembakaran kalori. Alasannya, kafein mampu memberi anda energi untuk terus beraktivitas sehari-hari.

Studi menyebut bahwa teh hijau atau hitam berkafein mendukung produksi panas dan pembakaran lemak.

5. Jangan lewatkan sarapan

Selama ini banyak orang berpendapat bahwa melewatkan sarapan adalah cara baik menurunkan berat badan, namun faktanya hal ini dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Melewatkan sarapan justru meningkatkan gula darah, berat badan, yang dapat berujung pada masalah kesehatan seperti diabetes.

6. Pilih makanan rendah lemak sapi

Kalsium dalam panganan rendah lemak sapi tidak membakar banyak lemak secara spesifik, namun kemungkinan dapat menjadi cara untuk membantu bertambahnya lemak tubuh.

Sebuah studi dari peneliti Denmark, konsumsi kalsium dari makanan rendah lemak dapat menyerap beberapa kalori.

Ada pun studi lain mengungkap, makanan kaya kalsium juga dapat menurunkan lemak pada perut.

7. Konsumsi lemak sehat

Tahukah anda bahwa mengonsumsi lemak sehat dapat mencegah kenaikan berat badan? Berdasarkan studi pada pola makan orang Mediterania yang kaya lemak sehat dari minyak zaitun dan kacang punya manfaat baik sebagai penurun berat badan.

Minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, kacang, serta biji-bijian adalah beberapa contoh sumber lemak bernutrisi untuk tubuh anda.

8. Mengonsumsi probiotik

Makanan atau minuman probiotik seperti yogurt juga baik dalam diet. Probiotik adalah bakteri sehat yang ditemukan dalam pencernaan.

Selain yogurt, makanan probiotik yang bisa dicoba seperti kombucha, natto, tempe, atau kimchi.

Demikianlah cara membakar lemak yang mudah dan menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category